Mengenal Lebih Dekat Wisata Budaya Saung Angklung Udjo

Mendidik buah hati mungkin bukanlah hal yang mudah terlebih jika buah hati anda lebih menyukai bermain. Saat ini beberapa orang tua mungkin akan sedikit merasa senang dengan kehadiran salah satu tempat wisata yang mendidik. Tempat wisata ini berada di Bandung yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat. Tempat ini dikenal dengan nama Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka nomor 118, Kota Bandung.

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo, sumber: reportaseharga.com

Saung Angklung Udjo memiliki tempat yang unik, menarik dan tentunya nyaman sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan dan hari libur. Saat ini Saung Angklung Udjo dikelola oleh putra – putri dari pemilik sebelumnya yang merupakan pendiri tempat wisata ini yang bernama Udjo Ngalagena atau lebih dikenal dengan panggilan Mang Udjo bersama istrinya yang bernama Uum Sumiati.

 Mang Udjo
Udjo Ngalagena atau lebih dikenal dengan panggilan Mang Udjo yang merupakan pendiri Saung Angklung Udjo, sumber: marshmallowlady.wordpress.com
Pertunjukan tari dan angklung yang rutin diadakan di Saung Angklung Udjo
Pertunjukan tari dan angklung yang rutin diadakan di Saung Angklung Udjo, sumber: reportaseharga.com

Jika berkunjung ke Saung Angklung Udjo anda tidak hanya dapat melihat pertunjukan angklung, tetapi disana anda akan mengenal lebih jauh dengan kesenian khas Jawa Barat. Untuk dapat menyaksikan pertunjukan seni di Saung Angklung Udjo, anda dapat menyaksikannya setiap hari mulai pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB. Pertunjukan seni ini bahkan tidak hanya tampil di Saung Angklung Udjo saja, tetapi dapat menerima undangan di berbagai tempat. Berikut ini pertunjukan yang dapat anda saksikan di Saung Angklung Udjo, yaitu:

Angklung Orkestra

Pada pementasan angklung orkestra ini, akan dimainkan berbagai jenis lagu mulai dari balonku, twinkle – twinkle little star, lagu – lagu dangdut dan lagu daerah Indonesia.

Helaran

Helaran biasanya dimainkan untuk upacara tradisional khitanan dan upacara panen padi.

Demonstrasi wayang golek

Pementasan sandiwara boneka kayu khas Sunda yang menyerupai manusia lengkap dengan kostum yang dipakainya. Setiap pementasan wayang golek ini selalu memiliki pesan moral yang dapat dipahami oleh setiap pengunjung.

Bermain angklung bersama

Pengunjung juga diberi kesempatan untuk bermain angklung. Anak – anak bimbingan Saung Angklung Udjo akan meminjamkan beberapa angklung dengan berbagai nomor. Dengan bimbingan dan instruksi dari Saung Angklung Udjo dalam waktu yang amat singkat penonton dapat memainkan beberapa lagu dengan angklung tersebut.

Menari bersama

Di akhir acara, anak – anak yang bergabung dengan Saung Angklung Udjo akan mengajak pengunjung untuk menari dan bernyanyi bersama.

Tari Topeng

Tarian ini merupakan tarian khas Cirebon yang diperagakan oleh wanita. Awalnya beberapa penari akan menari tanpa menggunakan topeng. Cerita dari tarian ini adalah seorang pembawa berita dari Majapahit sedang menyelidiki keadaan Kerajaan Blambangan. Kemudian mereka mulai menari memakai topeng dengan cerita si pembawa berita menyamar menjadi seorang pria yang gagah untuk melawan Prabu Menakjingga.

Untuk dapat menyaksikan pertunjukan diatas, pengunjung dapat membeli tiket pertunjukan dengan harga sebagai berikut:

  • Dewasa (WNI): 60.000 Rupiah
  • Dewasa (WNA): 100.000 Rupiah
  • Pelajar (WNI): 40.000 Rupiah
  • Pelajar (WNA): 60.000 Rupiah
  • Anak – anak di bawah 3 tahun: gratis
Pertunjukan Angklung
Pertunjukan Angklung di Saung Angklung Udjo, sumber: hikmahtranstourtravel.blogspot.com
saung angklung udjo
Suasana Saung Angklung Udjo Bandung, sumber: travel.grivy.com
Pembuatan Angklung
Proses pembuatan angklung di Saung Angklung Udjo, sumber: hellobandungku.com

Harga diatas berlaku untuk hari kerja, akhir pekan dan hari libur. Tiket pertunjukan yang anda dapatkan akan ditambah dengan minuman dan souvenir berupa gantungan kunci berbentuk angklung. Selain menggelar beberapa pertunjukan seni, Saung Angklung Udjo juga menjual beberapa alat musik bambu tradisional seperti angklung, calung, arumba, dan lain – lain. Untuk dapat berkunjung dan melihat pertunjukan yang ada di Saung Angklung Udjo, anda dapat mengikuti rute seperti di bawah ini:

  1. Apabila anda berangkat dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda hanya perlu melewati tol Jakarta – Bandung dan keluar melalui pintu tol Pasteur. Kemudian setelah keluar pintu tol Pasteur, anda hanya perlu menuju ke fly over untuk melintasi Jalan Surapati dan Jalan Ph. Hasan Mustapa. Setelah melintasi kedua jalan tersebut, anda akan melihat papan penunjuk jalan yang mengantarkan anda ke Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka.
  2.  Apabila menggunakan angkot dari Jalan Surapati Anda dapat menaiki angkot nomor 06 rute Ciroyom – Cicaheum kemudian turun di perempatan Padasuka, lalu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter atau menggunakan ojek untuk menuju Saung Angklung Udjo.