11 Oleh – Oleh Khas Surabaya

11 Oleh – Oleh Khas Surabaya

By G-Traveler

Berkunjung ke Surabaya mampu menyisakan banyak cerita. Tak hanya sebagai kota sejarah saksi tercetusnya hari pahlawan 10 November, Surabaya memiliki ciri khas dan keunikan yang mungkin tidak bisa kita temukan di kota lain. Salah satunya seperti kuliner di Surabaya yang terkenal unik, meliputi nama, bentuk, dan rasanya. Lihat saja nama – nama seperti Lontong Balap, Kupang Lontong, Guna – Guna Snack, dan puluhan kuliner lainnya. Semuanya menunjukkan keunikan kuliner yang dimiliki kota metropolitan terbesar ke-2 setelah Jakarta di Indonesia ini dan menghadirkan rasa penasaran bagi siapa saja untuk berkunjung kembali suatu saat. Ada semacam aturan yang tidak pernah tertulis dimana ketika seseorang mengunjungi suatu daerah, pasti membawa oleh – oleh atau cinderamata dari daerah tersebut. Demikian juga ketika berkunjung ke Surabaya, ada beberapa jenis oleh – oleh khas Surabaya yang populer di kalangan penikmat perjalanan untuk dibawa pulang. Berikut ini 11 oleh – oleh khas Surabaya yang perlu Anda dapatkan:

  1. Bunarendang
Bunarendang

Bunarendang, sumber: www.kaskus.co.id

Bunarendang adalah nama lain dari Burger Nasi Rendang. Namanya memang aneh, tetapi tidak dengan kelezatan sajian unik ini. Secara singkat, Bunarendang adalah makanan siap saji lengkap dengan lauk rendang khas Padang yang disajikan bersama nasi berbentuk burger.

Bunarendang sendiri termasuk pula salah satu tujuan wisata kuliner Surabaya yang disukai karena nama dan rasanya membuat penasaran bagi para penikmat kuliner. Jika umumnya burger menggunakan roti, Bunarendang menggunakan nasi yang dicetak bulat seperti roti, kemudian bagian tengahnya diberi lauk rendang sehingga bentuknya mirip burger.

Bunarendang sendiri adalah hasil inovasi dari sekumpulan mahasiswa ITS Surabaya. Hasil kreasi ini terinspirasi dari popularitas rendang yang masuk 50 besar kuliner terlezat di dunia versi CNN. Di Surabaya, makanan unik ini dapat Anda temukan di kawasan Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS, Fakultas Ilmu Budaya UNAIR dan Jalan Manyar. Bagi yang membelinya untuk oleh – oleh, sebaiknya segera dihangatkan di microwave dan setelah hangat dapat disantap kembali.

  1. Jenang & Sirup Mangrove
Jenang & Sirup Mangrove

Jenang & Sirup Mangrove, sumber: mangroveblog.blogspot.com

Jika Anda datang ke kawasan Rungkut Surabaya, Anda akan menemukan satu hasil inovasi kuliner dimana tanaman mangrove mampu diolah menjadi jenang lezat dan sirup yang segar. Jenang & Sirup Mangrove adalah hasil kreativitas petani di daerah Rungkut.

Tanaman mangrove yang hampir mustahil dijadikan makanan olahan mampu disulap menjadi jenang berwarna cokelat cerah dengan tekstur kenyal dan rasa legit. Uniknya lagi, jenang mangrove ini tidak dibungkus plastik atau kertas, melainkan menggunakan pelepah pisang kering. Terlihat jelas kuliner yang satu ini masih sangat alami dari segi bahan dan pengemasannya. Sementara sirup mangrove rasanya cenderung asam dan manis. Tentunya lebih segar jika disajikan dingin atau dicampur es batu. Sirup ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, Yodium, dan antioksidan yang baik untuk sistem imunitas tubuh.

  1. Siropen Telasih
Siropen Telasih

Siropen Telasih, sumber: albansss.deviantart.com

Setelah Sirup Mangrove, satu lagi oleh – oleh khas Surabaya berbentuk sirup, yaitu Siropen Telasih. Minuman ini telah populer sejak tahun 1923 silam dan konon saat itu dikelola oleh perusahaan milik Belanda. Setelah mengalami pergantian kepemilikan, akhirnya perusahaan ini jatuh ke tangan pengusaha Indonesia.

