8 Tempat Nongkrong Di Surabaya

26

Tak hanya berbagai jenis hiburan dan tempat wisata di Surabaya, Anda juga dapat mengeksplorasi aneka wisata budaya, wisata kuliner serta berbagai wahana di pusat – pusat rekreasi yang dimiliki ibukota Propinsi Jawa Timur ini. Untuk urusan tempat nongkrong anak muda Surabaya, Anda dapat memilih berbagai tempat yang paling asyik bagi Anda sembari menikmati makan atau minum kopi ramai – ramai bersama kerabat.

Sejauh ini tempat nongkrong yang paling banyak dikunjungi di Surabaya masih didominasi tempat – tempat yang menyuguhkan hiburan, seperti cafe yang menyajikan live music, mall, atau bahkan warung kopi lesehan di pinggir jalan. Pada umumnya bila tempat tersebut nyaman dan sesuai dengan karakter anak muda pasti selalu dipadati pengunjung.

Ada beberapa tempat nongkrong di Surabaya yang belakangan ini mendapat sorotan sebagai tempat berkumpulnya anak muda dari berbagai kalangan. Tempat – tempat ini menyuguhkan menu makanan dan minuman, mulai dari kuliner khas Surabaya hingga makanan Eropa dan masakan luar negeri lainnya. Berikut ini 8 tempat nongkrong anak muda yang ada di Surabaya:

  1. Oost Koffie & Thee
Oost Koffie & Thee
Oost Koffie & Thee, sumber: www.tripadvisor.com

Bisa dibilang Oost Koffie & Thee adalah markasnya anak muda. Hampir setiap malam tempat ini ramai oleh pengunjung yang didominasi anak – anak muda dan mahasiswa. Menu es coklat dan akses Wi-Fi super cepat mungkin yang membuat mereka betah nongkrong di café ini. Menu lain yang tak kalah menggiurkan adalah siomay bakar, kentang goreng bumbu kacang, dan ayam Barbara.

Konsep Oost Koffie & Thee terlihat sangat klasik dengan tema Jawa – Belanda dilengkapi dekorasi lucu – lucu. Tentu ini yang jadi pembeda dari tempat nongkrong di Surabaya lainnya. Ruangan café ini dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama ruangan ber-AC lengkap dengan private room dan yang kedua bisa dibilang ruangan outdoor. Untuk ruangan kedua biasanya digunakan untuk live perform atau disewakan untuk acara – acara tertentu. Alamat Oost Koffie & Thee sendiri berada Jalan Kaliwaron No. 60, Surabaya.

  1. Taman Bungkul Surabaya
Taman Bungkul
Taman Bungkul, sumber: www.yukpiknik.com

Taman Bungkul sepertinya memang menunjukkan identitas Kota Surabaya yang sebenarnya. Bagaimana tidak, Taman yang konon sempat mendapat predikat taman terindah se-Asia ini hingga sekarang masih terjaga nuansa alaminya. Di tengah bising kota Surabaya yang identik dengan polusi yang tidak terkendali, Taman Bungkul tetap menjelma menjadi taman kota yang asri dan alami.

Terletak di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul juga merupakan tempat yang nyaman untuk nongkrong menghabiskan hari libur atau malam minggu. Di malam hari taman ini terlihat begitu cantik dengan hiasan lampu – lampu di berbagai sudut. Fasilitas yang disediakan membuat suasana semakin seru, terutama bagi kita yang memiliki komunitas tertentu.

Sebagai tempat nongkrong yang paling banyak dikunjungi, Pemkot Surabaya menyediakan sejumlah fasilitas seperti skateboard track untuk latihan skateboard atau tempat atraksi menggunakan sepeda BMX. Agar pengunjung semakin betah berlama – lama di Taman Bungkul ini, tersedia akses Wi-Fi gratis. Tersedia juga tempat wisata kuliner di sentra PKL yang sudah diatur dan tertata rapi.

