10 Tempat Wisata Di Sentul

17

Sentul adalah kota pegunungan yang terletak tidak jauh dari Jakarta. Karena letaknya ini, Sentul sering kali menjadi pilihan wisata akhir pekan bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini 10 daftar tempat wisata yang dapat Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke Sentul:

1. Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong
Pasar Ah Poong, sumber: kaffahshots.wordpress.com

Pasar Ah Poong adalah salah satu tempat tujuan wisata kuliner yang unik di kawasan Sentul. Karena keunikannya, Pasar Ah Poong berhasil mencuri hati para pecinta kuliner yang berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Apa keunikan dari Pasar Ah Poong? Pasar Ah Poong adalah sebuah pusat kuliner yang penjualan makanannya dilakukan di atas perahu yang mengapung di atas Sungai Cikeas. Pasar Ah Poong buka setiap hari dari jam 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB pada hari kerja, dan dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB pada akhir pekan. Sistem pembayaran di Pasar Ah Poong adalah menggunakan sistem deposit sehingga Anda harus mengisi saldo terlebih dahulu dan kemudian mendapatkan kartu untuk bertransaksi di kawasan wisata ini. Selain berwisata kuliner, Anda juga dapat menaiki perahu tradisonal untuk mengelilingi kawasan ini secara gratis dan juga bermain di kawasan bermain anak – anak. Apabila senang dengan tempat wisata ini, Anda juga dapat mencoba berkunjung ke Floating Market Lembang yang mirip dengan tempat wisata ini.

2. Bellanova Country Mall

Bellanova Country Mall
Bellanova Country Mall, sumber: www.sewapameran.com

Bellanova Country Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan yang berlokasi di Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Seperti halnya pusat perbelanjaan besar yang ada di Jakarta, Bellanova Country Mall juga menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai jenis hiburan seperti bioskop.

3. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari, sumber: anekatempatwisata.com

Air Terjun Bidadari berlokasi di Sentul Paradise Park. Air terjun setinggi kurang lebih 40 meter ini berasal dari kumpulan mata air di hutan lindung Sentul. Sekarang ini bukan hanya air terjun saja yang ada di kawasan ini karena sudah dibangun water park tepat di bawah Air Terjun Bidadari. Taman bermain air yang mempunyai luas lebih dari 6,000 meter ini juga mempunyai pasir putih yang didatangkan langsung dari kawasan Bangka sehingga Anda juga akan merasa seperti di pantai sepanjang 150 meter.

4.  Science Garden

Science garden
Science Garden, sumber: www.homezweethome.info

Science Garden atau taman pengetahuan yang ada di Sentul City berada di kawasan terbuka dan berfokus pada pembelajaran tentang energi dengan cara yang tidak membosankan dan menyenangkan karena anak – anak dapat bermain sambil belajar. Salah satu wahana permainan pengetahuan yang paling menarik menurut saya adalah sepeda tali. Pada wahana ini Anda akan menaiki sepeda di atas seutas tali. Sulit? Tidak! Dengan menggunakan ilmu pengetahuan yaitu menggunakan sebuah beban yang menggantung di bawah sepeda, sepeda akan menjadi stabil dan dapat dengan mudah melewati tali tersebut. Tidak perlu takut jatuh karena terdapat jaring pengaman di bawah tali tersebut.

5. Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark

Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark
Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark, sumber: www.goindonesia.com

Berlokasi di Ecoartpark Sentul City, Taman Patung & Taman Bambu Ecoartpark merupakan pusat kesenian yang berada tengah – tengah taman hijau. Koleksi patung yang dimiliki taman ini berasal dari seniman dalam negeri dan juga seniman luar negeri, misalnya patung karya Botaro dari Korea, Salvador Dali dari Spanyol dan lain – lain.

6. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar
Pesona Hutan Pinus Gunung Pancar, sumber: malesmandi.com

Hutan Pinus Gunung Pancar adalah tempat yang pas untuk mereka yang mencari ketenangan di luar kesibukan sehari – hari. Anda dapat menikmati pemandangan yang hijau dan mencium bau pohon pinus yang menenangkan hati. Hutan Pinus Gunung Pancar sangat dekat dengan Sentul City, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara saja bila Anda berada di Sentul City. Keunggulan tempat wisata ini adalah tidak macet bila dibandingkan dengan Puncak.

7. Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City
Taman Budaya Sentul City, sumber: sentulcityresidential.blogspot.com

Terletak di seberang Alam Fantasia, Taman Budaya Sentul City adalah tempat bermain sekaligus meeting point yang sangat disukai di daerah Sentul. Mempunyai pemandangan gunung yang indah, Taman Budaya Sentul City sangat cocok untuk sekedar duduk-duduk minum kopi. Selain untuk bersantai – santai, Taman Budaya Sentul City juga sangat cocok untuk bermain karena terdapat wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak dan dewasa. Permainan dan kegiatan yang ditawarkan di kawasan Taman Budaya Sentul City di antaranya ATV, flying fox, paintball, high rope, trekking, camping, bermain trampolin, melukis, sampai dengan berkuda.

8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Pemandian Air Panas Gunung Pancar, sumber: www.tripadvisor.co.id

Pemandian Air Panas Gunung Pancar berlokasi di daerah Sentul, di tengah – tengah hutan pinus Gunung Pancar. Walau berada di tengah hutan pinus, Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini sangat mudah ditemukan karena banyak terdapat penunjuk jalan yang sangat jelas. Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 2.000 per orang, ditambah biaya masuk kendaraan. Kemudian, ketika tiba di Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Anda harus membayar tiket masuk permandian seharga Rp 10.000 per orang, ditambah dengan biaya parkir kendaraan. Pemandian Air Panas Gunung Pancar buka 24 jam dan mempunyai 3 jenis kolam yang berbeda, yaitu kolam umum, kolam 3 rasa dan kolam keluarga. Tidak hanya mereka yang ingin berwisata yang datang ke tempat ini, melainkan juga mereka yang ingin berobat karena Pemandian Air Panas Gunung Pancar dipercaya mempunyai kasiat bagi kesehatan.

9. Jungleland

Jungleland
Jungleland, sumber; taringpink.wordpress.com

Jungleland adalah salah satu tempat wisata di Sentul yang paling banyak dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya pada akhir pekan. Taman hiburan tematik ini mempunyai kelas internasional yang terdiri lebih dari 40 wahana permainan yang berbeda dan semuanya mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya, sehingga setiap pengunjung menjadi betah untuk berada di area Jungleland selama berjam – jam. Jungleland mulai beroperasi pada jam 10.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB pada hari kerja, dan dari jam 09.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB pada akhir pekan. Harga tiket masuk Jungleland adalah Rp 200.000 bila Anda datang pada jam 09.00 WIB sampai dengan jam 15.00 WIB, dan Rp 100.000 bila Anda datang pada jam 15.00 WIB ke atas.

10. Alam Fantasia

Alam Fantasia
Alam Fantasia, sumber: www.tesyaskinderen.com

Alam Fantasia adalah tempat wisata di Sentul City yang sangat cocok untuk keluarga yang mempunyai anak kecil. Alam Fantasia menawarkan berbagai jenis permainan anak – anak yang aman dan menyenangkan, tentunya dengan harga yang terjangkau juga. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 saja, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati berbagai jenis permainan yang sangat menyenangkan bagi anak – anak, misalnya bom bom car, mobil rel, dan lain sebagainya. Selain itu udara disini sangat sejuk sehingga anak Anda akan betah berada di tempat wisata ini.