Dulu, Siropen Telasih hanya bisa dikonsumsi oleh kaum bangsawan saja. Saat ini telah dibuat dalam beberapa varian rasa, seperti rasa Cocopandan, Frambozen, Mawar, Jeruk Keprok, dan rasa Vanilli. Jika ingin membawanya sebagai oleh – oleh Surabaya, sebaiknya Anda beli Siropen Telasih dalam kemasan premium, bukan reguler. Siropen Telasih dalam kemasan premium terlihat seperti botol wine dan membawa kesan mahal dan berkelas.

  1. Kerupuk Ikan Kenjeran
Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk Ikan Kenjeran, sumber: anekatempatwisata.com

Hampir semua orang yang pernah ke Surabaya mengenal Kenjeran. Kenjeran sendiri merupakan salah satu pantai wisata terkenal di Surabaya selain Pantai Tanjung Perak yang lebih terkenal sebagai pelabuhan. Hasil laut yang sangat melimpah di Pantai Kenjeran menghadirkan satu inovasi baru, yaitu Kerupuk Ikan Kenjeran. Ini tak lepas dari kreativitas masyarakat setempat dalam mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Salah satunya dengan mengkreasikan bahan seafood untuk pembuatan aneka kerupuk.

Jika Anda berkeliling di Kota Surabaya lalu menuju kawasan Pantai Kenjeran, semakin dekat ke pantai tersebut Anda akan mencium aroma kerupuk ikan yang semakin kuat. Ini wajar mengingat Kerupuk Ikan Kenjeran juga dijual dalam kemasan siap makan selain juga dipasarkan dalam kondisi mentah. Oleh – oleh khas Surabaya yang satu ini terdiri dari beberapa varian warna, tergantung dari bahan utamanya. Misalnya, jika warna kerupuk sedikit kehitaman, biasanya dibuat dari bahan dasar cumi, kerupuk warna cokelat berarti kerupuk kerang, atau kerupuk warna hijau terbuat dari rumput laut.

Jika Anda berasal dari luar Jawa Timur, sebaiknya membeli kerupuk yang masih mentah dan selanjutnya tinggal digoreng sendiri di rumah. Harga per kilonya bervariasi, tergantung bahannya. Biasanya pada setiap kemasan Kerupuk Ikan Kenjeran ini telah disertakan label harganya.

  1. Sambal Udang Bu Rudy
Sambal Udang Bu Rudy

Sambal Udang Bu Rudy, sumber: pusatwisatakulinersurabaya.com

Mungkin terdengar lucu jika sambal dijadikan oleh – oleh. Namun sambal Udang Bu Rudy ini sungguh berbeda, terutama pada aroma dan rasanya. Bagi penggemar rasa pedas, sambal udang ini cocok untuk oleh – oleh. Umumnya wisatawan membelinya sekaligus dalam jumlah banyak. Dari cerita yang berkembang, Sambal Udang Bu Rudy memiliki cita rasa khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Jika kebetulan Anda melintas di jalan Darmahusada No. 140, janganlah lupa untuk mengunjungi di salah satu cabang penjual Sambal Udang Bu Rudy. Disana Anda dapat memilih aneka jenis sambal, mulai dari sambal udang, sambal bajak, bahkan sambal bawang pun tersedia. Varian sambal tersebut dikemas dalam toples kaca dengan berbagai ukuran dan harga yang berbeda – beda. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner lainnya, seperti Ikan Crispy, Bandeng Asap, atau Bandeng Presto.

  1. Guna – Guna Snack
Guna - Guna Snack

Guna – Guna Snack, sumber: rumahukm.com

Jangan dulu bergidik ngeri membayangkan oleh – oleh khas Surabaya yang satu ini. Guna – Guna Snack bukanlah oleh – oleh yang berbau santet, teluh, atau hal – hal lain yang mistis. Sebaliknya, Guna – Guna Snack adalah tempat di mana Anda dapat menemukan berbagai macam jajanan lezat, mulai dari keripik singkong, keripik kentang aneka rasa, keripik buah naga, dan masih banyak lagi.

Guna – Guna Snack mampu menghadirkan sensasi rasa berbeda pada setiap jajanan yang ditawarkan. Anda bisa mencoba keripik singkong rasa balado atau keripik kentang pedas manis, dan dijamin Anda tidak akan puas hanya menghabiskan satu bungkus saja.

Selain menyediakan aneka jenis pastry nan lezat, di Guna – Guna Snack juga tersedia bakso goreng, atau orang Surabaya sering menyebutnya sebagai Basreng. Untuk mendapatkan oleh – oleh Guna – Guna Snack ini, Anda tidak perlu datang ke toko atau agen penjualan. Guna – Guna Snack sementara ini hanya melayani pemesanan via BBM, Twitter, dan Whatsapp saja.