  1. LOOP
Loop Surabaya
LOOP, sumber: tongkrongansurabaya.blogspot.com

Jangan mengaku anak muda Surabaya jika tidak tahu LOOP. Tempat nongkrong ini begitu populer terutama bagi kaum muda. Berdiri sejak tahun 2009 silam, LOOP yang terletak di Jalan Lingkar Dalam Barat Graha Family Surabaya ini menawarkan aktivitas nongkrong yang super seru. Dengan luas area mencapai lebih dari 8 ribu meter persegi, tak ada alasan untuk mengatakan tidak betah nongkrong ditempat ini.

LOOP terbagi menjadi 6 zona dimana masing – masing zona menawarkan aneka kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dan kuliner luar negeri. Satu contoh untuk City Zone menawarkan kuliner khas Barat, sementara Hill Zone menyajikan kuliner khas dari Jepang. Untuk berbagai kuliner dari Indonesia kita bisa menemukannya di Valley Zone.

Hebatnya, LOOP tidak hanya menghadirkan 20 stand makanan di area terbuka (outdoor) namun juga terlihat sejumlah resto menawarkan area rooftop khusus tempat nongkrong. Hasilnya, moment nongkrong akan diwarnai dengan serangkaian aktivitas seru bahkan sambil berfoto selfie. Tak heran karena pemandangan yang ditawarkan cukup memukau terutama dari gemerlapnya lampu kota. Suasana menyenangkan semakin sempurna dengan suguhan live music untuk teman menghabiskan malam.

  1. Pakuwon Food Festival Surabaya
Pakuwon Food Festival Surabaya
Pakuwon Food Festival Surabaya, sumber: www.pegipegi.com

Mungkin dengan area yang begitu luas LOOP terlalu ramai buat nongkrong. Kita bisa sedikit bergeser mencari tempat nongkrong Surabaya yang tidak terlalu ramai. Lokasi paling tepat mungkin Pakuwon City Center. Mengapa dibilang paling tepat? Sejak tahun 2008 disini secara rutin digelar festival kuliner. Terdapat beberapa rumah makan berjejer yang menawarkan beraneka macam sajian kuliner.

Berbeda dari tempat lainnya, harga makanan di area Pakuwon City Center ini cukup ramah di kantong. Dari makanan modern hingga makanan tradisional yang langka pun juga bisa Anda dapatkan disini. Intinya Anda bisa memanjakan perut sampai kenyang tanpa harus takut dompet menipis.

Beberapa festival makanan juga sering diadakan di tempat ini, misalnya festival duren, festival sate, dan lain – lain. Lampu hias warna – warni membuat suasana kian bertambah romantic, selain itu Anda dapat request lagu romantis karena ada live music setiap hari disini. Pakuwon Food Festival terletak di Jalan Kejawan Putih Mutiara No. 17, Surabaya, Jawa Timur.

  1. Kedai Kopi Espresso Bar (KEIKO)
Kedai Kopi Espresso Bar (KEIKO)
Kedai Kopi Espresso Bar (KEIKO), sumber: joanarezi.blogspot.com

KEIKO adalah kedai kopi yang tidak asing lagi bagi anak muda Surabaya. Ini tak lepas dari Barista-nya yang begitu profesional meracik kopi asli Indonesia menggunakan standar internasional. Harganya tentu saja masih terjangkau kantong anak muda meskipun kopi dan cemilannya bercita rasa tinggi.

Kedai Kopi Espresso Bar terdiri dari 3 lantai. Tempatnya cukup bersih, nyaman dan santai. Bangunan 3 lantai tersebut digunakan untuk segmen konsumen yang berbeda dimana lantai 1 merupakan area non-smoking sementara untuk lantai 2 dan 3 untuk pengunjung yang merokok.

