Kelezatan Tahu Bakso Ungaran

Kelezatan Tahu Bakso Ungaran

By G-Traveler

Ragam kuliner dan jajanan di berbagai daerah hari demi hari terus mencuat. Beberapa ulasan melalui media massa umum dan kini dengan maraknya media sosial, semakin memudahkan masyarakat mengenali aneka ciri khas makanan yang ada di seluruh dunia ┬áterutama di Indonesia. Dengan hal tersebut bahkan makanan – makanan yang ada di seluruh penjuru dunia sudah mulai banyak diketahui di pelosok daerah sekalipun.

Bagi yang berlibur dan melalui sepanjang kawasan Ungaran yang mengarah ke Solo maupun Yogyakarta, tentunya bila berkendara dengan jalur darat, maka akan melintasi kota ini. Ungaran terletak tepat di sebelah selatan Kota Semarang. Wilayah perkotaan Ungaran meliputi kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah Kota, merupakan daerah padat penduduk yaitu di sekitar sepanjang jalan protokol Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Diponegoro, dan Jalan Ahmad Yani.

Kota Ungaran sendiri dikenal dengan sebutan Kota Seribu Rumah Makan. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya rumah makan yang ada di pinggir jalan di Kota Ungaran. Di antara sekian banyak kuliner atau jajanan khas Ungaran, salah satu yang semakin dikenal adalah tahu bakso, atau ada yang menuliskannya dengan tahu baxo.

Tahu Bakso

Tahu Bakso Khas Ungaran, sumber: hellosemarang.com

Pada sepanjang jalanan utama yang melalui Ungaran masyarakat dengan jelas dapat melihat kuliner dan jajanan tahu bakso itu disajikan di sejumlah toko makanan. Bila Anda menyebut tahu bakso, maka tidak bisa dilepaskan pada peran sosok pertama yang memperkenalkan makanan dengan dua unsur utama tahu dan bakso ini, yaitu Bu Pudji. Bu Pudji sendiri memiliki nama asli Sri Lestari. Awalnya Bu Pudhi merupakan seorang ibu rumah tangga yang memulai usaha rumahan sejak 1995 hingga akhirnya mengukir kesuksesan sampai saat ini.

Tahu Bakso Bu Pudji

Tahu Bakso Bu Pudji, sumber: tokopedia.com

Merk lain yang cukup dikenal adalah tahu bakso Woning. Keistimewaaan Tahu Baso Woning adalah rasanya yang luar biasa lezat, tanpa bahan pengawet dan dijamin halal. Baksonya terisi penuh di dalam tahu. Bukan sekedar ada bakso di dalam tahu, bahkan komposisi baksonya adalah 90% daging sapi segar, sehingga sedikit sekali tambahan tepungnya. Bahan tahu dan bakso benar – benar diproduksi sendiri sesuai standar kesehatan dan yang pasti tidak menggunakan formalin atau bahan pengawet lainnya.

Tahu Bakso Woning

Tahu Bakso Woning, sumber: oleholehkhasungaran.blogspot.com

Tahu bakso ini bisa bertahan dua hari dalam udara bebas dan bila dimasukkan ke dalam kulkas bisa bertahan hingga sepekan, lalu apabila dimasukkan dalam freezer atau mesin pendingin dalam keadaan beku bisa bertahan sampai sebulan. Komposisi utama tahu bakso yang mengedepankan aspek higienitas dan berbahan baku alami, nampaknya saat ini sudah menjadi rujukan para penggemar kuliner untuk menikmati kelezatan tahu bakso dari Ungaran.