Keindahan Pantai Parangtritis

Wisata pantai Parangtritis berada di selatan Kota Yogyakarta tepatnya ada di Kecamatan Kretek , Kabupaten Bantul – Yogyakarta, Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 Km dari pusat Kota Yogyakarta, untuk sampai di tempat ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut sudah banyak dan umumnya akan beroperasi sampai pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat sore hari, yaitu saat terbenamnya matahari, pemandangan sunset yang cukup memikat dan panorama bibir pantai yang sangat mempesona menjadikan lokasi wisata ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

Objek wisata Pantai Parangtritis
Objek wisata Pantai Parangtritis, sumber: gudeg.net

Selain itu apabila Anda mengunjungi tempat ini lebih awal, maka Anda akan mempunyai kesempatan untuk melihat pemandangan pantai dari atas tebing yang letaknya berada di belakang pantai ini. Nama dari tebing itu adalah Tebing Gembirawati. Disini Anda juga akan menemukan sebuah reruntuhan Candi yang diberi nama oleh masyarakat sekitar dengan Candi Gembirawati. Letak candi tersebut berada di sebelah timur tebing Gembirawati dan jarak dari bibir pantai hanya beberapa meter saja.

Keindahan Pantai Parangtritis
Keindahan Pantai Parangtritis jika dilihat dari udara, sumber: jogjapos.com

Menurut keyakinan dari masyarakat Jawa, Objek wisata Pantai Parangtritis mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kerajaan gaib Ratu Pantai Selatan atau biasa orang menyebutnya Ratu Kidul yang merupakan penguasa laut selatan. Terdapat sebuah resort yang terinspirasi dari legenda tersebut sehingga memberinya nama Hotel Queen of the South.

Parangtritis juga disebut sebagai pintu gerbang dari kerajaan laut selatan, oleh karena itu masyarakat sekitar mempercayai apabila ada seseorang yang datang kesana menggunakan pakaian berwarna hijau, maka orang tersebut akan mendapatkan musibah.

sunset
Suasana sunset di Pantai Parangtritis, sumber: manusialembah.blogspot.com

Nama Parangtritis sendiri mempunyai kisah tersendiri, dimana kisah tersebut bermula pada jaman kerajaan Majapahit. Konon pada jaman tersebut ada seorang pangeran yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke tempat ini berniat untuk bersemedi. Nama pangeran tersebut adalah Pangeran Dipokusumo. setelah dia melakukan semedi dia melihat tetesan air yang berasal dari cela – cela karang, karena kejadian tersebut dia menamai kawasan itu menjadi Parangtritis.

sunset di Pantai Parangtritis
Pesona keindahan sunset di Pantai Parangtritis, sumber: www.initempatwisata.com

Bagi Anda yang berasal dari luar Kota Yogyakarta, untuk dapat mengunjungi tempat ini Anda dapat menggunakan jalur trasportasi baik udara maupun darat. Apabila Anda memilih jalur transportasi udara, Anda bisa transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Adisucipto – Yogyakarta, lalu Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Giwangan kemudian menuju ke Pantai Parangtritis.

Apabila Anda menggunakan transportasi darat, Anda dapat transit di Terminal Giwangan – Yogyakarta kemudian Anda dapat menggunakan transportasi umum menuju Pantai Parangtritis, apabila Anda menggunakan transportasi Kereta Api, Anda dapat transit di Stasiun Tugu atau Stasuin Lempuyangan kemudian dilanjutkan perjalanan ke Terminal Giwangan, dari sini Anda bisa langsung menuju Pantai Parangtritis menggunakan kendaraan umum.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menelusuri Jalan Parangtritis, karena rute ini merupakan rute yang paling cepat untuk dilalui khususnya bagi Anda yang baru mengunjungi Yogyakarta. Akan tetapi apabila Anda ingin suasana yang berbeda, Anda dapat mengambil rute melawati Jalan Imogiri kemudian berlanjut di Desa Siluk yang letaknya berada di sebelah selatan kota Yogyakarta.

Menikmati keindahan Pantai memang sangat mengasikan, terlebih apabila Anda menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di Parangtritis Anda dapat bermain ATV dan menunggangi kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati suasana Pantai Parangtritis. Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan ATV atau kuda dapat menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang datang untuk berlibur di Pantai Parangtritis.

Melewati gundukan – gundukan pasir yang banyak terdapat di objek wisata Pantai Parangtritis dengan menggunakan ATV akan membuat liburan Anda terasa sangat menyenangkan terlebih jika Anda hobby berkendara, sensasi seperti ini kemungkinan jarang sekali Anda peroleh jadi, apabila Anda mengunjungi Parangtritis jangan melewatkan hal ini begitu saja.

Bentang keindahan Pantai Parangtritis
Bentang keindahan Pantai Parangtritis, sumber: www.initempatwisata.com

Selain hal diatas yang bisa Anda nikmati di Parangtritis, Anda juga bise mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Aeromodelling yang juga bisa Anda sewa disana, ini dikhususkan bagi Anda yang mempunyai keberanian tentunya. Dengan menggunakan fasilitas ini dijamin kepuasan Anda berwisata ke Parangtritis akan semakin terasa.

Bagi Anda yang ingin menikmati mandi di pemandian air panas, di dekat lokasi Pantai Parangtritis juga terdapat pemandian air panas yang bernama Parangwedang, konon air dari pemandian ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karena kandungan belerangnya. Di sekitar objek wisata Pantai Parangtritis Anda dapat menemukan pedagang – pedagang yang menyajikan jajanan seperti jagung bakar serta minuman es kelapa muda yang semuanya cocok sekali untuk dinikmati di pinggir pantai, selain itu bagi Anda yang ingin membawa oleh – oleh dari Parangtritis, Anda juga akan menemukan toko yang menjual berbagai kerajinan khas Yogyakarta. Ketika Anda berkunjung ke Pantai Parangtritis Anda dapat memperhatikan tips – tips di bawah ini:

  1. 1. Dilarang Berengan Hingga Ketengah

Besarnya ombak yang ada di Pantai Parangtritis beresiko akan menyeret Anda ke tengah, jadi jangan sampai berenang manjauhi bibir pantai agar keselamatan Anda tetap terjaga, bagi Anda yang membawa anak kecil sangat dianjurkan untuk tetap mendampingi aktifitasnya.

  1. Berkunjung Hingga Sore Hari

Menikmati suasana pantai Parangtritis memang cocok sekali apabila Anda mengunjunginya dari pagi hari hingga sore hari, karena Anda akan merasakan kepuasan tersendiri selain itu Anda juga dapat melihat pesona sunset di Pantai Parangtritis yang sangat mempesona.

  1. Membawa Topi Dan Kacamata

Perlengkapan ini berguna apabila Anda datang pada saat siang hari, udara panas pantai akan bisa teratasi dengan adanya topi yang Anda bawa, selain itu kilauan cahaya matahari dapat Anda atasi dengan menggunakan kacamata.

  1. Tidak Perlu Mempedulikan Waktu Bermain Di Pantai Hingga Khawatir Kemalaman

Dilokasi ini juga telah disediakan penginapan – penginapan yang dapat Anda sewa selama berlibur di Pantai Parangtritis, tentunya harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Jadi Anda tidak perlu kawatir apabila mengunjungi tempat ini hingga larut malam.

  1. Datang Pada Malam Tahun Baru Jawa

Lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada waktu malam Tahun Baru Jawa atau malam 1 Suro/Muharam, apabila Anda berniat ingin menyaksikan keramaian di Pantai Parangtritis maka datanglah pada waktu tersebut.