Berlibur Dan Mencari Ketenangan Di Telaga Sunyi

84

Kota Purwokerto yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas ini menyimpan tempat wisata yang perlu dikunjungi. Tempat wisata yang terletak di kota yang terkenal dengan julukan Kota Satria ini memiliki suasana hening dan sunyi. Bahkan nama tempat wisata ini sangat sesuai dengan suasananya, wisata ini dikenal dengan nama Telaga Sunyi. Telaga Sunyi merupakan sebuah sungai yang begitu hening dan sunyi. Keadaan udara dan alam disekitar Telaga Sunyi ini masih sangat segar dan alami. Wajar jika tidak sedikit dari wisatawan yang datang ke Telaga Sunyi ini melakukan aktifitas menyendiri untuk mencari ketenangan atau sekedar berlibur dan menenangkan pikiran dari semua rutinitas yang dijalani.

Telaga Sunyi
Gerbang masuk Telaga Sunyi, sumber: fadeyjevera.blogspot.com
Telaga Sunyi
Air terjun kecil yang ada di Telaga Sunyi, sumber: www.kompasiana.com

Kawasan Wisata Telaga Sunyi letaknya sangat berdekatan dengan objek wisata yang sangat terkenal di Kota Purwokerto yaitu Baturaden, sehingga hanya sedikit orang yang mengetahui akan keberadaan Telaga Sunyi ini. Karena letaknya yang berdekatan, maka jika anda berkunjung ke kawasan wisata Baturaden sempatkanlah untuk mendatangi kawasan Wisata Telaga Sunyi ini.

Kawasan wisata Telaga Sunyi ini ternyata memiliki mitos yang berkembang dan banyak dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut anggapan masyarakat setempat bahwa ketika berkunjung ke Telaga Sunyi dilarang untuk mengucapkan kata – kata kotor. Karena ketika mengucapkan kata – kata kotor di tempat ini maka akan merasa seperti di dorong hingga jatuh ke dalam telaga. Bukan hanya mitos tersebut, tetapi ada mitos lain yang berkembang di masyarakat. Mitos tersebut adalah ketika sepasang kekasih yang berkunjung ke tempat ini dipercaya akan segera mengalami keretakan dalam hubungannya. Namun, mitos tetaplah mitos yang merupakan daya tarik dari lokasi ini dan tidak selayaknya dijadikan tujuan utama mengunjungi tempat ini karena mempercayai mitos hanya menyusahkan diri sendiri :).

Telaga Sunyi
Kesunyian Telaga Sunyi, sumber: eerhum.wordpress.com

Objek wisata Telaga Sunyi berada sekitar 3 Km di sebelah timur objek wisata Baturaden dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit. Selain itu, Telaga ini juga berada di area hutan Baturaden. Akses jalan menuju ke Telaga Sunyi sangatlah mudah karena anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, serta angkutan kota atau angkot akan bersedia mengantarkan anda ke tempat ini.

telaga sunyi
Telaga Sunyi, sumber: www.flickr.com

Untuk dapat sampai ke pusat objek wisata Telaga Sunyi dari tempat memarkirkan kendaraan yang anda gunakan, anda harus berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak yang tertata rapi dan melewati sungai kecil dengan airnya yang tampak terlihat begitu jernih. Dengan mengikuti rute tersebut anda akan sampai di Telaga Sunyi yang begitu hening dan sunyi. Bagi anda yang menyukai dunia fotografer, objek wisata Telaga Sunyi memiliki latar belakang pemandangan sebuah air terjun kecil yang terlihat sangat cantik. Kehadiran air terjun ini dapat anda abadikan dalam sebuah foto. Selain air terjun, anda akan menemui sebuah telaga atau danau serta pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi dan tumbuh subur di sekelilingnya.