Keindahan Danau Dan Pura Ulun Danu Beratan

Pulau Dewata atau Pulau Bali merupakan sebuah pulau yang memilki keindahan yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu destinasi wisata di Pulau Bali yang di banjiri oleh wisatawan mancanegara maupun domestik adalah Danau Beratan. Danau Beratan merupakan salah satu danau yang memilki keindahan yang memikat para pengunjungnya. Danau ini terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

danau beratan
Danau Beratan, Sumber : valbali.blogspot.co.id
danau beratan
Danau Beratan, Sumber : valbali.blogspot.co.id

Danau Beratan terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan, yang merupakan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, karena hal tersebut Danau Beratan terbilang cukup istimewa. Jalur yang ditempuh untuk mencapai Danau Beratan cukup mudah karena danau ini berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar dengan Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya, disamping karena aksesnya yang mudah dijangkau Danau Beratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai. Sehingga menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diburu oleh para traveller di Pulau Bali.

Lingkungan Danau Beratan memiliki cuaca yang sejuk, hal ini dikarenakan letaknya yang berada di 1.239 diatas permukaan laut (dpl). Para pengunjung yang berkunjung tak hanya dapat menikmati keindahan pemandangan dari pinggir danaunya, tetapi dapat berkeliling mengitari seluruh Danau Beratan hanya dengan mengeluarkan biaya yang tidak merogoh kocek terlalu banyak untuk menyewa boat yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Dengan menggunakan boat pengunjung akan menikmati beberapa pemandangan indah lainnya. Jika berkeliling di area danau terdapat sebuah villa yang berada di sisi lain dari Danau Beratan. Selain villa tersebut pengunjung akan menemukan sebuah cafe atau restaurant yang di desain dengan pemandangan Danau Beratan di depannya, pusat oleh-oleh khas Danau Beratan dan Pulai Bali, serta sebuah Pura terbesar di Bali setelah Pura Besakih yang disebut dengan Pura Ulun Danu Berata.

boat danau beratan
Boat Yang Ada di Danau Beratan, Sumber : valbali.blogspot.co.id

Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Sejarah pendirian Pura Ulun Danu Beratan terdapat pada salah satu kisah yang terekam dalam Lontar Babad Mengwi. Dalam Lontar Babad Mengwi tersebut dikisahkan mengenai seorang bangsawan bernama I Gusti Agung Putu yang mengalami kekalahan perang dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. Untuk bangkit dari kekalahan tersebut, I Gusti Agung Putu bertapa di puncak Gunung Mangu hingga memperoleh kekuatan dan pencerahan. Setelah Selesai melakukan pertapaan, I Gusti Agung Putu mendirikan sebuah istana Belayu (Bela Ayu). Setelah hal tersebut kemudian ia kembali berperang melawan I Gusti Ngurah Batu Tumpeng dan hasil dari peperangan tersebut berhasil dimenangkan oleh I Gusti Agung Putu. Setelah itu, I Gusti Agung Putu yang merupakan pendiri Kerajaan Mengwi mendirikan sebuah pura di tepi Danau Beratan yang kini dikenal sebagai Pura ulun Danu Beratan.

pura ulun danu beratan
Pura Ulun Danu Beratan, Sumber : www.sari-tours.com

Dalam Lontar Babad Mengwi juga dikisahkan bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan kira-kira sebelum tahun 1556 Saka (1634 Masehi) atau sekitar satu tahun sebelum berdirinya Pura Taman Ayun, sebuah pura yang juga didirikan oleh I Gusti Agung Putu. Dalam pendirian Pura Ulun Danu Beratan yang didirikan oleh I Gusti Agung Putu menurut cerita masyarakat yang beredar bahwa pura tersebut telah membuat masyhur Kerajaan Mengwi dan rajanya, sehingga I Gusti Agung Putu dijuluki I Gusti Agung Sakti oleh rakyatnya dimasa itu.

Pura Ulun Danu Beratan
Pura Ulun Danu Beratan, Sumber : highend-traveller.com

Pura Ulun Danu Beratan memilki keunikan tersendiri di hati para pengunjungnya. Untuk memasuki kawasan pura, para pengunjung akan dipungut biaya masuk yang tidak banyak. Biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan keindahan yang dimiliki oleh pura ini. Sebelum mencapai pura para pengunjung akan disuguhi dengan bunga-bunga yang indah, hamparan rumput serta rimbunnya pepohonan yang menambah kesejukan suasana di area pura.