Menikmati Wisata Alam Di Ranca Upas

Menikmati Wisata Alam Di Ranca Upas

By G-Traveler

Keberadaan destinasi wisata Ranca Upas Ciwidey membuktikan bahwa Bandung masih menjadi salah satu tujuan destinasi kegiatan wisata alam yang populer di Indonesia. Kawasan Ranca Upas Ciwidey di Bandung selalu menyedot jumlah kunjungan wisatawan yang besar dari waktu ke waktu. Tempat wisata yang lebih terkenal dengan sebutan Kampung Cai Ranca Upas adalah sebuah perkampungan yang terletak di tengah – tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung atau berjarak sekitar 50 Km dari arah selatan pusat Kota Bandung.

Ranca upas

Sinar matahari pagi yang bersinar cerah di Ranca Upas, sumber: blog.reservasi.com

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey memiliki luas lahan kurang lebih 215 hektar dan berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut,  hal inilah yang menyebabkan udara di tempat wisata ini sangat sejuk dan melegakan. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia nama Kampung Cai dapat diartikan sebagai Desa Air, sehingga tak jarang jika sebagian pengunjungnya menyebut kawasan ini dengan nama Desa Air Ranca Upas.

Di sekitar lokasi perkampungan adalah areal hutan lindung dimana banyak terdapat jenis pepohonan yang jarang dijumpai, seperti pohon Puspa, Huru, Pasang, Hamirung, Kurai, Jamuju, Kitambang, dan Kihujan. Tak hanya itu, kawasan ini juga kaya akan kehidupan berbagai macam fauna. Anda dapat menyaksikan populasi burung dan satwa – satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan.

suasana malam ranca upas

Menikmati keindahan malam Ranca Upas ditemani cahaya bintang yang bersinar terang, sumber: INITEMPATWISATA.com

Kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey awalnya adalah bumi perkemahan yang sekaligus pula sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas. Dengan kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas menarik ditambahkan di kawasan ini, seperti War Games, ATV, dan Kolam Renang Air Hangat.

Salah satu aktivitas populer yang biasa dilakukan disana adalah mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis). Di tempat penangkaran rusa tersebut Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Areal pengangkaran Rusa Jawa ini berada pada luas lahan kurang lebih 5 hektar. Kegiatan populer yang dilakukan wisatawan di tempat ini adalah memberi makan rusa – rusa tersebut dengan sayuran dan wortel yang telah disediakan.

kawanan rusa di ranca upas

Kawanan Rusa Jawa yang ada di Ranca Upas, sumber: INITEMPATWISATA.com

Cervus Timorensis atau Rusa Jawa yang ditangkar di hutan lindung kawasan Ranca Upas Ciwidey memiliki bulu indah coklat kemerahan, sementara bulu leher dan kaki terlihat sedikit lebih terang. Awalnya, kawasan Ranca Upas hanya terdapat 11 ekor rusa saja dengan 5 diantaranya betina, tetapi setelah bertahun – tahun dipelihara dan dibiarkan bebas berkeliaran lahirlah bayi – bayi rusa yang menambah jumlah populasi rusa jawa yang ada di Kawasan Ranca Upas Ciwidey ini. Area penangkaran Rusa Jawa ini juga terhubung dengan lokasi kegiatan wisata lainnya, yaitu area Outbound Tegal Kawani. Di tempat ini Anda dapat berkemah dengan sejumlah akomodasi dan fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

Kawasan outbound Ranca Upas

Kawasan outbound Ranca Upas, sumber: Dolanmu.com

Jika Anda benar – benar ingin menikmati suasana alam yang natural, cobalah berkemah di Ranca Upas Ciwidey ini. Untuk kebutuhan logistik, Anda bisa membawa sendiri dari rumah atau dapat membelinya di warung – warung yang ada di sekitar lokasi perkemahan. Di warung – warung tersebut, tersedia berbagai jenis makanan, aneka cemilan, hingga kayu bakar untuk memasak atau membuat api unggun. Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan berkemah, Anda dapat menyewa peralatan seperti tenda, sleeping bed, dan lain – lain dengan harga sewa yang terbilang cukup murah.

Tak hanya berkemah, di kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti mandi bersama anggota keluarga di pemandian air panas. Jika ingin yang lebih seru lagi, tersedia juga kano yang siap membawa Anda berkeliling danau. Beberapa kegiatan yang disukai lainnya, misalnya aktivitas trekking di bukit, bermain paint ball, hingga bersepeda.

Bumi perkemahan Ranca Upas

Bumi perkemahan Ranca Upas, sumber: Wisatasenibudaya.com

Sebagai oleh – oleh untuk para kerabat atau keluarga, Anda dapat membeli Dodol Strawberry khas Ciwidey yang dijual di kawasan Ranca Bali Ciwidey. Dodol ini diproduksi sendiri oleh penjualnya yang rata – rata memiliki kebun strawberry sendiri. Dodol tersebut dibuat dari bahan alami, tanpa pengawet atau bahan kimia lainnya sehingga sangat aman dan nikmat untuk dikonsumsi.

Dodol strawberry

Dodol strawberry khas Ciwidey, sumber: Yuriberry

Jika Anda ingin menginap di kawasan Ranca Upas Ciwidey tanpa mau berkemah, maka tersedia sejumlah hotel atau penginapan yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah d’Riam Riverside Resort Ciwidey (Dream Hotel) dan Kampung Pa’go atau Anda dapat mencari penginapan di Kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey ini secara online.

Dari pusat Kota Bandung sendiri untuk menuju Kampung Ranca Upas Ciwidey, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 50 kilometer ke arah selatan Bandung. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi. Jalan utama yang harus dilewati adalah jalan selatan Bandung yang menuju ke arah Soreang. Soreang sendiri merupakan ibukota Kabupaten bandung. Dari Soreang lalu dilanjutkan menuju ke arah Ciwidey. Jika Anda singgah untuk mengunjungi tempat wisata Ciwidey lainnya, seperti Situ Patenggang dan Kawah putih maka jarak perjalanan yang tersisa ke Ranca Upas hanya tinggal 6 kilometer lagi dengan waktu perjalanan sekitar 10 menit.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan alat transportasi umum menuju Kawasan Wisata Ranca Upas Ciwidey. Jika menggunakan transportasi umum, Anda terlebih dulu harus pergi ke terminal Bus Leuwipanjang, selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan bus menuju arah Ciwidey. Setiba di terminal Ciwidey, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kampung Cai Ranca Upas menggunakan angkot.