Kepulauan Kei, Surga Kecil Di Maluku

34

Kei merupakan sebuah nama untuk kepulauan yang memiliki keindahan luar biasa di Maluku. Provinsi yang beribukota di Ambon ini memiliki beraneka ragam tempat wisata yang perlu di telusuri, salah satunya adalah Kepulauan Kei. Perjalanan menuju Kepulauan Kei dapat dikatakan cukup sulit, karena Anda harus berkali – kali naik pesawat. Jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa menggunakan maskapai Garuda jurusan Jakarta menuju Bandara Pattimura yang terletak di Ambon. Setelah sampai di Ambon Anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju Bandara Dumatubun (Langgur). Sesampainya di bandara, kemudian Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan ke Desa Debut, lalu Anda dapat menumpang kapal motor menuju ke Warbal.

Kepulauan Kei
Indahnya Kepulauan Kei di Maluku, sumber: fun-adventure.com

Walaupun dapat dikatakan cukup sulit untuk menemukan kepulauan ini, namun Anda tidak akan merasa bosan untuk menikmati keindahan pemandangan yang ada saat menuju ke Kepulauan Kei. Apalagi Anda akan disambut oleh pantai – pantai yang cantik dengan lautan yang tenang serta warna biru yang menyejukan mata. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pulau Kei yang berada di Maluku ini sebaiknya Anda datang pada bulan April sampai Mei ataupun Oktober sampai Desember, karena pada bulan tersebut keberadaan ombak air di Kepulauan Kei cukup tenang sehingga Anda bisa memuaskan diri Anda untuk menjelajahi Kepulauan Kei.

Kepulaun Kei Maluku
Pemandangan burung pelikan yang sedang mencari ikan di Kepulaun Kei, sumber: www.pinterest.com

Julukan Mutiara Hitam Dari Timur yang diberikan untuk Maluku ini nampaknya memang terbukti dengan begitu banyaknya pulau – pulau yang di kelilingi dengan pantai – pantainya yang indah. Ternyata bukan hanya wisatawan lokal saja yang memberikan sanjungan untuk Kepulauan Kei, namun salah seorang penulis ternama dari luar negeri mengatakan bahwasanya pasir putih di Pulau Kei ini sangat lembut dan tidak ada bandingannya.

Pantai Ngurtafur
Burung pelikan di Pantau Ngurtafur, sumber: www.pegipegi.com

Kepulauan Kei terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Kei besar dan Pulau Kei kecil. Pulau Kei besar ini banyak di dominasi dengan bukit – bukit yang masih sangat asri sehingga Pulau Kei besar ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai hobi memanjat, sedangkan untuk Pulau Kei kecil ini di dominasi pantai – pantai yang memilik pasir putih yang sangat lembut bagaikan tepung. Sebutan ini memang tidak berlebihan, pasalnya pada salah satu pantai tepanya Pantai Ngurbloat atau yang lebih populer dengan sebutan Pantai Pasir Panjang sangat dikenal bahwa pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut, bahkan merupakan pasir paling lembut di kawasan Asia.

kep. kei
Kepulauan Kei jika dilihat dari udara, sumber: www.triptrus.com

Jika Anda ingin membuktikan kelembutan pasir di tempat ini, cobalah Anda melepaskan alas kaki dan berjalanlah di atas pasir yang sangat lembut itu sambil menikmati indahnya hamparan lautan biru yang sangat luas. Memandangi langit sambil menunggu ombak yang sangat tenang tentu akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi merasa lebih tenang dan tentram.

Pantai Ngurbloat
Keindahan Pantai Ngurbloat, sumber: www.pegipegi.com

Jika Anda masih kurang puas, Anda bisa untuk mencoba mengunjugi tempat lain yang berada di Kepulauan Kei yaitu Pantai Ohoidertawun. Ciri khas pantai ini ialah air pantai yang sangat dangkal sehingga pada waktu surut, maka akan terlihat pasir putih yang berada di dasar pantai. Anda juga dapat menyelesaikan petualangan dengan menaiki perahu untuk menuju ke tepi pantai. Disana Anda akan terpesona melihat gambar – gambar yang berada di dinding batu permukaan pantai yang mempunyai simbol berwarna merah.

Suasana Kepulauan Kei Maluku Tenggara
Suasana Kepulauan Kei Maluku Tenggara, sumber: www.jalan2liburan.com

Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kepulauan Kei tetapi tidak singgah ke pantai yang dikenal dengan nama Pantai Ngurtafur. Pantai ini juga tidak kalah menarik jika dibandingkan 2 pantai di atas, karena Pantai Ngurtafur memiliki wilayah yang disebut denga Pantai Gosong. Pantai Gosong ini memiliki panjang kurang lebih 2 Km dan lebar sampai 7 meter. Lautan luas dan pasir – pasir putih yang mengelilinginya seolah – olah akan membuat Anda merasa sedang diisolasi di pulau pasir yang berada di tengah laut.

Kepulauan Kei Maluku Tenggara
Bersihnya pantai dan putihnya pasir pantai di Kepulauan Kei, sumber: www.aduinfo.com

Untuk masalah penginapan di Pulau Kei tentunya Anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai cukup banyak tersedia cottage atau guest house yang bisa Anda sewa untuk bisa menikmati keindahan malam di Pantai Ngurbloat. Untuk masalah makanan, Anda bisa menikmati kuliner khas pantai berupa seafood contohnya seperti kerang, kepiting, cumi – cumi, kakap, dan lain – lain. Hal ini akan terasa sangat lengkap jika Anda menikmati sajian kelezatan masakan khas pantai ini sambil menyaksikan sunset dengan cahaya matahari berwana merah kekuningan di langit.