10 Tempat Wisata Di Purwokerto

27

Nama Purwokerto mungkin masih terdengar asing dalam telinga para wisatawan yang mencari tempat destinasi wisata. Ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini terbilang kalah pamor bila dibandingkan dengan kota – kota di Jawa Tengah lainnya seperti Solo, Semarang, Jepara dan lain – lain. Padahal siapa yang menyangka, ternyata Kota Purwokerto memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jika Anda berkunjung ke kota ini, ada 10 tempat yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan wisata. Berikut 10 tempat wisata di Purwokerto yang wajib Anda kunjungi:

  1. Baturraden
Baturraden
Baturraden, sumber: www.flickriver.com

Tempat wisata ini dapat dijangkau selama 15 menit saja dari pusat kota. Tempat wisata yang terletak di Purwokerto ini bernama Baturraden. Baturraden ini adalah kawasan yang memiliki beberapa wahana seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air dan pemandian air panas. Dengan membayar 14.000 Rupiah saja Anda sudah bisa menikmati sejuknya kawasan Baturraden ini. Terlebih lagi, kawasan ini terkenal sebagai kawasan bebas polusi saat malam ataupun siang hari. Selain itu, di malam hari Anda bisa menikmati lukisan langit dengan gemerlap bintang yang cantik.

  1. Gua Maria Kaliori
Gua Maria Kaliori
Gua Maria Kaliori, sumber: www.santokatolik.com

Selain wahana untuk berpetualang, ada juga tempat wisata yang berfungsi sebagai wisata rohani. Tempat ini bernama Gua Maria Kaliori yang letaknya 20 Km dari pusat kota Purwokerto. Di lahan seluar 5,6 hektar ini, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas seperti pendopo untuk istirahat, gereja untuk beribadah hingga dudukan kursi di bawah pohon yang rindang. Di gua ini Anda juga bisa berziarah ke makam dengan patung – patung yang biasa disebut oleh orang beragama nasrani sebagai malaikat. Ada juga patung Bunda Maria yang sudah diberkati oleh Paus Paulus II, tidak heran jika banyak orang datang kemari untuk memperoleh ketenangan batin.

  1. Kawasan Wisata Kuliner Jalan Prof Dr. Suharso
Kawasan Wisata Kuliner Jalan Prof Dr. Suharso
Kawasan Wisata Kuliner Jalan Prof Dr. Suharso, sumber: job-like.com

Kawasan ini juga disebut dengan kawasan GOR Satria Purwokerto. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan, termasuk makanan khas dari Purwokerto yaitu mendoan. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran berkelas bisa Anda pilih di kawasan ini. Selain mendoan, ada juga getuk goreng yang hanya bisa Anda temukan di Purwokerto, tempat ini wajib dikunjungi bagi Anda para pecinta kuliner.

  1. Curug Cipendok
Curug Cipendok
Curug Cipendok

Tempat wisata ini letaknya di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas, atau sekitar 25 Km dari pusat kota Purwokerto. Curug dengan pemandangan yang masih alami ini memiliki udara yang sejuk, karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Walau begitu, akses untuk menuju tempat wisata di Purwokerto ini ternyata sudah cukup bagus sehingga memudahkan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Cipendok.

Setelah perjalanan yang panjang menuju tempat wisata di Purwokerto ini, Anda bisa langsung terjun ke genangan di bawah air terjun setinggi 100 meter ini. Saat perjalanan pulang dari air terjun ini, Anda bisa menikmati kuliner tempe mendoan dan juga susu murni yang dijajakkan di warung – warung tepi jalan. Sambil menikmati mendoan, Anda akan ditemani oleh kicauan burung yang merdu.

  1. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi, sumber: eerhum.wordpress.com

Letak Telaga Sunyi ini sekitar 3 Km di timur kawasan Baturraden. Di tempat wisata ini Anda dapat menikmati suasana telaga atau danau yang masih alami dan airnya yang sangat dingin. Telaga Sunyi ini merupakan tempat wisata alam yang patut Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Purwokerto. Di waktu tertentu, Anda bahkan bisa melihat banyak kupu – kupu dan capung yang terbang di sekitar telaga. Pemandangan seperti itu tentu sudah sangat langka pada zaman modern seperti sekarang ini, Anda juga tidak akan menemukan pemandangan ini di kota besar.

  1. Gua Sarabadak
Gua Sarabadak
Gua Sarabadak, sumber: indo-travelku.blogspot.com

Gua ini adalah salah satu gua yang cocok untuk Anda yang sangat menyukai tantangan. Untuk bisa mencapai gua ini Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup melelahkan. Walau lelah dalam perjalanan, Anda akan terpuaskan dengan batuan warna keemasan dan juga aliran air segar alami di gua ini. Tidak hanya air dingin, di tempat ini juga terdapat sumber mata air panas.

  1. Combong Valley
Combong Valley
Combong Valley, sumber: id.finspi.com

Jika Anda menyukai kegiatan outbound, Combong Valley adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi di Purwokerto. Di tempat ini Anda bisa menikmati wahana paint ball yang seru. Akan lebih tepat jika Anda datang bersama rombongan dan menikmati kegiatan outbound beramai – ramai di tempat ini.

  1. Pancuran 3 dan Pancuran 7
Pancuran 7
Pancuran 7, sumber: widjayaekaputra.wordpress.com

Masih di kawasan yang sama dengan Baturraden, Anda bisa menemukan tempat wisata air hangat yaitu Pancuran 3 dan Pancuran 7. Tempat ini sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk pengobatan berbagai macam penyakit, karena air yang ada di tempat ini merupakan air dengan kandungan belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan.

Anda tidak hanya bisa menikmati wahana airnya, tetapi juga menikmati pemandangan di sekitar pancuran yang akan menghilangkan rasa penat dan lelah Anda. Untuk bisa mencapai pancuran 3 dan pancuran 7 ini, Anda harus berjuang keras melalui ratusan anak tangga. Sehingga jika akan berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya Anda siapkan stamina tubuh untuk dapat menjangkau pancuran 3 dan pancuran 7.

  1. Pemandian Kalibacin
Pemandian Kalibacin
Pemandian Kalibacin, sumber: id.finspi.com

Sekitar 17 Km dari Purwokerto, terdapat Pemandian Kalibacin yang berlokasi di desa Tambak Negara, kecamatan Rawalo. Pemandian ini memiliki nama lain yaitu Wisata Husada, karena Anda tidak hanya menikmati pemandian yang segar namun juga bisa menyembuhkan penyakit kulit serta tulang. Kawasan wisata Pemandian Kalibacin juga merupakan kawasan wisata sejarah peninggalan Belanda.

  1. Wanawisata Baturraden
Wanawisata Baturraden
Pintu masuk Wanawisata Baturraden, sumber: www.initempatwisata.com

Sekitar 2 Km dari kawasan Baturraden terdapat keindahan hutan dan alam yang cocok untuk dijadikan kawasan perkemahan. Wanawisata ini bisa menampung hingga 1000 tenda, sehingga sangat cocok digunakan sebagai lokasi kegiatan outbound bersama teman – teman kantor. Selain itu, ada juga cagar alam, pembibitan tanaman seperti cemara dan pinus. Hutan di tempat ini masih sangat alami, sehingga Anda akan merasakan udara sejuk yang menyegarkan badan dan juga pikiran.