Cemilan Populer dari Sunda : Cilok, Cireng & Cimol

Cilok

Nama yang unik, begitu anda mendengar nama makanan ini, mungkin anda hanya akan mendengar makanan ini di tanah Parahyangan, karena makanan ini memang khas Bandung dan keberadaannya pun sudah lama dikenal masyarakat. Cilok yang berarti singkatan dari Aci dicolok (bahasa sunda) yaitu makanan berbahan tepung aci (kanji) yang dibentuk bulat seperti bakso dengan isi daging/abon yang dimasak dengan direbus dan diberi bumbu kacang dengan penyajian ditusuk dengan lidi (dicolok : dalam bahasa sunda), untuk rasa juga unik seperti bakso namun ini lebih kenyal dan berisi serta rasa yang legit bersaus kacang, untuk isi biasanya ada tetelan daging sapi dan ada juga yang memakai abon sapi dan bagi anda yang suka pedas bisa ditambahkan sambal rawit.

Cilok Jawa Barat

Makanan ini banyak ditemui disekitar jalan Kota Bandung dengan harga yang tentu saja terjangkau. Sekarang Bandung memiliki inovasi terbaru cilok goreng, setelah dibentuk bulat-bulat dan dikukus setengah matang, cilok ditusuk seperti sate kemudian digoreng. Cilok ini didampingi tiga jenis bumbu: saus kacang campur kecap, bumbu bubuk pedas, dan bumbu bubuk asin-gurih. Salah satu penjual cilok goreng yang enak di Bandung terdapat di Sadang Serang No. 4 Bandung.

Cireng

Ada satu lagi panganan dari tepung kanji selain cilok yaitu cireng. Seperti halnya cilok, bahan bakunya dari tepung kanji juga dengan bumbu yang sama namun cara memasak yang berbeda yaitu dengan cara digoreng, oleh karena itu dinamakan cireng yaitu singkatan dari Aci digoreng. Rasanya tidak beda jauh dengan cilok namun cireng lebih renyah diluar dan tetap kenyal didalam karena melalui proses digoreng. Dengan rasa yang tidak kalah legit dengan cilok karena masih diberi saus yang berbahan kacang tanah dan cabai.

Cireng Bandung

Cireng sendiri juga menjadi makanan primadona di kota Bandung, bahkan saat ini sudah dimodifikasi lebih modern dengan diberikan isi yang berbagai macam. Cireng original berisi saus kacang yang kental, dan ada juga yang hanya polos tapi diberikan saus kacang yang pedas. Sekarang ini banyak cireng yang sudah dimodifikasi isinya dengan menambahkan isian seperti sapi lada hitam, ayam, sosis, dan bakso. Cara menemui makanan ini sekarang mudah karena sudah tersedia di banyak tempat, seperti salah satu cireng yang terkenal di Bandung adalah “cireng cipaganti”, bahkan makanan ini sekarang sudah mulai masuk ke area mall dan pusat perbelanjaan dan ini terbukti makanan ini banyak digemari dan salah satu makanan sunda buhun (zaman dulu) yang masih ada hingga saat ini.

Cimol

Cimol Kuliner Jawa Barat

Anda mungkin warga Bandung kini sudah tidak asing lagi dengan nama jajanan bernama cimol. Nama yang unik satu ini memang masih dari “keluarga” jajanan berbahan “Aci” dan sempat booming di sekitar tahun 2000an. Jajanan ini berasal dari Kota Tasikmalaya dan dikenalkan ke Kota Bandung kira-kira di tahun 2001. Di tahun itu kehadiran cimol semakin hari semakin menjamur di setiap tempat di Kota Bandung. Jajanan berbahan Aci (kanji) ini perpaduan antara cilok dan cireng. Bentuknya yang bulat seperti cilok dan renyahnya seperti cireng karena diolah dengan cara digoreng, diberi bumbu kering dan bisa diberi bumbu saus, bumbu kering tersebut terdapat berbagai macam rasa, ada balado, barbeque, pizza, dan keju. Sedangkan untuk bumbu saus tersedia dengan bumbu kacang seperti halnya cilok dan cireng. Anda bisa menemukan keberadaannya disekitar Jalan Buah Batu tepatnya di depan Yogya Griya.

Mau tahu jajanan enak lainnya di Bandung? Coba cek lewat Katalog Kuliner

mm
Pribadi yang masih bingung mencari destinasi