Destinasi Wisata Di Kabupaten Pacitan

28

Daya tarik  Pacitan dengan kontur wilayah yang dikelilingi pegunungan adalah pada wisata alamnya yang menawan. Anda dapat menemukan sejumlah pantai yang menarik di daerah ini. Jika Anda adalah seorang penjelajah alam, maka mengunjungi goa – goa yang ada di Pacitan mungkin akan menjadi satu hal berkesan. Dengan jumlah goa yang begitu banyak, Pacitan mendapat julukan Kota 1001 Goa dengan pesona wisata goanya yang menarik untuk dikunjungi.

Pacitan adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur atau lebih tepatnya berjarak 270 km dari Kota Surabaya dan 100 km dari Kota Solo. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 5 – 6 jam dari Surabaya untuk dapat sampai di Kabupaten Pacitan. Secara geografis, Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang dikelilingi pegunungan kapur (karst).

Dari sejumlah objek, salah satu tempat wisata Pacitan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah pada pesona pantainya. Pantai dengan pasirnya yang putih tentunya menjadi destinasi wisata favorit terutama di saat libur tiba, Anda akan mendapati banyaknya kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke pantai di Pacitan. Sementara itu, objek wisata goa di Pacitan umumnya terletak di lereng perbukitan. Pantai dan goa adalah daya tarik utama wisata alam di daerah tempat kelahiran Presiden Republik Indonesia ke 6 Soesilo Bambang Yudhoyono atau lebih sering disapa SBY. Berikut ini adalah tempat wisata di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Pantai Klayar
Pantai Klayar
Keindahan Pantai Klayar yang sangat terkenal di Kabupaten Pacitan, sumber: initempatwisata.com

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo atau berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Anda dapat sampai di pantai ini dalam waktu tempuh sekitar 60 menit dari pusat kota. Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter. Mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan keluarga pernah berlibur di pantai yang indah ini.

  1. Goa Gong
Goa gong
Goa Gong yang sangat terkenal sebagai goa indah di Kabupaten Pacitan, sumber: initempatwisata.com

Goa ini merupakan salah satu goa yang sangat terkenal di Pacitan. Di dalam goa ini, terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh. Perjalanan menuju Goa Gong ini relatif mudah melalui jalanan setapak. Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo. Goa Gong adalah sebuah gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua – gua yang berada di di sekitarnya. Nama Goa Gong erat kaitannya dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa, yaitu gong.

  1. Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria
Keindahan suasana sunset di Pantai Teleng Ria, sumber: wisataterbaru.com

Pantai Teleng Ria dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Saat ini, Pantai Teleng Ria adalah salah satu tempat wisata Pacitan yang paling ramai dikunjungi. Hamparan pasir yang indah serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Anda dapat bermain di tepi pantai, berenang, dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya. Pantai ini terletak di Jalan WR Supratman, Kelurahan Sidoharjo.

  1. Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung yang terkenal akan keganasan ombaknya, sumber: unic77.net

Pantai Watu Karung di Pacitan terkenal dengan keganasan ombaknya dan menjadi sebuah pantai yang menjadi tempat surfing berkelas dunia. Di tahun 2009 silam, peselancar top Indonesia Rizal Tanjung mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung.

  1. Pemandian Banyu Anget
 Pemandian Banyu Anget
Pemandian Banyu Anget, sumber: zuhriwafa.blogspot.co.id

Air yang ada di tempat pemandian Banyu Anget berasal dari sumber air panas Tirto Husodo di Pacitan. Pemandian ini terletak sekitar 15 km sebelah utara pusat kota. Anda akan mudah menjumpai tempat pemandian air panas yang ada di Kabupaten Pacitan ini. Disana terdapat  4 kolam untuk pemandian, 2 kolam renang dewasa, kolam renang anak – anak, serta kolam tempat sumber air panas.

  1. Goa Tabuhan
Goa Tabuhan
Goa Tabuhan, sumber: webwisata.com

Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul. Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Kabupaten Jawa Timur yang satu ini.

  1. Sungai Maron
Sungai Maron
Sungai Maron yang dijuluki sebagai Green Canyon khas kabupaten Pacitan, sumber: spotunik.com

Sungai Maron adalah “Green Canyon” nya Pacitan. Sungai ini dapat Anda temui di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku. Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya 4,5 km ini. Pesona salah satu tempat wisata di Kota Pacitan ini terletak pada panorama alam yang dapat Anda nikmati tatkala menyusuri alur sungai. Paduan harmoni alam dari pepohonan hijau di sepanjang tepian sungai, tanaman kelapa, serta air sungai yang jernih sungguh menyuguhkan pengalaman wisata yang menawan hati. Anda akan mendapati sebuah suasana damai di tempat ini. Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun di sungai ini diadakan lomba dayung yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam.