3 tempat utama bagi umat Islam di dunia

Bagi kaum muslim di seluruh dunia keberadaan masjid merupakan sebuah tempat suci, tempat ibadah dan juga tempat yang harus dijaga kesucian dan ketenangannya. Nah sekarang tahukah Anda bahwa di dunia ini ada 3 masjid yang sangat utama bagi umat Islam?

Pada asalnya, semua masjid itu punya keutamaan yang sama bagi umat muslim seluruh dunia kecuali 3 masjid yaitu masjid Nabawi, masjid Al Haram dan masjid Al Aqsha. kenapa begitu? Karena 3 masjid ini disebutkan oleh Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam:

Shalat di masjidku (masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjid Al-Haram. Shalat di masjid Al Haram lebih baik daripada 100.000 shalat di tempat lain” (HR. Ibnu Majah no.1406, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397)

Jadi jika Anda kebetulan ingin Umroh atau melaksanakan Haji manfaatkan sebaik mungkin waktu Anda ketika di Masjid Nabawi dan Masjid Al Haram, akan lebih baik jika Anda bisa mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsha di Jerusalem walaupun mungkin akan sangat sulit untuk menuju kesana.

3Masjid Al Aqsha

Masjid ini terletak di Jerusalem, sebuah daerah diantara ketegangan Zionis Israel dan Palestina, kawasan ini merupakan status quo.

Kompleks Masjid Al Aqsha merupakan tempat dan landasan bagi Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam ketika melakukan mi’raj dan pada masa pemerintahan Khalifah Umar Radhiallahu ‘anhu Jerusalem berhasil direbut kembali dari tangan Romawi dan kemudian dibangun ulang pada masa pemerintahan Raja Abdul Malik bin Marwan.

Kompleks Masjid Al Aqsha

Masjid al-Aqsha al-Mubarak sendiri merupakan nama bagi seluruh daerah yang dipagari, yang di dalamnya terdapat Qubbatu Shakhrakh, al-Jami’ al-Qibli (inti dari Masjid al-Aqsha), dan Musholla al-Marwani

2Masjid Nabawi

Ini adalah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam bersama para sahabatnya ketika berhijrah ke kota Madinah, di masjid inilah ajaran Islam disebarkan. Luas masjid Nabawi tentu tidak sebesar di jaman awal Islam karena yang kita lihat saat ini merupakan hasil perluasan masjid dikarenakan mengikuti banyaknya kaum muslimin yang datang ke Madinah.

1Masjid Al Haram

Tempat paling utama bagi kaum muslim seluruh dunia adalah Ka’bah yang terletak di kompleks masjid Al Haram di kota Mekah. Kompleks ini mengalami perluasan berkali-kali bahkan sampai saat ini demi untuk bisa menampung banyaknya umat Islam yang datang, tempat ini jelas hanya untuk umat Islam, dan tidak boleh bagi non-muslim untuk datang kesini.

Referensi:

mm
Pribadi yang masih bingung mencari destinasi