10 Destinasi Wisata Di Negeri Kincir Angin Belanda

10 Destinasi Wisata Di Negeri Kincir Angin Belanda

By G-Traveler

Siapa yang tak kenal dengan negara yang terkenal dengan sebutan negeri kincir angin. Negara Belanda adalah negara berbentuk pemerintahan monarki konstitusional yang berbatasan langsung dengan laut di sebelah barat dan utara, Negara Belgia di sebelah selatan, dan Negara Jerman di sebelah timur. Separuh dari daratannya berada di bawah permukaan laut sehingga menyebabkan sebagian besar wilayah Negara Belanda terdiri atas dataran rendah. Walaupun demikian, ada juga pegunungan, bukit pasir, dan sungai – sungai indah yang menghiasi dan menambah keindahan Negara Belanda ini.

Selain keadaan alamnya yang indah, Belanda juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Masing – masing tempat wisata di Belanda memiliki keunikan tersendiri. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Belanda, berikut adalah rekomendasi 10 tempat wisata di Belanda yang wajib Anda kunjungi:

  1. Desa Kinderdijk
Desa Kinderdijk

Desa Kinderdijk yang merupakan desa 1000 kincir, sumber: AlikaNews.Com

Desa yang terkenal dengan 1.000 kincir ini merupakan salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer. Tempat wisata di Belanda yang satu ini terletak sekitar 15 km dari kota Rotterdam atau tepatnya berada di Alblasserwaard, Provinsi Belanda Selatan. Kincir angin merupakan salah satu ikon dari negara Belanda. Desa Kinderdijk dulunya merupakan dataran rendah yang posisinya di bawah permukaan laut dan sangat rawan banjir. Pada awalnya untuk mengatasi masalah banjir di lokasi ini, hanya dibangun sebuah kanal sederhana. Namun, karena ketinggian air terus meningkat, pada tahun 1740 serangkaian kincir angin dimanfaatkan untuk membantu polder (daratan yang posisinya di bawah level air) tetap kering. Sedangkan menara dengan baling – baling berfungsi sebagai pemompa air untuk dialirkan ke waduk menuju sungai. Sekarang terbukti bahwa cara tersebut berhasil membuat Kinderdijk bebas dari banjir.

Saat ini Desa Kinderdijk populer sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang paling banyak dikunjungi. Anda bebas menikmati panorama indah Kinderdijk dengan berjalan kaki atau bersepeda. Tetapi, jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai kincir angin yang ada disana, Anda bisa megunjungi museumnya yang dibuka setiap pukul 09.00 – 17.30 pada 15 Maret hingga 31 Oktober  dan 11.00 – 16.00 pada November hingga Desember. Pada saat musim panas di bulan Juli Anda bisa menyaksikan beroperasinya pompa air tradisonal ala Belanda. Sedangkan pada saat musim dingin, anda bisa bermain ice skating karena pada saat itu permukaan air sungai akan membeku.

  1. Peace Palace
Peace Palace

Peace Palace, sumber: geavrn.blogspot.co.id

Tempat yang satu ini sebenarnya merupakan gedung administrasi yang sering dijadikan PBB (Perserikatan Bangsa – Bangsa) sebagai tempat pertemuan. Selain itu, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan khusus mengenai kebijakan dan hukum internasional. The Peace Palace memiliki desain bangunan yang menyerupai istana dalam negeri dongeng. Tak heran jika tempat ini layak dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang harus Anda kunjungi.

  1. Kanal Amsterdam
Kanal Amsterdam

Pesona Kanal Amsterdam menjelang malam hari, sumber: en.wikipedia.org

Memang tak lengkap rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa mengunjungi wisata kanalnya. Kanal – kanal ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan simbol kebanggaan kota Amsterdam yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Pada tahun 2010 UNESCO resmi memasukkan Kanal Amsterdam sebagai salah satu situs warisan budaya dunia.

Kanal – kanal disini memiliki panjang lebih dari 60 mil atau sekitar 100 km. Yang menarik dari tempat wisata di Belanda ini adalah Anda bisa berkeliling kota dengan menyusuri kanal – kanal tersebut. Terdapat 1.500 jembatan ditambah dengan sekitar 1.500 bangunan monumental yang tentunya akan memberikan pengalaman berlibur yang unik dan berbeda untuk Anda.

  1. Taman Bunga Keukenhof
 Taman Bunga Keukenhof

Melihat berbagai jenis bunga di Taman Bunga Keukenhof, sumber: hikarinur95.wordpress.com

Setelah berwisata air di Kanal Amsterdam, sekarang saatnya Anda memanjakan mata dengan mengunjungi Taman Bunga Keukenhof. Taman bunga yang disebut – sebut sebagai salah satu taman terindah di dunia ini terkenal dengan ladang tulip terbesar di Belanda. Sebagai informasi, bunga tulip dari Belanda adalah bunga tulip dengan kualitas yang terbaik di dunia.

