7 Pasar Wajib Dikunjungi Saat Wisata Belanja di Jawa Tengah

7 Pasar Wajib Dikunjungi Saat Wisata Belanja di Jawa Tengah

By John Travel
sumber:surakarta.go.id – pasar klewer

Wisata belanja menjadi salah satu yang favorit buat traveler belakangan ini. Tidak hanya sekedar membeli barang, ada kepuasan tersendiri ketika menemukan pengalaman berbelanja di tempat yang belum pernah didatangi. Kamu warga Ibu Kota yang sedang liburan ke Kota Gudeg, pernah cari tiket bus dan travel Jogja ke Jakarta? Perhatikan tiket yang akan kamu beli, ada batasan bagasi yang disarankan.

Ini penting, jangan sampai belanja barang terlalu banyak hingga membuat harus keluar biaya lagi untuk membayar tambahan bagasi. Bisa saja kamu lupa diri, terbuai dengan perbedaan budaya yang membuat aktivitas belanja jadi lebih asyik. Apalagi kalau destinasi belanja yang didatangi menghadirkan suasana yang benar-benar baru.

Buat kamu yang lagi punya rencana liburan ke Jawa Tengah, pastikan agenda wisata belanja ada dalam daftar petualanganmu. Ada banyak pasar yang menarik buat dikunjungi. Berikut adalah tujuh pasar di Solo dan Yogyakarta yang wajib dikunjungi ketika liburan di sana.

Pasar Klewer

Berburu batik begitu menyenangkan di Pasar Klewer, Solo. Nggak hanya koleksi yang bermacam-macam, harganya pun juga lebih terjangkau. Aneka batik dengan beragam kualitas ada di sini, menanti untuk dijadikan koleksimu.

sumber:bello.id – pusat grosir solo

Pusat Grosir Solo

Sesuai dengan namanya, ini adalah surga buat traveler yang juga reseller barang-barang fashion. Beragam produk siap untuk dibawa pulang dan dijual kembali. Mulai dari baju batik, hijab, pakaian anak-anak, dan banyak lagi lainnya. Jangan lupa untuk membeli dengan jumlah banyak supaya dapat diskon menarik dari penjual.

Beteng Trade Center

Masih di Solo, tempat belanja idaman wisatawan berikutnya adalah Beteng Trade Center (BTC). Berada di Jalan Mayor Sunaryo, BTC menawarkan beragam jenis kain dan pakaian. Sebuah tempat berpetualang yang pas banget untuk yang gemar fashion. Pedagang juga tidak sungkan untuk memberi harga grosir kalau kamu membeli dengan jumlah banyak.

sumber:pesona.travel

Pasar Gede

Setelah lelah berburu belanjaan, pelankan langkah kaki sambil merasakan keunikan Pasar Gede yang legendaris. Pasar yang terletak di Surakarta ini menjadi jujugan banyak wisatawan karena menawarkan barang-barang, terutama oleh-oleh dengan harga yang sangat menarik. Selain berburu belanjaan, kamu juga bisa melakukan petualangan kuliner di sekitar pasar ini.

Pasar Seni Gabusan

Puas menjejakkan kaki di pasar-pasar Kota Solo, saatnya untuk mengubah haluan ke Yogyakarta. Temukan ‘dunia’ pasar yang berbeda saat jalan-jalan di Pasar Seni Gabusan, yang berada di Jalan Parangtritis KM 9,5. Di sini, beragam produk seni bikinan masyarakat Yogyakarta bisa didapatkan dengan mudah, seperti ukiran kayu, kulit, batik, hingga pernak-pernik untuk oleh-oleh keluarga dan teman.

sumber: mediaindonesia.com – pasar beringharjo

Pasar Beringharjo

Saat menutup petualangan dengan berjalan-jalan di Malioboro, jangan lupa untuk membelokkan langkahmu ke Pasar Beringharjo. Sekali lagi, kamu akan dibuat kagum dengan beragam produk batik yang ditawarkan di sana. Mulai dari batik murah hingga yang berkualitas tinggi ada di pasar ini. Jangan sungkan menawar kepada penjual untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Kuliner di pasar ini juga jangan sampai kamu lewatkan ya!

Wisata belanja begitu menyenangkan saat berpetualang di Jawa Tengah. Biar perjalanan sesuai budget dan nggak menggerogoti rekening tabungan, kenapa nggak coba naik bus saja. Apalagi sekarang sudah ada tol Trans Jawa yang membuat perjalanan darat jadi lebih lancar. Tiket bus juga harganya cukup bersaing dengan moda transportasi lainnya.