Keindahan Pantai Santolo Sebagai Wisata Favorit Di Garut

Keindahan Pantai Santolo Sebagai Wisata Favorit Di Garut

By G-Traveler

Pantai Santolo merupakan pantai yang yang sangat populer di Kabupaten Garut. Pantai ini terletak di Kecamatan Cikelet, tepatnya di sebelah selatan pusat Kota Garut. Pantai Santolo mempunyai bentang pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih yang halus. Selain digunakan sebagai tempat wisata Pantai Santolo juga merupakan dermaga bagi kapal – kapal nelayan yang mengadu nasib di lautan lepas untuk mencari ikan. Suasana di pantai ini tidak terlalu ramai, karena belum banyak orang – orang yang mengetahui keindahan Pantai Santolo. Di Pantai Santolo sendiri anda dapat melihat kumpulan batu – batu besar, biota laut dan luasnya lautan biru. Untuk menikmati ombak pantai selatan yang cukup menantang anda dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh nelayan – nelayan setempat.

Pantai Santolo

Pantai Santolo, sumber: nganafikir.blogspot.com

Pantai Santolo

Pantai Santolo, sumber: ensiklopediaindonesia.com

Setelah lelah menikmati keindahan Pantai Santolo anda dapat mengembalikan energi yang telah terbuang dengan menikmati hidangan makanan laut yang segar di warung – warung yang berada di pinggir pantai dengan harga terjangkau. Jika anda ingin membuat hidangan anda sendiri, anda dapat membeli ikan laut segar mulai dari harga Rp 20.000 per ekor. Jika anda ingin menyaksikan pantai ini dari sudut lain, anda dapat pergi ke sisi kiri dengan menggunakan perahu penyeberangan seharga Rp 2.000 per orang. Disanalah anda dapat melihat jernihnya air laut yang dangkal dengan ombak yang cukup tenang. Ketika anda kembali menyusuri pantai ke arah penyeberangan, anda akan menemukan gundukan karang yang sangat besar.

Pulau Santolo

Jembatan tua di Pulau Santolo, sumber: munnyurbane.wordpress.com

Pulau Santolo

Jembatan tua di Pulau Santolo, sumber: hello-pet.com

Pantai Santolo ini terletak berdekatan dengan kampung nelayan sehingga daratan yang berdekatan dengan pantai sangat khas dengan pemukiman nelayan, namun kondisi pantai yang berpasir putih kecoklatan ini sangatlah terjaga kebersihannya. Bagi anda yang ingin bermalam, di sekitar Pantai Santolo tersedia banyak penginapan yang dapat anda pesan. Harga sewanya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per hari.

Pantai Santolo

Pemandangan Pantai Santolo, sumber: www.nativeindonesia.com

Jarak tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Pantai Santolo dari pusat Kota Garut sekitar 88 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan. Tetapi jika dari Kota Bandung perjalanan yang perlu ditempuh ke Pantai Santolo kurang lebih 150 Km. Perjalanan dapat anda tempuh menggunakan kendaraan umum jurusan Garut – Pamengpeuk dengan biaya Rp 20.000,-. Setelah itu anda dapat turun di Pasar Pameungpeuk. Lalu dilanjutkan dengan menaiki Pick Up menuju Pantai Sayang heulang dan biaya yang perlu anda bayar sekitar Rp 5.000. Dari Pantai Sayang heulang, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan perahu yang perlu anda sewa seharga Rp 5.000 untuk sampai ke Pantai Santolo. Perjalanan menuju Pantai Santolo adalah jalanan berkelok – kelok, sempit, curam dan terkadang anda harus melewati jurang.

Pantai Santolo

Matahari terbenam di Pantai Santolo, sumber: www.nativeindonesia.com

Terdapat 2 rute yang dapat anda lewati untuk mencapai Pantai Santolo, rute pertama yang dapat anda lewati adalah Kota Garut – Cikajang – Cikelet – Pameungpeuk. Jika melalui rute ini anda dapat menggunakan kendaran umum. Lamanya waktu perjalanan anda jika menggunakan kendaraan umum kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan untuk sampai di Pameungpeuk. Rute kedua yang dapat anda lewati adalah Bandung – Pengalengan – Rancabuaya – Santolo. Lamanya waktu perjalanan jika menggunakan rute ini cukup memakan waktu, yaitu kurang lebih 7 jam perjalanan. Hal ini disebabkan jarak yang perlu anda tempuh sekitar 200 – 250 Km. Walaupun jaraknya cukup jauh dan memakan waktu, tetapi ketika menggunakan rute ini pemandangan yang disajikan begitu indah.