Pada bulan Maret hingga Mei, pedesaan di Belanda akan berubah menjadi padang bunga yang sangat luas dan indah yang tentunya akan memanjakan mata Anda. Jenis bunga yang ditanam di Taman Bunga Keukenhof ini antara lain Tulip, Sakura, Anggrek, Mawar, Lavender, dan tumbuhan subtropis lainnya. Dengan luas sekitar 32 hektar, taman bunga ini terbagi menjadi beberapa jenis taman yang memiliki gaya masing – masing, diantaranya:

1.Nature Garden

Taman yang mengkombinasikan pepohonan tinggi, semak – semak, danau kecil, dan berbagai bunga tulip, krisan, dan lainnya

2. English Landscape Garden

Taman berciri khas jalan setapak dengan hiasan tanaman bunga di sampingnya

3. Japanese Garden

Kombinasi Taman Bunga Keukenhof dengan taman bernuansa Jepang

4. Historical Garden

Taman yang memiliki koleksi bunga jaman dahulu

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata di Belanda yang satu ini, Anda bisa berkeliling menggunakan boat yang akan membawa Anda menyusuri sungai yang mengelilingi Taman Bunga Keukenhof. Terdapat juga pavillion, restoran, penjual snack khas Belanda, dan juga penjual souvenir di kawasan wisata ini.

  1. Leiden Canals
Leiden Canals

Indahnya malam di Leiden Canals, sumber: flickr.com

Kota Leiden merupakan salah satu kota di Belanda yang menawarkan berbagai macam suguhan menakjubkan. Disini terdapat banyak sekali atraksi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata di Belanda yang ada di kota Leiden adalah Kanal Leiden. Anda sebagai wisatawan akan diajak berkeliling kota Leiden dengan menyusuri kanal – kanal menggunakan perahu. Anda akan menjelajahi keindahan kota Leiden melalui tour menggunakan perahu ini. Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda untuk Anda.

  1. Maastricht Vrijthof
Maastricht Vrijthof

Keindahan Maastricht Vrijthof yang ada di Negeri Kincir Angin, sumber: holland.com

Maastricht adalah sebuah kota yang terletak di Belanda bagian paling selatan. Sedangkan Vrijthof adalah Gereja Servatius besar dan Katredal Saint Jan yang terletak di alun – alun kota Maastricht. Di tempat ini rutin diselenggarakan festival terbesar sepanjang tahun, termasuk festival musim gugur dan musim dingin.

  1. West Frisian Island
West Frisian Island

Indahnya West Frisian Island, sumber: wallpapers.mi9.com

Merupakan gugusan pulau yang membentang dari wilayah Belanda menuju ke arah Denmark. Disini Anda bisa menginap di sebuah cottage atau juga bisa bersepeda mengelilingi pulau melewati rute dengan bentang alam yang khas dan berkemah. Terdapat pula berbagai jenis restoran, pub, galeri, tempat menjual souvenir, peternakan, lahan pertanian, dan juga keindahan sunset serta pemandangan alamnya yang menakjubkan.

  1. De Waag (The Weigh House)
 De Waag (The Weigh House)

De Waag (The Weigh House) bangunan yang menyerupai kastil, sumber: e-architect.com

De Waag adalah sebuah bangunan cantik yang menyerupai kastil dan terletak di Nieuwmarkt di tengah pusat kota Amsterdam. Tempat ini dibangun pada sekitar abad ke 15 dan dulunya merupakan salah salah gerbang kota yang mana merupakan salah satu tembok yang mengelilingi kota Amsterdam pada abad pertengahan.

Sedangkan, saat ini De Waag digunakan oleh Waag Society. Di kawasan ini terdapat sekitar 20 cafe, restoran, dan coffee shop sehingga sangat cocok untuk duduk – duduk atau nongkrong santai. Selain itu, area terbuka di dekat kawasan ini sering menggelar pasar bahan pangan organik setiap hari Sabtu dan pasar barang antik setiap hari Minggu pada saat musim panas.

  1. Bloemenmarkt (Floating Flower Market)
Bloemenmarkt (Floating Flower Market)

Terlihat beberapa bunga yang dijual di Bloemenmarkt (Floating Flower Market), sumber: holeinthedonut.com

Merupakan pasar bunga yang sudah ada sejak tahun 1862. Saat ini Bloemenmarkt berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Belanda yang paling terkenal dan juga telah disahkan oleh UNESCO sebagai satu – satunya pasar bunga terapung di dunia. Pasar bunga terapung ini menempati kios – kios transparan yang mengapung di sepanjang Kanal Singel. Karena letaknya berada di tepi Kanal Singel, maka Bloemenmarkt ini juga disebut dengan Bloemensingel.

Di pasar bunga ini, Anda bisa menemukan hampir semua jenis bunga termasuk bunga tulip yang tersedia dalam berbagai macam warna. Selain bunga yang tersedia dalam pot, ada juga bunga yang sudah dipotong dalam bentuk buket bunga dan benih bunga dalam kemasan yang siap untuk diekspor atau siap dijadikan oleh – oleh khas Belanda.

Bloemenmarkt buka setiap hari, namun dengan jam buka yang berbeda – beda. Pada hari Senin – Sabtu tempat wisata di Belanda ini buka mulai pukul 09.00 sampai 17.30, sedangkan pada hari Minggu buka pada pukul 11.00 – 17.30. Jika Anda merupakan salah satu penggemar bunga, maka Bloemenmarkt bisa Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata di Belanda yang menarik dan harus dikunjungi ketika Anda berlibur ke Belanda.

  1. Rijksmuseum
Rijksmuseum

Rijksmuseum yang merupakan museum seni dan sejarah terbesar di Belanda, sumber: archdaily.com

Rijksmuseum merupakan museum seni dan sejarah terbesar dan bergengsi di Belanda. Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi lukisan dari para maestro terkenal Belanda dan berbagai negara lain di dunia. Selain itu, di salah satu tempat wisata di Belanda yang paling populer ini juga ada koleksi buku – buku tua serta koleksi fotografi klasik. Museum ini memiliki arsitektur bergaya Belanda dengan elemen neo-gothic untuk dekorasinya.