Lebih Dekat Dengan Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor adalah destinasi yang diminati di kalangan penikmat perjalanan, terutama bagi para keluarga yang berekreasi bersama dengan anak – anak.Taman Safari Bogor adalah salah satu tujuan wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi untuk mengenal habitat satwa di alam bebas. Berjarak tidak jauh dari ibukota Jakarta, Taman Safari Bogor merupakan tujuan berlibur yang diminati bagi banyak warga ibukota.

gajah
Pertunjukan Gajah yang sedang digelar di Taman Safari Bogor, sumber: wisatapedi.com

Di kawasan Taman Safari Bogor, Anda dan putra – putri dapat mengenal dan berinteraksi secara lebih dekat dengan aneka fauna langka di habitat aslinya. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang sangat positif bagi pengetahuan anak serta dapat menambah pengalaman dalam berlibur.

Taman Safari yang ada di Bogor merupakan taman safari pertama yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan wisata Puncak, tepatnya di Jalan Raya Puncak No. 601, Desa Ciberaeum, Cisarua, Kabupaten Bogor. Taman safari ini populer dikenal dengan nama Taman Safari Indonesia. Perlu diketahui bahwa selain di Bogor, terdapat tiga taman safari lainnya yang ada di Indonesia, yakni di daerah Pasuruan, Batang, dan Bali.

Awalnya Taman Safari Bogor hanyalah sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Tetapi tahun 1980 silam, pemerintah memutuskan pembangunan cagar alam yang salah satunya tujuannya adalah untuk melindungi hewan – hewan langka. Lokasi yang dipilih tepat berada di sekitar kawasan Gunung Gede Pangrango, berada pada ketinggian 900 – 1800 meter diatas permukaan laut dan bersuhu antara 16 – 24 derajat Celcius.

Di tempat inilah Anda dapat merasakan kesejukan yang menyegarkan, udara bersih, dan panorama alam khas pegunungan tatkala memasuki kawasan Taman Safari Bogor ini. Di taman ini, terdapat sekitar 2.500 spesies satwa dari penjuru dunia. Anda dapat mengelilingi tempat wisata ini dengan menggunakan mobil, terutama jika ingin menyaksikan dari dekat kehidupan satwa liar di habitat alaminya. Selain mobil, terdapat pula kereta gantung yang memungkinkan Anda menyaksikan fauna – fauna yang hidup di taman tersebut.

Taman safari Indonesia
Berkeliling melihat satwa yang ada Taman Safari Bogor pada siang hari menggunakan bus, sumber: blog.reservasi.com

Saat berkeliling di Taman Safari terdapat sejumlah aturan yang harus dipatuhi untuk menjaga keselamatan diri. Misalnya, tidak boleh keluar dari mobil serta tidak membuka jendela dan pintu saat berada di habitat hewan buas.

Singa
Singa yang merupakan hewan buas di Taman Safari Bogor, sumber: test.indonesia.travel

Pengalaman berkeliling sembari menyaksikan kehidupan hewan serta berinteraksi lebih dekat dengan satwa tersebut adalah salah satu cara terbaik mendekatkan diri dengan alam, terutama bagi anak – anak. Selain sebagai sarana pendidikan anak dengan mengenal satwa secara langsung, anak – anak juga dapat belajar untuk lebih peduli terhadap alam.

Di Taman Safari Bogor, terdapat juga aneka wahana dan spot menarik yang dapat dinikmati selain menikmati kehidupan satwa di habitat alaminya. Bermain aneka wahana yang ada di taman ini adalah salah satu kegiatan populer yang lazim dilakukan banyak wisatawan.

Salah satu tempat menarik yang kerap dikunjungi adalah Baby Zoo. Disini, Anda dapat berfoto dan mengabadikan momen istimewa bersama anak – anak hewan dari berbagai spesies, bahkan termasuk dari kategori hewan buas, diantaranya seperti anak orang utan, anak macan tutul, ular, atau singa.

Bayi singa
Bayi singa yang ada di Baby zoo, sumber: travel.detik.com

Pengalaman unik berinteraksi langsung dengan hewan tidak hanya di Baby Zoo. Ada juga program khusus bernama “Swimming With Dolphin”. Dalam program ini, Anda dapat mengenal tingkah laku lumba – lumba dengan cara berenang dan berinteraksi langsung dengan hewan cerdas ini. Secara lebih spesifik, program ini sungguh tepat sebagai terapi bagi sejumlah anak yang berkebutuhan khusus.

Di Taman Safari Bogor, Anda juga dapat berpetualang dengan menggunakan gajah. Bayangkan bagaimana rasanya memasuki hutan belantara sembari berada di atas punggung Gajah Sumatera. Dari atas punggung gajah ini, Anda dapat menyaksikan aneka spesies hewan liar hingga tumbuhan langka. Tentu saja Anda akan dikawal oleh seorang pawang. Durasi kegiatan ini adalah sekitar satu jam.