Berbagai fasilitas khas anak muda tersedia disini, mulai dari TV layar lebar, live music dan akses Wi-Fi super cepat. Uniknya disini juga tersedia Foot Reflexology (terapi ikan) untuk mengurangi pegal – pegal di kaki, pusing, dan stress. Jika ingin nongkrong sambil mencoba kopi lokal dengan kualitas rasa internasional, silahkan meluncur ke lokasi di Ruko Klampis Jaya Jalan Klampis Jaya 25C, Surabaya. Kedai kopi ini buka mulai jam 11.00 sampai 15.00 waktu setempat.

  1. de’Mandailing
de’Mandailing
de’Mandailing, sumber: www.xiaovee.com

de’Mandailing bisa dibilang café baru di Surabaya. Lokasinya sendiri tak jauh dari KEIKO tepatnya di Jalan Klampis Jaya 10B Surabaya. Tempat ini hanya ramai di jam – jam tertentu dengan menu andalan yang populer di kalangan anak muda yaitu kopi dan pasta. Untuk makanan yang agak berat tersedia spageti rendang dan lagsana. Harganya sangat bersahabat, tak lebih dari Rp 25.000.

  1. Liberia Cafe
Liberia Cafe
Liberia Cafe, sumber: lovefoodsurabaya.blogspot.com

Liberia Cafe termasuk tempat nongkrong yang unik. Selain itu, disini juga menyediakan menu makanan super enak dan juga menyediakan buku – buku bacaan. Intinya jika mengunjungi tempat ini, Anda dapat melakukan tiga aktivitas sekaligus yaitu nongkrong, makan dan membaca buku.

Buku yang disediakan untuk teman nongkrong yaitu buku anak – anak, majalah, novel, dan buku science. Liberia cafe memang tidak terlalu besar namun tetap nyaman untuk ngumpul – ngumpul sambil makan. Demikian juga buku – bukunya tertata rapi di rak sehingga tidak terkesan berantakan.

Untuk makanan yang tersedia di Liberia Cafe cukup beragam. Mulai dari cake, pasta, dan aneka cemilan. Jika ingin menghabiskan malam minggu bersama pacar atau teman – teman silahkan datang langsung ke Liberia Cafe yang berada di Jalan Ngagel Jaya 89 – 91 Surabaya.

  1. G-Walk Surabaya
G-Walk Surabaya
G-Walk Surabaya, sumber: cushtravel.com

Terletak di Citraland Surabaya, G-Walk lebih populer disebut The Singapore of Surabaya. Dengan adanya G-Walk, Citraland tidak hanya terkenal dengan Patung Merlion atau The Fountain of Wealth-nya saja namun juga mampu menghadirkan fasilitas yang ideal untuk nongkrong semua masyarakat Surabaya.

Taman Gapura Walkway atau lebih familiar disebut G-Walk ini mengusung konsep ala Riversida Point di Singapura. Tak ayal setiap hari terutama malam minggu G-Walk selalu dipadati pengunjung. Tak kurang dari 98 resto dan cafe berderat sepanjang 1 kilometer di kawasan tersebut, tentunya masing – masing menawarkan menu kuliner lezat sebagai teman yang pas untuk nongkrong. Selain menu lokal tersedia menu makanan Asia maupun Eropa. Semua tinggal pilih sesuai selera dan tentunya sesuai isi kantong kita.

Dilihat dari beberapa stand-nya, sebenarnya G-Walk adalah perpaduan konsep pasar malam dengan fasilitas hiburan modern. Hasilnya, tercipta satu tempat yang nyaman dan luas untuk nongkrong atau menghabiskan malam minggu bersama pasangan, teman, atau keluarga.

Berbagai acara rutin digelar disini mulai dari kesenian tradisonal hingga live music. Tentunya membuat malam minggu semakin hangat dan meriah. Satu hal yang membuat suasana nongkrong terkesan nyaman adalah konsep outdoor yang steril dari segala macam gangguan, pengemis atau bahkan pengamen. Itupun masih disempurnakan lagi dengan akses Wi-Fi gratis dan parkir gratis. Untuk dapat menemukan G-Walk, Anda hanya perlu mengunjungi Jalan Niaga Gapura, Lakarsantri, Surabaya.