Indahnya Pantai Berpasir Pink Di Pulau Lombok

18

Pantai Tangsi merupakan salah satu pantai yang memilki keindahan yang unik dan menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai banyak dicari wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok, tepatnya di Lombok Timur. Tetapi pantai ini lebih terkenal di Lombok Timur dengan sebutan Pantai Pink karena warna pasir di pantai ini terlihat sedikit kemerah-merahan atau biasa disebut pink(merah muda). Pantai ini terletak di Desa Sekaroh, sebuah desa kecil di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Warna yang tidak biasa inilah yang menjadikan pantai Tangsi atau Pantai Pink sebagai tempat yang unik dan indah untuk dikunjungi saat berwisata ke Pulau Lombok. Walaupun Pantai dengan karakteristik seperti ini juga bisa ditemukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur tetapi Pantai Pink ini memilki perbedaan sehingga banyak wisatawan yang datang hanya untuk menikmati keindahan dan keunikannya yang banyak membuat semua orang membuka rasa keingin tahuannya.

Pantai pink lombok
Pantai Tangsi, Sumber : mutiara-travel.com

Warna pasir pantai Tangsi sebenarnya memiliki kesamaan dengan pantai-pantai lain pada umumnya, berwarna putih akan tetapi warna pink pasirnya berasal dari campuran pasir dengan serpihan-serpihan terumbu karang halus yang berwarna kemerahan, sehingga terlihat dari jauh seperti pasirnya yang berwarna pink. Warna pink pasir Pantai Tangsi ini akan lebih jelas terlihat saat pasir terkena air laut, terlebih jika cuaca pada saat itu cerah. Untuk itu jika berkunjung ke Pantai Pink untuk menikmati keunikan pasirnya maka para Wisatawan harus lebih mengetahui waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

Pasir Pink Pantai Tangsi
Pasir Pink Pantai Tangsi, Sumber : www.wisatalombokyes.com

Jika ditelusuri kata Tangsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “asrama” atau “barak”. Sehingga banyak anggapan masyarakatnya jika dulunya pantai ini pernah dijadikan sebagai markas tentara Jepang. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya gua buatan dan juga sebuah meriam peninggalan Jepang yang berada tidak jauh dari pantai.

meriam di pantai pink
Meriam Peninggalan Tentara Jepang di Pantai Pink, Sumber : tugaszurriy.blogspot.co.id
pantai pink
Pantai Pink, Sumber : forum.xcitefun.net

Selain pasir pantainya yang khas, Pantai Pink juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan yang membuat mata tak akan berpaling cepat dibuatnya. Desekeliling pantai terdapat tebing-tebing yang cukup tinggi dan juga berugak (semacam pondok/pendopo) yang di atasnya telah disediakan bagi para wisatawan untuk menikmati hamparan pantai dan lautan lepas yang indah. Aroma air laut yang khas, hembusan angin pantai dan suara ombak yang membentur karang membuat hati dan pikiran para pengunjungnya ikut terbawa dalam renungan pantai ini.

Karang di pantai pink
Karang Di Pantai Pink, Sumber : www.infolombok.net

Pantai Pink memiliki ombak yang cukup tenang dengan hantamannya yang sangat kecil, sehingga tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata bersama keluarga dan mengajak anaknya bermain-main. Selain itu, sempatkanlah untuk menikmati keindahan bawah lautnya dengan bersnorkeling disini, karena selain keindahan dan keunikan pantainya para pengunjung akan dibuat takjub oleh terumbu-terumbu karangnya yang sangat indah. Tetapi, sangat disayangkan di beberapa titik terdapat beberapa terumbu karang yang rusak akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Akses yang dibutuhkan untuk menikmati keindahan pantai yang masih bagian dari Pantai Tanjung Ringgit ini tidak mudah untuk dilalui wisatawan karena lokasi serta akses jalan menuju tempat ini belum dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.