Tak kalah menyenangkan, Anda juga dapat menikmati pemandangan taman safari dengan menaiki balon udara. Berada di ketinggian 40 meter, Anda dapat menyaksikan keindahan alam serta pemandangan Gunung Gede Pangrango. Dari sejumlah wahana yang ada di Taman Safari Bogor, salah satu yang populer adalah atraksi bernama Wild – Wild West. Wahana ini adalah sebuah pertunjukan dengan setting kehidupan koboi, Anda dapat menyaksikan atraksi koboi lengkap dengan efek suara yang sungguh mengagumkan. Tentu saja, pertunjukan ini bebas biaya atau gratis.

Selain itu di Taman Safari Bogor, Anda dapat mengelilingi perkampungan bernuansa Afrika dengan menggunakan kereta mini, mengendarai sepeda air atau kano, melihat pentas sirkus, menyaksikan kesenian tradisional di Balai Ruyung Safari, dan lain sebagainya.

Di Taman Safari Bogor Anda dapat membeli oleh – oleh sebelum pulang ke rumah. Ada banyak pedagang mainan yang menjual boneka satwa yang ada di Taman Safari Bogor. Selain itu, tersedia juga outlet – outlet resmi dimana Anda dapat berbelanja pernak – pernik hingga pakaian. Anda juga dapat menemukan sejumlah kuliner khas Bogor yang lezat di kawasan Taman Safari Bogor.

Terdapat paket wisata yang dapat Anda pilih untuk dapat berekreasi di Taman Safari Bogor seperti paket safari malam dan paket safari siang. Dengan paket Safari Malam, Anda akan diajak melihat langsung aktifitas satwa dari dekat di malam hari dengan menggunakan kereta wisata yang terbuka, juga menikmati wahana permainan dan 2 atraksi pertunjukan satwa. Biaya tiket masuk Safari Malam ini adalah sebesar Rp 150.000 untuk orang dewasa dan Rp 140.000 untuk anak – anak.

Taman safari malam
Sebuah pertunjukan yang ada pada paket Taman Safari Malam, sumber: siskanurifah.WordPress.com
Taman Safari Malam
Berkeliling melihat kegiatan satwa di malam hari dengan menggunakan kereta wisata, sumber: wartakota.tribunnews.com

Sementara jika Anda tertarik mengambil paket Safari Siang, Anda akan berkeliling hutan dengan kendaraan pribadi serta menikmati 9 pertunjukan satwa secara gratis, serta bermain wahana permainan seperti rumah hantu 3D. Biaya tiket masuk Safari Siang ini adalah sebesar Rp 150.000 untuk orang dewasa dan Rp 140.000 untuk anak – anak.

permainan di taman safari
Salah satu wahana permaianan di Taman Safari Bogor, sumber: bogor.tamansafari.com

Jika Anda ingin menikmati semua wahana permainan yang ada di Taman Safari Bogor, maka tidak akan cukup menikmatinya dalam satu hari. Jika Anda berencana untuk menginap, Anda dapat memilih untuk beristirahat di hotel atau bungalow yang ada di kawasan Taman Safari Bogor. Selain itu, terdapat sebuah karavan dengan kamar tidur dan toilet yang dapat Anda pilih. Salah satu hotel yang populer di kawasan ini adalah Taman Safari Lodge.

Karavan
Sebuah karavanyang dapat Anda sewa untuk menginap di Taman Safari Bogor, sumber: bogor.tamansafari.com

Berlokasi di kawasan wisata Puncak yang populer di kalangan wisatawan, Taman Safari Bogor dapat diakses dari sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, atau Cianjur. Lokasi Taman Safari Bogor ini hanya berjarak sekitar 80 kilometer dari Jakarta, atau sekitar 78 kilometer dari Bandung. Jika Anda menggunakan mobil pribadi dan memulai perjalanan dari Jakarta, Anda dapat mengambil rute jalan menuju Puncak sekeluar dari pintu tol Ciawi. Jika mengendarai sepeda motor, Anda hanya perlu melewati Jalan Raya Bogor, lalu masuk ke jalan menuju Puncak. Setelah tiba di kecamatan Cisarua, perhatikanlah sisi sebelah kanan. Anda akan melihat gapura yang cukup besar yang menjadi penunjuk letak Taman Safari Bogor berada.

Sementara jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat memulai perjalanan dari terminal Baranangsiang yang ada di kota Bogor. Lalu gunakan angkot dengan jurusan Ciawi. Dari Ciawi, perjalanan diteruskan dengan menaiki angkutan umum dengan jurusan Ciawi – Cianjur, lalu turun di lokasi taman safari. Alternatif lainnya, Anda juga dapat menaiki bus jurusan Bogor – Bandung yang melewati Puncak.