  1. Spikoe Resep Kuno
Spikoe Resep Kuno

Spikoe Resep Kuno, sumber: www.agenkuliner.com

Resep kue yang dimodifkasi dan cenderung berubah – ubah membuat rasa kue menjadi berbeda meskipun namanya sama. Tetapi, tidak dengan Spikoe Resep Kuno khas Surabaya ini. Spikoe Resep Kuno benar – benar menggunakan resep kuno sehingga kualitas dan rasanya tidak berubah. Oleh – oleh Surabaya yang satu ini adalah kue yang terdiri dari 3 lapis, yaitu kuning – cokelat – kuning. Teksturnya sangat lembut karena menggunakan banyak kuning telur dan rasanya manis.

Spikoe Resep Kuno dapat Anda beli dalam bentuk 2 paket pilihan, yaitu paket reguler dan paket spesial. Biasanya paket spesial hanya tersedia pada momen – momen tertentu, misalnya Idul Fitri, Natal, atau Imlek. Sementara untuk acara ulang tahun, pernikahan, syukuran, dan lain-lainnya, Spikoe Resep Kuno juga melayani pesanan.

  1. Almond Crispy
Almond Crispy

Almond Crispy, sumber: anekatempatwisata.com

Oleh – oleh khas Surabaya Almond Crispy sebenarnya adalah jenis cemilan baru. Meski kemunculannya belum begitu lama, namanya sudah populer dan disukai banyak warga Surabaya. Bahkan banyak wisatawan dari luar daerah datang ke Surabaya dengan tujuan utama mencari Almond Crispy ini.

Almond Crispy adalah jajanan yang terbuat dari tepung terigu, susu skim, gula, telur, keju, dan kacang almond untuk topping. Meski bahannya tidak mahal dan mudah didapat, namun soal rasa bisa diadu dengan jenis cemilan lain yang lebih mahal.

Almond Crispy memiliki 3 pilihan rasa, yaitu rasa cokelat, green tea, dan original cheese. Ketiganya sama – sama lezat dan dijamin membuat Anda ketagihan mulai gigitan pertama. Almond Crispy ini bentuknya tipis dan teksturnya renyah. Dengan demikian, sangat cocok dinikmati bersama teh atau kopi di kala santai. Untuk dapat menemukannya Anda hanya perlu berkunjung ke Pusat Oleh – oleh Wisata Rasa yang ada di Jalan Raya Jemursari No. 164, Surabaya

  1. Bandeng Asap
Bandeng Asap

Bandeng Asap, sumber: viennameatfish.com

Sesungguhnya makanan bandeng asap adalah makanan khas Sidoarjo yang telah terkenal sejak lama. Tahukah Anda, bandeng asap diolah dari ikan bandeng segar pilihan yang dimatangkan dengan cara pengasapan. Citarasanya sungguh nikmat, terasa gurih dan lembut. Makanan ini juga dapat Anda temukan di kota Surabaya, oleh karenanya tidak salah pula bila dijadikan sebagai oleh – oleh khas Surabaya. Jika Anda berkeliling disana, Anda dapat menjumpai bandeng asap yang digantung di depan toko oleh – oleh.

  1. Abon Sapi Padmosusastro
Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro, sumber: www.tokopedia.com

Anda dapat menjumpai oleh – oleh khas Surabaya yang satu ini di sepanjang jalan Padmosusastro. Ada banyak penjual yang menjajakan abon sapi asli. Dari cerita yang berkembang, abon sapi yang paling enak dan sering diburu adalah abon sapi yang dijual Kios 2 Bersaudara. Tersedia dua jenis abon yang dapat Anda pilih disana, ada rasa manis dan pedas. Untuk harganya relatif lebih  mahal sedikit ketimbang yang lainnya. Tetapi citarasa manis dan pedasnya sungguh nikmat.

  1. Kue Blinjo dan Kue Mente
Kue Blinjo dan Kue Mente

Kue Blinjo dan Kue Mente, sumber: katalog.or.id

Inilah kue khas Surabaya yang terbuat dari bahan – bahan pilihan dengan resep kuno. Kue ini dibuat dari komposisi  mente, tepung, telur,  mentega, garam, minyak babati, dan gula. Jika Anda mencicipinya, tekstur dan taste kue mente ini sungguh lebih halus. Umumnya, oleh – oleh khas Surabaya yang satu ini dijual dalam kemasan yang cantik dengan logo hiu – buaya yang menjadi identitas Kota Surabaya.