10 Danau Di Indonesia

6

Secara geografis Negara Indonesia terletak di garis khatulistiwa, hal inilah yang menjadikan Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Di Indonesia tidak hanya dapat ditemukan keindahan pantai tropis, tetapi juga gunung dan danau yang memukau. Jika Anda bosan liburan ke pantai, Anda dapat menjadikan danau sebagai salah satu objek wisata untuk mengisi waktu libur Anda. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis danau, yaitu danau alami dan danau buatan. Kedua jenis danau tersebut menawarkan keindahan dan jenis wisata air yang berbeda – beda. Dari sekian banyak danau yang ada di Indonesia, berikut ini 10 danau terindah di Indonesia yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata selanjutnya.

  1. Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba
Danau Toba, sumber: blogs.uajy.ac.id

Danau terbesar di Indonesia yang mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Sumatera Utara. Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang sangat besar. Letusan ini menghasilkan kaldera yang kemudian terisi air. Berbeda dengan danau pada umumnya, di tengah – tengah danau yang mempunyai kedalaman 450 meter ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir.

Tidak banyak wisatawan yang menjamah Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan luas Negara Singapura, sehingga pulau ini masih sangat alami dan kental dengan budaya tradisional. Pulau Samosir juga memiliki dua buah danau, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di Pulau Samosir yang ditinggali oleh masyarakat Batak Kuno ini terdapat peninggalan zaman purbakala seperti misalnya kuburan batu dan desa tradisional. Pulau Samosir adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mersakan ketenangan alam sekaligus belajar keragaman budaya.

  1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan
Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin, sumber: www.tempatwisatakita.net

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk – Biduk, Kalimantan Timur. Danau yang dapat ditempuh melalui jalur darat selama kurang lebih 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb ini disebut sebagai Danau Labuan Cermin karena airnya yang sangat jernih. Karena kedalaman danau terindah di Indonesia ini hanya 3 meter, Anda bisa menikmati keindahan karang yang terdapat di dasar danau dengan mata telanjang.

Danau Labuan Cermin juga terkenal dengan sebutan danau dua rasa karena air di dalam danau ini adalah perpaduan antara air laut dan air tawar yang mana di bagian atas danau terdiri dari air asin dan bagian bawah berupa air tawar. Menariknya lagi, warna air danau ini serupa dengan gradasi air laut, yaitu biru tua, biru muda, hijau toska, dan putih. Berenang, snorkeling, ataupun menyelam adalah kegiatan air yang dapat Anda lakukan di danau terindah di Indonesia ini.

  1. Danau Sentani, Papua
Danau Sentani
Danau Sentani, sumber: travelinghematnusantara.wordpress.com

Papua tidak hanya memiliki Raja Ampat yang eksotis, di Papua juga terdapat sebuah danau yang merupakan salah satu danau terindah di Indonesia yaitu Danau Sentani. Danau Sentani berlokasi di lereng cagar alam Cycloop dengan ketinggian 75 meter diatas permukaan laut. Di Danau Sentrani ini terdapat 22 pulau yang masih ditinggali oleh suku asal yaitu suku Sentani. Danau Sentani dapat Anda tempuh melalui perjalanan darat dari Jayapura dengan jarak tempuh sejauh 50 km.

Danau Sentani terkenal dengan keanekaragaman biota laut yang khas seperti ikan gabus, hiu sentani, dan hiu gergaji. Berkunjung ke danau terindah di Indonesia ini paling tepat adalah saat pertengahan tahun, karena saat itu sedang diselenggarakan Festival Danau Sentani. Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan indah danau dan pegunungan sekitar yang menyejukkan, tetapi juga keragaman budaya khas Papua.

  1. Danau Paniai, Papua
Danau Paniai
Danau Paniai, sumber: biasputih.com

Setelah mengunjungi Danau Sentani, jangan lupa mengunjungi Danau Paniai. Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai sejak dulu seudah tersohor dengan keindahan alam yang masih alami dan sangat terawat. Danau ini sudah terkenal hingga mancanegara sejak tahun 2007 silam. Dengan luas 14.500 hektar dan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, danau ini menyuguhkan udara yang sejuk dan pemandangan tebing – tebing kokoh nan indah.

Beberapa kegiatan air yang dapat Anda lakukan di danau indah ini antara lain memancing dari atas perahu sembari menikmati keindahan alam yang pasti jarang Anda dapatkan di tempat wisata lain. Apabila Anda berencana untuk bermalam, tak perlu repot – repot mencari penginapan karena biasanya rumah penduduk sekitar disewakan untuk para wisatawan.

  1. Danau Poso, Sulawesi
Danau Poso
Danau Poso, sumber: www.aresthetics.ch

Danau Poso berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dengan panjang 32 km dan lebar 16 km, danau indah ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia. Selain Danau Toba yang terkenal hingga penjuru dunia, danau yang kedalamannya mencapai 195 meter ini juga masuk dalam daftar danau terindah di dunia.

