Menikmati Onigiri Di Bandung

Menikmati Onigiri Di Bandung

By G-Traveler

Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Tentunya dengan hal ini menjadikan Bandung merupakan kota yang dipenuhi oleh beberapa masakan kuliner. Salah satunya makanan khas Jepang yang telah lama populer di Indonesia, yaitu Onigiri. Onigiri yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan nasi kepal. Bagi anda yang menyukai film-film produksi negeri sakura ini pasti sudah pernah melihat dan mengetahui apa itu Onigiri. Sejarah Onigiri pertama kali ditemukan tahun 1987 pada zaman Yayoi, yaitu zaman pembagian periode sejarah Jepang pada abad ke-8 sebelum Masehi hingga abad ke-3 Masehi. Pada zaman dahulu kalangan wanita di istana kaisar menyebut Onigiri dengan nama lain, yaitu Omusubi.

Onigiri

Onigiri, sumber: en.wikipedia.org

Onigiri

Onigiri, sumber: sg.sushiandsake.net

Onigiri merupakan makanan khas Jepang yang berbahan utama nasi putih. Tidak hanya nasi putih saja, bisa juga menggunakan nasi yang dicampur kacang – kacangan, jamur dan sayuran. Nasi – nasi yang digunakan untuk membuat Onigiri harus nasi panas/hangat yang baru selesai dimasak, kemudian  dipadatkan dengan tangan dan bisa dibuat dalam berbagai bentuk. Mulai dari segitiga, kotak, bulat dan berbagai bentuk lainnya. Umumnya, Onigiri berbentuk segitiga.

Onigiri

Onigiri, sumber: www.gnavi.co.jp

Biasanya, Onigiri yang sudah jadi dibungkus dengan lembaran rumput laut atau nori dan diisi dengan beragam macam lauk. Contohnya ikan – ikanan, udang, saus mayonnaise, gorengan, daun bawang, telur ikan, dan lain-lain pada bagian tengah nasi. Awalnya Onigiri hanyalah sebuah nasi yang dikepal lalu ditambah dengan garam sebagai penambah rasa, tetapi sekarang sudah banyak sekali jenis-jenis Onigiri, seperti Onigiri tanpa nori, Onigiri pedas, dan masih banyak lagi jenisnya. Anda bisa menciptakan berbagai jenis Onigiri sesuai dengan selera dan bentuk yang diinginkan. Biasanya Onigiri bisa digunakan sebagai bekal makan siang dan ada juga yang dimasukkan ke dalam bento (nasi kotak).

Onigiri

Onigiri, sumber: recipes.sparkpeople.com

Onigiri

Onigiri, sumber: www.ippinka.com

Tidak seperti makanan Jepang pada umumnya yang dimakan dengan menggunakan sumpit, Onigiri dimakan dengan menggunakan tangan bukan sumpit. Saat ini Anda juga dengan mudah bisa mendapatkan Onigiri tidak hanya di restoran saja bahkan di supermarket atau kedai – kedai kecil juga sudah tersedia. Untuk dapat menikmati makanan khas negeri sakura di Bandung khusunya Onigiri anda dapat datang ke beberapa restoran di bawah ini:

  1. Sushi Boon

Sushi Boon terletak di Jl. Ir. H. Juanda No. 138. Lokasinya yang strategis serta rasanya yang nikmat membuat restoan Jepang ini tidak pernah sepi pengunjung.

  1. Takoyaki Indonesia

Takoyaki Indonesia terletak di Carrefour Mollis, Carrefour Paris van Java, dan Paskal Hyper Square. Aneka hidangan di sini sangat aman dikonsumsi karena 100% halal. Yang paling terkenal dari masakan di sini adalah aroma seafoodnya yang sangat lezat.

  1. Hanamasa

Hanamasa terletak di Jl. Merdeka No. 39-41. Banyak orang beranggapan Hanamasa memiliki pelayanan yang baik serta cita rasa yang lezat.

  1. Kantin Jepang 96

Restoran jepang yang hanya buka siang hari ini terletak di Jl. Ciumbuleuit No. 96, tepat di samping kampus UNPAR.

  1. Iki Mura

Restoran yang buka mulai sore hari ini menyediakan beberapa menu masakan khas Jepang. Jika restoran Jepang identik dengan harga tinggi, tidak demikian di Iki Mura. Restoran yang terletak di dekat kampus IAIN Cibiru ini memang terbilang memiliki harga yang murah meriah sehingga merupakan salah restoran yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa.

Selain dapat membelinya di beberapa restoran, Onigiri dapat anda racik sendiri dirumah. Berikut cara membuat Onigiri sederhana yang bisa anda buat di rumah:

  1. Siapkan bahan – bahannya terlebih dahulu: nasi, nori, isi untuk onigiri (sesuai selera), garam dan air
  2. Basahi kedua telapak tangan anda terlebih dahulu dengan sedikit air, agar nasi tidak menempel di tangan
  3. Ambil segenggam nasi kemudian anda kepal – kepal dan dipadatkan
  4. Masukkan isi Onigiri pada bagian tengah kemudian anda kepal – kepal kembali agar isinya bisa berada di dalam Onigiri
  5. Bentuk Onigiri sesuai dengan selera segitiga, bulat, kotak, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memberikan sedikit garam pada nasi saat mengepal. Garam bisa diganti dengan lada atau penyedap rasa lainnya.
  6. Setelah berbentuk, bungkus Onigiri dengan nori sesuai dengan selera. Bisa dibungkus seluruhnya atau hanya bagian bawah saja
  7. Onigiri siap untuk dihidangkan

Sumber: www.infopedas.com