Menelisik Keindahan Pantai Anyer

Menelisik Keindahan Pantai Anyer

By G-Traveler

Pantai Anyer adalah salah satu pantai yang terletak di Provinsi Banten. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap minggunya pantai ini tidak henti – hentinya dikunjungi oleh para wisatawan lokal terutama dari Ibu Kota Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya. Pemandangannya yang indah dengan hamparan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini menjadi salah destinasi wisata favorit, selain itu objek wisata yang beraneka ragam menjadikan pantai ini kian diminati oleh para keluarga ketika akhir pekan datang. Mengunjungi Pantai Anyer pastinya akan membuat liburan Anda lebih menarik.

Pantai Anyer

Pemandangan Pantai Anyer, sumber: www.initempatwisata.com

Lokasi dari pantai ini berada di Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Sebagian besar wilayah di daerah ini adalah pantai, sehingga pantai – pantai yang ada di sepanjang kecamatan ini akrab disebut dengan sebutan Pantai Anyer. Sebenarnya Pantai Anyer bukanlah pantai tunggal, melainkan hanya sekumpulan pantai – pantai yang membentang di sepanjang kawasan Anyer itu sendiri. Setidaknya, ada tujuh pantai yang berada satu garis lurus dengan Pantai Anyer yaitu:

  1. Pantai Sambolo, pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan olahraga air, seperti berenang dan berselancar.
  2. Pantai Marbella, pantai ini terletak di depan Hotel Marbella.
  3. Pantai Cibeureum, pantai ini sangat sunyi sehingga cocok untuk bersantai bersama keluarga
  4. Pantai Marina, banyak permainan dan olahraga air yang ditawarkan di pantai ini. Selain itu terdapat banyak variasi yang ditawarkan berbeda dengan olahraga air yang ada di Pantai Sambolo.
  5. Pantai Pasir Putih Florida, Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Selain itu Anda bisa jalan – jalan di pantai ini.
  6. Pantai Karang Bolong, letaknya berada di Jalan Raya Anyer – Carita. Yang unik dari pantai ini adalah karang besar yang bolong alias berlubang karena proses alami terkena hantaman ombak.
  7. Pantai Karang Suraga, pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk anak – anak. Terdapat banyak warung – warung makanan yang ada di sepanjang tepi pantai ini.

Pantai Anyer ternyata memiliki kemiripan dengan Pantai Carita, sehingga banyak orang yang masih bingung ketika membedakan antara 2 pantai ini. Hal tersebut tak lepas dari letak kedua pantai ini yang berdekatan. Padahal jika ditelisik secara geografis, maka Anda akan menemukan letak yang berbeda. Kedua pantai ini terletak di 2 kecamatan dan kabupaten yang berbeda, yaitu Pantai Anyer berlokasi di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, sedangkan Pantai Carita berlokasi di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Jika Anda berasal dari Ibu Kota Jakarta dan ingin berkunjung ke Pantai Carita, Anda akan menempuh jarak yang cukup jauh karena pantai ini terletak dekat dengan selat Sunda. Walaupun begitu, kedua pantai ini merupakan pesona alam Indonesia yang tidak boleh dilewatkan.

Keindahan Pantai Anyer

Keindahan Pantai Anyer, sumber: kladionica24h.blogspot.co.id

Negara Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pantai, dari ujung Aceh, Sumatera hingga Irian Jaya dan Papua. Tetapi Anda perlu mempunyai alasan ketika Anda memilih Pantai Anyer sebagai destinasi wisata. Terutama jika Anda penduduk asli ibu kota, Anda bisa menempuh waktu perjalanan 2 sampai 2,5 jam jika tidak ada kemacetan atau bahkan dapat mencapai 4 jam jika Anda berkunjung di akhir pekan atau waktu liburan tiba. Lokasinya yang mudah untuk dicapai, masih menjadi alasan utama mengapa warga Jakarta khususnya menjadikan Pantai Anyer sebagai destinasi wisata di akhir pekan dan waktu libur lainnya.

Di samping itu, banyak tempat menarik yang bisa Anda nikmati disana. Terlebih, Pantai Anyer juga terdiri dari banyak pantai yang bisa Anda telusuri. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Anyer, seperti:

  • Berenang
  • Bermain pasir
  • Snorkeling
  • Surfing
  • Menikmati indahnya sunrise dan sunset.
  • Menjadikan tempat berkumpulnya keluarga di akhir pekan atau di waktu libur
Sunset di Pantai Anyer

Sunset di Pantai Anyer, sumber: indonesiaituindah.net

Untuk Anda yang berencana menghabiskan liburan atau akhir pekan di Pantai Anyer tak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan Pantai Anyer sudah tersedia banyak penginapan, hotel, homestay, villa hingga cottage yang bisa Anda sewa sesuai dengan budget dan keperluan Anda. Jika Anda mencari harga yang murah hingga berkelas, semuanya ada di Pantai Anyer. Apalagi sebagian penginapan sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti AC, kolam renang dan beberapa layanan olahraga air.

Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng di Pantai Anyer, sumber: transportasiwisata.blogspot.com

Apabila Anda ingin melihat keindahan Pantai Anyer dari Ketinggian, Anda hanya perlu mengunjungi Mercusuar Cikoneng, Anyer. Letaknya berada di Kampung Anyer Kidul. Mercusuar yang memiliki ketinggian mencapai 60 meter ini terdiri dari 15 lantai berjendela. Untuk sampai di puncak Mercusuar Cikoneng Anda memerlukan tenaga yang cukup, tetapi semua lelah yang anda rasakan akan terbayar ketika Anda melihat indahnya Pantai Anyer dari ketinggian.