5 Hal Penting Di Kota Labuan Bajo

30

Bagi sebagian besar orang khususnya yang berada di Indonesia mungkin jarang mendengar tentang kota Labuan Bajo. Kota Labuan Bajo merupakam kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara Timur. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah tempat singgah bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo membuat pengelola mendirikan banyak fasilitas tambahan seperti hotel berbintang. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kenyamanan bagi para wisatawan.

Labuan Bajo
Suasana Kota Labuan Bajo, sumber: samandkaty.wordpress.com

Hal yang sangat menarik dari Kota Labuan Bajo adalah saat sunset mulai mengubah warna langit menjadi jingga. Disini Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan. Matahari yang mulai tenggelam menciptakan pemandangan indah dari pulau – pulau kecil yang dekat dengan pelabuhan. Selain menikmati panorama sunset yang menakjubkan. Inilah 5 hal yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Labuan Bajo.

  1. Trekking Di Taman Nasional Loh Liang
Taman Nasional Loh Liang
Ucapan selamat datang pada pintu masuk Taman Nasional Loh Liang, sumber: budiantotour.com

Jika Anda ingin menikmati habitat asli dari hewan khas Indonesia, disinilah lokasi yang tepat. Di Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores, Anda bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo yang sesungguhnya.

Untuk mencapai Taman Nasional Loh Liang anda akan melakukan perjalanan dengan boat selama 3 sampai 4 jam. Perjalanan panjang tersebut akan terbayar ketika anda tiba di Taman Nasional Loh Liang. Taman Nasional Loh Liang menawarkan pemandangan savana yang indah, yang tidak kalah dari taman nasional yang berada di Indonesia, seperti Taman Nasional Baluran.

Di Taman Nasional Loh Liang ini nantinya Anda akan dipandu oleh para ranger untuk trekking menyusuri savana ke beberapa lokasi yang banyak disinggahi oleh komodo. Disini Anda bisa melihat komodo dengan jarak yang sangat dekat, antara 2 sampai 3 meter. Perjalanan ini cukup melelahkan sehingga Anda harus benar – benar menyiapkan stamina.

  1. Mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang
Air Terjun Cunca Wulang, sumber: tjuputography.com

Cunca Wulang adalah air terjun yang berlokasi sekitar 300 meter ke arah timur kota Labuan Bajo. Tedapat 3 air terjun di Cunca Wulang, namun untuk mencapai keindahan air terjun ini Anda harus melakukan trekking melalui hutan selama kurang lebih 30 menit. Anda tidak perlu khawatir karena trekking ini bukan kegiatan yang berat.

Setelah trekking selama 30 menit, Anda akan disuguhi pemandangan tebing – tebing tinggi yang serupa dengan tebing Green Canyon dan air sungai berwarna biru yang jernih. Untuk melihat lebih dekat keindahan air terjun, Anda harus terlebih dahulu berenang di sungai jernih ini.

Menyukai kegiatan ekstrim? Anda bisa mencoba untuk melompat dari tebing dengan ketinggian 3 sampai 10 meter seperti di film Breaking Dawn. Tidak perlu khawatir sakit, karena Anda tidak akan merasakan sakit sama sekali, yang ada malah Anda akan merasa lebih fresh dari biasanya.

Air terjun Cunca Wulang ini adalah salah satu spot wisata yang telah diakui dunia, bahkan lebih banyak wisatawan luar negeri yang datang ke sini dibandingkan wisatawan Indonesia.

  1. Pulau Kanawa
pulau kanawa
Indahnya Pulau Kanawa, sumber: www.kompasiana.com

Pulau Kawana terletak di Labuan Bajo. Pulau ini memliki pasir yang berwaerna putih seputih susu dengan perpaduan air laut yang jernih bergradasi biru hingga hijau toska. Bagi Anda yang ingin bersantai, Anda bisa menikmati keindahan pulau ini sambil memesan makanan yang ada di restoran. Anda juga bisa mencoba hiking di bukit yang ada di pulau ini. Bagi Anda yang tidak ingin berdiam diri di pulau ini cobalah untuk melakukan snorkeling. Pulau Kanawa adalah habitat bagi terumbu karang dengan beragam warna dan ikan – ikan kecil yang hidup di dalamnya.

  1. Scuba Diving, Snorkeling dan Berkeliling dengan kapal
diving
Suasana bawah laut di Labuan Bajo, sumber: masdonie.blogspot.com

Berkunjung ke Labuan Bajo jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk scuba diving dan snorkeling, karena disini Anda akan menemui keragaman biota laut yang masih alami dan sayang untuk dilewatkan. Disini Anda akan menyelam bersama dua orang instruktur dalam 1 grup agar Anda benar – benar puas menikmati keindahan bawah laut. Sebelum menyelam, anda akan diberi pengarahan terlebih dahulu mengenai lokasi – lokasi yang menarik untuk menyelam, topografi dan rencana menyelam.

Selama menyelam Anda dapat menemukan banyak binatang laut yang menarik. Mulai dari ikan pari manta, hiu, tuna, ikan kerapu, napoleon wrasse, ikan pari tutul biru, belut, ular laut, gurita, cumi – cumi, nudibranch, kepiting orangutan, dihiasi kepiting dan masih banyak lagi. Beberapa pilihan pelatihan diving terbaik dan sudah tersertifikasi secara internasional antara lain Divine Diving, Flores Diving Centre, Komodo Dive Center dan Blue Marlin Komodo. Jika Anda ingin diving di Labuan Bajo, Anda bisa menghubungi salah satu dari pelatihan tersebut.

Pelatihan diving diatas selain menyediakan fasilitas untuk diving juga menyediakan paket berkeliling menggunakan kapal. Kegiatan ini layak Anda coba, karena dari atas kapal Anda dapat melihat jernihnya air laut serta terumbu karang yang tumbuh di dalamnya dengan mata telanjang.

  1. Menikmati sunset di Pulau Kalong
pulau kalong
Suasana matahari tenggelam di Pulau Kalong, sumber: www.gogirlmagz.com

Berkunjung ke pulau ini, Anda akan disuguhi populasi kelelawar yang sangat berlimbah. Waktu terbaik saat mengunjungi pulau ini adalah saat matahari mulai terbenam. Sambil merebahkan diri di atas kapal Anda bisa memandangi pemandangan kelelawar bertebangan di langit yang berwarna jingga.