Menelusuri Pantai Tambakrejo Di Kota Blitar

Pantai Tambakrejo yang ada di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur adalah salah satu pantai yang banyak dilirik oleh para penikmat perjalanan tatkala sedang berkunjung ke daerah yang sarat akan dokumentasi serta peninggalan Bung Karno yang terkenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia. Secara umum, beberapa destinasi wisata yang ada di Blitar diantaranya Makam Bung Karno, Istana Gebang, Water Park Sumberudel, dan Pantai Tambakrejo.

Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo yang ada di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur, sumber: matajatim berbagi tempat wisata,budaya,wisata islami

Pantai Tambakrejo terletak di selatan Kota Blitar dengan jarak sekitar 30 Km dari pusat kota. Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan untuk dapat tiba di kawasan wisata Pantai Tambakrejo ini. Secara administratif, pantai ini lokasinya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Pantai yang satu ini diberi nama sesuai dengan desa dimana pantai ini berada, yaitu Tambakrejo.

Di Blitar terdapat sebuah hal unik yang dikenal sebagai budaya Larung Sesaji, yaitu prosesi ritual yang diadakan setiap tahun tepat pada tahun Baru Islam. Acara tersebut diawali dengan sebuah tari – tarian dan membawa 2 tumpeng agung yang terdiri dari nasi beserta lauk pauknya dan aneka hasil bumi yang selanjutnya digiring menuju pantai. Setelah itu, doa akan dibacakan oleh sesepuh dan keseluruhan sesajen yang telah disiapkan sebelumnya akan dilarung ke laut. Ritual Larung Sesaji ini diadakan untuk melestarikan budaya Jawa, sekaligus pula sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan dan berharap terhindar dari segala marabahaya.

Ritual Larung Sesaji
Ritual Larung Sesaji yang diadakan untuk melestarikan budaya setempat, sumber: INITEMPATWISATA.com

Ada sejumlah kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai Tambakrejo di Kota Blitar. Selain panorama pantai yang indah, air lautnya terbilang bersih dengan warna kebiruan serta hamparan pasir putih yang memanjang hingga 10 Km. Ombak laut yang dimiliki Pantai Tambakrejo tidak terlalu besar, sehingga Anda dapat bermain dan berenang di pantai tersebut. Meski demikian, tentu saja jika putera – puteri Anda bermain di tepian pantai, Anda harus tetap mengawasi mereka untuk mengantisipasi hal – hal yang tak terduga.

Di bagian bibir pantai, juga terdapat kampung nelayan dengan sejumlah perahu yang mereka miliki. Melaut adalah sumber mata pencarian beberapa penduduk di sekitar pantai. Hal inilah yang menyebabkan kawasan di sekitar Pantai Tambakrejo ini menjadi tempat pelelangan ikan dan pasar ikan. Anda bahkan dapat secara langsung membeli ikan – ikan segar hasil tangkapan para pelayan yang ada disana. Beberapa santapan ikan bakar yang lezat dapat Anda temukan di pantai ini. Anda juga dapat menyewa perahu yang tersedia disana. Tentunya dengan ini, Anda akan mendapatkan pengalaman rekreasi yang berkesan dengan berkeliling pantai, menyaksikan panorama, dan berfoto mengabadikan momen indah bersama keluarga maupun pasangan. Untuk menikmati semua kegiatan tersebut, Anda cukup membayar dengan harga Rp 5.000 rupiah per orang. Satu perahu yang Anda naiki dapat memuat hingga 10 orang.

 perahu nelayan
Beberapa perahu nelayan yang dapat Anda sewa untuk berekreasi di Pantai Tambakrejo, sumber: INITEMPATWISATA.com

Di kala akhir pekan dan hari libur, Pantai Tambakrejo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk dapat memasuki objek wisata di Kota Blitar yang satu ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Tambakrejo sebesar Rp 2.000 per orang. Fasilitas di kawasan wisata Pantai Tambakrejo juga telah cukup memadai untuk menerima kunjungan wisatawan. Terdapat kamar mandi, mushola, hingga sejumlah pedagang makanan dan minuman di sekitar pantai. Jika ingin menikmati sore hari di kawasan pantai ini, maka pesona sunset di Pantai Tambakrejo akan hadir menemani Anda.

sunset di Pantai Tambakrejo
Suasana indahnya sunset di Pantai Tambakrejo, sumber: INITEMPATWISATA.com

Beberapa hotel terdekat yang dapat Anda tempati agar dapat pergi ke Pantai Tambakrejo diantaranya adalah Hotel Tugu Blitar, Patria Garden Hotel, serta Patria Palace Hotel. Tetapi jika Anda ingin sebuah penginapan yang tak jauh dari bibir Pantai Tambakrejo, Anda dapat menginap di Pesanggrahan Tambakrejo. Fasilitas menginap yang memadai serta suguhan lanskap pantai yang indah adalah keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Hotel tugu
Hotel Tugu yang dapat Anda pilih sebagai tempat menginap di Kota Blitar untuk mengunjungi Pantai Tambakrejo, sumber: TripAdvisor

Untuk dapat berkunjung ke Pantai Tambakrejo, jika Anda berangkat menggunakan angkutan umum ke Pantai Tambakrejo, maka dari terminal bus kota Blitar Anda dapat menggunakan angkutan pedesaan yang menuju ke Gawang. Perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekitar 1 – 2 jam perjalanan. Lamanya perjalanan akan tergantung supir angkutan, karena kerapkali angkot berhenti dan menunggu penumpang selama dalam perjalanan. Tetapi, jam operasional angkutan pedesaan ini hanya berakhir hingga sore hari saja. Jika Anda ingin waktu yang fleksibel, maka sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang ada di sekitar Kota Blitar. Hal tersebut merupakan cara terbaik untuk menikmati pengalaman wisata di Pantai Tambakrejo.