Mengetahui Beberapa Pantai Indah Di Pulau Bangka

3

Pulau Bangka merupakan salah satu daerah penghasil timah dan lada putih di Indonesia. Dibalik hal tersebut ternyata pulau ini memiliki sejumlah pantai yang memikat, di antaranya Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, dan Pantai Pasir Padi. Pulau Bangka memang terkenal akan panorama lautnya yang menawan. Perjalanan wisata ke Pulau Bangka akan sangat tepat dilakukan di kala musim panas serta ombak laut yang relatif tenang, oleh karena itu Anda dapat mengunjung pulau ini pada medio April hingga September. Kegiatan wisata pantai di Pulau Bangka dalam kondisi cuaca cerah membuat Anda betah berlama – lama menikmati berbagai macam pesona khas serta keindahan pantai yang ada disana. Berikut ini adalah sejumlah pantai paling memikat yang dapat Anda temui dalam perjalanan wisata Anda ke Pulau Bangka yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung:

  1. Pantai Pasir Padi
pantai pasir padi
Keindahan Pantai Pasir Padi, sumber: PegiPegi

Pantai Pasir Padi adalah sebuah pantai yang berjarak sekitar 7 Km dari kota Pangkalpinang. Pantai ini adalah pantai yang memiliki jarak paling dekat dari Bandara Pangkalpinang. Tempat wisata di Pulau Bangka yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kepulauan Bangka Belitung. Tak ayal jika Anda berkunjung ke pantai ini, maka Anda akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi.

Pantai Pasir Padi memiliki pasir yang menyerupai bulir – bulir padi,  hal inilah yang menyebabkan pantai ini dinamakan sebagai Pantai Pasir Padi. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi ini, Anda harus membayar tiket masuk pantai Pasir Padi sebesar Rp 10.000 per orang. Di kawasan Pantai Pasir Padi, tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap, seperti hotel berbintang, restoran, hingga warung makan yang sangat mudah Anda temui.

  1. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Salah satu pemandangan yang ada di Pantai Parai Tenggiri, sumber: Travel detik

Pantai ini berada di Kecamatan Sungailiat yang berjarak sekitar 40 Km dari Kota Pangkalpinang. Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu pantai yang populer di Pulau Bangka. Dengan kontur yang landai dan ombak yang tenang, Anda dapat melakukan banyak kegiatan wisata di Pantai Parai Tenggiri. Diantaranya berenang, bermain di bibir pantai, hingga olahraga air. Beberapa kegiatan tersebut dapat Anda lakukan di pantai ini. Keberadaan batu – batu granit yang besar di kawasan pantai memberikan Anda sebuah panorama alam yang begitu indah. Batu – batu granit tersebut adalah sesuatu yang menjadi khas dari Pantai Parai Tenggiri ini. Jika Anda ingin memancing di tengah laut, pergilah ke tempat penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan semua peralatannya. Anda akan mendapatkan pengalaman memancing yang seru disana. Jika ingin mencoba permainan air, maka tersedia banana boat hingga parasailing yang dapat Anda sewa.

  1. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona
Suasana sunset di salah satu sudut Pantai Tanjung Pesona, sumber: TravelBabel

Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Pulau Bangka. Waktu tempuh menuju pantai ini hanya sekitar 15 menit dari Kota Sungailiat atau 45 menit dari Kota Pangkalpinang. Pantai yang terletak di Desa Rambak, Sungailiat ini memiliki banyak wahana permainan yang memikat. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini, terlebih jika Anda berkunjung bersama buah hati Anda. Selain itu, berbagai permaianan dan olahraga air juga turut menambah daya tarik tempat wisata di Pulau Bangka yang satu ini. Di pantai ini Anda dapat bermain kano, banana boat, jetski, berenang, bermain pasir, hingga memancing. Jika Anda ingin memancing, Anda hanya perlu menyewa speedboat untuk menuju ke tengah laut dan menyewa peralatan memancing yang telah disediakan bagi Anda yang tidak membawa peralatan tersebut.

  1. Pantai Tikus
Pantai Tikus
Keindahan Pantai Tikus, sumber: Objek Wisata di Bangka Belitung | Wisata Belitung

Pantai Tikus adalah sebuah pantai di Pulau Bangka yang masih tergolong alami, serta cukup terjaga dari gangguan tangan – tangan manusia. Panorama indah pantai ini terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang kebiruan. Di puncak bukit, Anda akan menyaksikan adanya sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat dan menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.

  1. Pantai Matras
Pantai Matras
Pantai Matras yang merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di Pulau Bangka, sumber: IndonesiaWisata.info

Pantai Matras memiliki kontur yang landai, serupa dengan Pantai Parai Tenggiri. Pantai yang ada di Pulau Bangka ini memiliki keunggulan panorama pantai yang kuat. Pantai yang terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat ini hanya berjarak sekitar 40 Km dari ibukota Provinsi Babel, Pangkalpinang dan hanya berjarak sekitar 7 Km dari Kota Sungailiat. Pantai Matras memiliki hamparan pasir yang halus dan ditambah dengan lambaian nyiur pantai yang mempesona. Keberadaan aliran sungai di kawasan pantai ini menambah daya tariknya yang menawan. Menikmati panorama di Pantai Matras sungguh sangat menyenangkan, Anda dapat menyewa bungalow sederhana yang nyaman untuk bersenang – senang di pantai ini.