Kelezatan Sambal Cibiuk di Rumah Makan Cibiuk

Kelezatan Sambal Cibiuk di Rumah Makan Cibiuk

By G-Traveler

Beberapa orang beranggapan tidak lengkap makan tanpa ditemani sambal. Bagi warga Jawa Barat khususnya warga sunda sambal merupakan makanan sehari-hari yang harus ada dalam setiap menu hidangan baik itu pagi hari, siang hari bahkan malam hari. Untuk anda yang suka dengan sambal dan ingin mencoba sambal yang unik, anda dapat mencoba sambal Cibiuk. Sambal cibiuk merupakan sambal yang berasal dari Desa Cibiuk yang berada di Kabupaten Garut. Ternyata, kehadiran sambal ini tidak lepas dari tokoh agama yang pertama kali datang ke Cibiuk untuk menyebarkan ajaran Islam. Syekh Ja’far Shidiq. Tokoh agama yang saat ini makamnya menjadi tempat wisata rohani para peziarah inilah pencipta Sambal Cibiuk. Kemudian, sambal ini dilanjutkan dan dikembangkan oleh putrinya bernama Nyimas Ayu Fatimah. Sampai saat ini, Sambal Cibiuk memiliki nilai ekonomi tinggi dan hadir sebagai trade mark beberapa rumah makan yang mengusung makanan khas Sunda. Salah satu rumah makan yang menyediakan sambal ini adalah Rumah Makan Cibiuk.

Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk, sumber: www.menuresepmasakan.com

Pada awalnya, sambal Cibiuk adalah sajian istimewa untuk tamu penting, tetapi disini tersedia untuk siapa saja yang ingin memesannya. Sambal ini menggunakan tomat muda yang masih berwarna hijau dan dedaunann yang memiliki cita rasa khas seperti daun Pokpohan dan daun kemangi, tidak ketinggalan digunakan terasi sebagai bahannya. Cabai yang digunakan adalah cabe hijau dan cabe rawit. Dalam penampilannnya, sambal ini akan berwarna hijau karena bahan-bahan yang digunakan dominan berwarna hijau. Rasanya yang pedas dan khas akan menjadi favorit bagi pencinta sambal. Inilah yang membedakan rumah makan ini dengan rumah makan Sunda lainnya. Sambal cibiuk dapat dikatakan sebagai menu wajib di rumah makan ini.

Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk, sumber: anarm.ne

Ketika memasuki rumah makan ini, anda akan melihat beberapa gazebo yang cirri khas rumah makan sunda ini. Dengan atap terbuat dari jerami dan dinding terbuat dari bilik serta beberapa lukisan yang menggambarkan sawah dan rumah-rumah sederhana penduduk di pedesaan. Sehingga ketika anda menikmati masakan Rumah Makan Cibiuk ini maka anda akan dibawa untuk menikmati suasana makan di sebuah pedesaan yang asri. Kapasitas tiap gazebo kurang lebih untuk 6 orang, tetapi dinding tiap pondok dapat dibuka untuk kapasitas yang lebih luas. Bila anda ingin memesan ruangan yang bersifat lebih pribadi untuk acara tertentu, disini tersedia ruangan tersendiri dengan beberapa meja dan kursi. Rumah makan ini sudah dikunjungi oleh beberapa orang terkemuka di Indonesia.

Untuk menambah lezatnya sambal cibiuk, ikan gurame adalah salah satu menu andalan selain sambal cibiuk restoran ini. Ikan gurame dapat disajikan dengan cara digoreng kipas atau dibakar. Ada pula pepes peda yang banyak disukai. Selain itu anda dapat memesan menu makanan yang lain misalnya tumis genjer, tumis kangkung, tumis toge jambal roti, sayur asem, dan lain – lain. Daun genjer mungkin jarang dijadikan olahan masakan, tetapi disini dapat anda nikmati menu daun genjer dengan olahan yang lezat. Tumis Kangkung yang disajikan di rumah makan ini diolah dengan variasi polos dan oncom. Tumis Toge Jambal Roti yaitu campuran toge dengan ikan asin jambal.

Menu di Rumah Makan Cibiuk

Menu di Rumah Makan Cibiuk, sumber: www.tripadvisor.co.uk

Makanan di Rumah Makan Cibiuk

Makanan di Rumah Makan Cibiuk, sumber: kuliner.panduanwisata.id

Makanan di Rumah Makan Cibiuk

Makanan di Rumah Makan Cibiuk, sumber: kuliner.panduanwisata.id

Sebagai rumah makan sunda, sambal dan lalapan merupakan sajian yang wajib ada. Anda dapat menemukannya pada beberapa cobek dari batu yang membentuk lingkaran besar. Pada cobek ini ada beberapa jenis sambal seperti sambal oncom, sambal terasi dan sambal lainnya serta lalapan yang terdiri dari daun selada, daun kemangi, kol dan mentimun. Sambal ini dapat diambil sepuasnya oleh para pelanggan tanpa tambahan biaya. Hanya saja untuk Sambal Cibiuk, anda harus membayar Rp 6.000,- sampai Rp. 7.500,- bergantung pada jenis sambal Cibiuk yang anda pilih. Misalnya Anda bisa memilih Sambal Cibiuk Hijau (dengan tomat hijau), Sambal Cibiuk Merah (dengan tomat merah), dan Sambal Cibiuk Cuerik (pedas sekali).

Untuk dapat menikmati makanan di rumah makan cibiuk ini anda dapat berkunjung ke Cibubur, tepatnya di Jl. Alternatif Kav. DDN No. 12 B , Cibubur – Jakarta Timur. Selain berada di Cibubur, Rumah Makan Cibiuk juga dapat ditemui di tempat-tempat lain. Seperti di:

Pusat (Garut)

  • Jl. Otista No. 321
    Garut
    Telp: (0262) 231 187

Jakarta

  • Jl. Gandaria Tengah III/3
    Kebayoran Baru
    Jakarta Selatan
    Telp: (021) 7226635
  • Jl. Lapangan Ros Raya No. 15
    Tebet
    Telp: (021) 8609240
  • Jl. Agung Tengah 4 Blok E 5
    Sunter
    Jakarta Utara
    Telp: (021) 64714300
  • Jl. Kebun Jeruk Pos Pengumben
    Jakarta Barat
    Telp: (021) 5360076
  • Jl. Raya Kalimalang Blok A 20 No.1
    Telp: (021) 8648824
  • Jl. Otista Raya No. 21 A
    Telp: (021) 8514484
  • Jl. Alternatif Kav. DDN No. 12 B
    Cibubur
    Telp: (021) 84591234

Depok

  • Jl. Margonda Raya No. 195
    Depok
    Telp: (021) 77202604

Jadi bagi anda penggemar sambal, bisa mencoba menikmati sambal Cibiuk di alamat yang telah tersedia di atas.