Danau Poso terbilang danau yang cukup unik, karena tepian danau ini dikelilingi oleh pasir putih, sehingga membuatnya tampak seperti pantai berpasir putih yang sejuk. Disini Anda dapat menjelajah danau dengan perahu motor sambil menikmati kegiatan masyarakat setempat yang sedang memancing, menjala ikan, dan budidaya ikan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Wisata Alam Bancea yang ada di dekat danau. Wisata Alam Bancea merupakan sebuah tempat konservasi anggrek terbesar di Indonesia.

  1. Danau Maninjau, Sumatera Barat
Danau Maninjau
Danau Maninjau, sumber: www.pegipegi.com

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang berada pada ketinggian 460 meter di atas permukaan laut dengan lokasi sekitar 140 km sebelah utara Kota Padang, tepatnya di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Menurut penduduk setempat, Danau Maninjau ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Sitinjau. Danau ini juga sering dikaitkan dengan legenda Bujang Sembilan yang miliki hubungan erat dengan tanah Minang.

Untuk mencapai Danau Maninjau, Anda harus menyiapkan stamina penuh, karena Anda harus melewati Kelok 44. Kelok 44 merupakan sebuah jalan khas pegunungan yang menurun dan berkelok – kelok. Setelah melalui Kelok 44, rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan Danau Maninjau yang mempunyai latar belakang bukit – bukit hijau yang asri. Puncak perbukitan tertinggi di danau ini adalah Puncak Lawang, yang sering dijadikan destinasi kedua setelah wisatawan puas berkeliling danau.

  1. Ranu Kumbolo, Jawa Timur
Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo, sumber: www.naturalsunrisetour.com

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya diantara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Ranu Kumbolo sering disebut – sebut sebagai surga yang tersembunyi, karena untuk mencapai danau terindah di Indonesia ini Anda harus melakukan trekking yang cukup berat terutama bagi para pendaki pemula.

Namun jangan khawatir, karena selama perjalanan menuju danau indah ini, Anda akan disuguhi pemandangan jajaran pohon pinus dan cemara di sepanjang bukit yang asri. Jika beruntung, Anda dapat melihat kepulan asap dari puncak Semeru. Pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di danau ini adalah pemandangan matahari terbit yang muncul di sela – sela bukit hijau, dan saat malam hari Anda bisa menikmati indahnya gemerlap galaksi bimasakti di langit malam dengan mata telanjang.

  1. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak, sumber: www.lombokita.com

Danau Segara Anak merupakan sebuah danau yang berada kawah Gunung Rinjani, tepatnya berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak diberikan karena airnya yang berwarna biru mengingatkan pada warna air laut. Serupa dengan Ranu Kumbolo, untuk mencapai danau terindah di Indonesia ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu karena danau ini berada pada ketinggian 2.000 meter.

Selain sebagai objek wisata tambahan di Gunung Rinjani, danau ini biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat bagi para pendaki yang akan melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Rinjani. Di sekitar danau ini juga terdapat sumber air panas yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Ada juga sebuah pohon yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Katanya, dengan perantara pohon ini keinginan yang Anda impikan dapat terkabul.

  1. Danau Singkarak, Sumatera Barat
Danau Singkarak
Danau Singkarak, sumber: tourdesingkarakcity.blogspot.com

Danau Singkarak berlokasi di Kabupaten Solok, Sumatra Barat dan merupakan danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba. Menurut cerita masyarakat setempat, Danau Singkarak ini dulunya merupakan lautan lepas yang menjadi hulu Sungai Batang Ombilin.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan untuk menikmati Danau Singkarak. Anda bisa berenang di air yang jernih, berkeliling danau dengan sampan, memancing ikan dari tepi danau atau bahkan ikut nelayan pergi menangkap ikan. Menariknya, Danau Singkarak memiliki spesies ikan khusus yang hanya terdapat di danau ini, yaitu Ikan Bilih.

  1. Danau Kelimutu, Flores
Danau Kelimutu
Danau Kelimutu, sumber: www.yukpiknik.com

Danau Kelimutu berada dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, sekitar 45 km dari kota Ende.Danau Kelimutu terdiri dari tiga danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu. Masing – masing danau ini memiliki warna air yang berbeda. Masing – masing warna air yang terdapat dalam danau terindah di Indonesia ini memiliki arti yang berbeda dan diyakini masyarakat setempat memiliki kekuatan gaib.

Untuk mencapai danau indah ini, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Moni yang merupakan basecamp para backpacker. Selama perjalanan menuju danau, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah. Danau paling barat bernama Tiwu Ata Mbupu, danau di tengah bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan yang paling timur adalah Tiwu Ata Polo.

Danau ini sering diselimuti kabut, sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi danau terindah di Indonesia ini adalah dini hari, sehingga Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbit yang sangat memukau.