Pantai Kartini, Pantai Indah Di Jepara

26

Jepara adalah sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini merupakan kelahiran salah satu pahlawan Negara Indonesia yang mempelopori emansipasi wanita dan penulis buku habis gelap terbitlah terang yaitu Raden Adjeng Kartini. Selain itu selama ini kota Jepara terkenal dengan kerajinan ukiran yang khas, tetapi siapa sangka jika ternyata Jepara juga memiliki wisata alam yang terkenal dan sayang untuk Anda lewatkan. Tempat wisata ini diberi nama sesuai dengan nama pahlawan asal kota Jepara tersebut yaitu Pantai Kartini.

Pantai kartini
Pantai Kartini, sumber: anekatempatwisata.com

Pantai kartini terletak di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km ke arah barat Kantor Bupati Jepara. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena berada di jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Pantai Kartini dapat juga diakses melalui kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda memulai perjalanan dari Semarang ambilah rute Semarang – Demak – Jepara. Perjalanan darat ini dapat Anda tempuh menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Jika Anda ingin memiliki waktu yang lebih leluasa, sebaiknya Anda menggunakan mobil dari Semarang.

sunset
Suasana matahari terbenam di Pantai Kartini, sumber: www.panoramio.com

Dari kota Jepara sendiri untuk menuju pantai ini Anda hanya perlu berkendara sejauh 3 km saja. Perjalanan dari Jepara ke Pantai kartini tidak sulit karena dalam perjalanan Anda akan dibantu dengan petunjuk arah yang telah tersedia di sepanjang jalan.

Sesampainya di Pantai Kartini nanti Anda akan menemui dua gerbang pintu masuk. Gerbang pintu masuk yang pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini. Wisatawan yang melalui gerbang ini biasanya akan menuju Pulau Karimun Jawa. Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini. Maka jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini Anda harus masuk melalui gerbang kedua.

pantai kartini jepara
Keindahan Pantai Kartini jika dilihat dari udara, sumber: indonesiaituindah.net

Untuk bisa masuk ke Pantai Kartini Anda harus membayar biaya retribusi sebesar 5.000 Rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan seperti sepeda motor, mobil, atau bus berkisar mulai dari 2.000 Rupiah sampai dengan 12.500 Rupiah. Biaya parkir ini tergantung dari kendaraan apa yang Anda bawa.

Pemerintah daerah setempat memberi nama Kartini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan Raden Adjeng Kartini. Kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering bermain di pantai ini. Pantai Kartini memiliki pasir yang putih dan ombak yang tenang. Pantai ini cocok dikunjungi sebagai wisata keluarga. Selain menawarkan keindahaan panorama alami pantai, ada beberapa wahana yang tersedia di pantai ini.

gazebo
Beberapa gazebo yang ada di Pantai Kartini, sumber: tempatwisataid.com

Berbeda dengan objek wisata pantai lain, di pantai ini bukan hanya keindahan panorama pantai yang ditonjolkan tetapi juga wahana hiburan dan pendidikan. Wahana – wahana tersebut antara lain seperti Kura – kura Ocean Park, wahana bermain anak – anak, kereta mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam kecek, dan masih banyak wahana bermain lainnya. Selain wahana yang telah disebutkan, pemerintah setempat juga akan membangun wahana lain seperti wave house, rumah bajak laut, bianglala, mini bumper boat, kapal pesiar mini, dan lain – lain.

Kura – kura Ocean Park
Kura – kura Ocean Park yang ada di Pantai Kartini, sumber: www.idolanews.com

Dari sekian banyak wahana yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu wahana yang terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kura – kura Ocean Park. Untuk bisa masuk ke dalam wahana ini Anda diwajibkan membeli tiket masuk seharga 17.500 Rupiah per orang.

Kura – kura Ocean park adalah sebuah aquarium raksasa berbentuk kura – kura. Dibangunnya Kura – kura Ocean Park ini adalah sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beraneka ragam. Bangunan Kura – kura Ocean Park ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai pertama di bagian depan digunakan sebagai kantor para pengelola, selain itu di lantai 1 ini juga terdapat beragam stand yang mejual souvenir khas Jepara. Bagi Anda yang berminat untuk membawa cindera mata bagi kerabat, teman kerja, dan keluarga yang ada di rumah, Anda dapat membelinya disini.

Di bagian dalam lantai 1 terdapat taman laut yang terdiri dari sebuah aquarium yang sangat besar dengan lorong misteri bawah laut. Dari dalam lorong tersebut Anda bisa melihat kehidupan bawah laut dengan berbagai ikan berukuran besar. Ikan – ikan yang dapat Anda lihat di lorong ini antara lain Hiu, Dotty Back, Angel Fish, Pari, Giant Trafelly, Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Mimi & Mintuna, Buntal, penyu dan juga terumbu karang. Selain itu terdapat aquarium dinding sebanyak 12 buah dan 4 buah aquarium portable yang berisi beragam ikan air laut dan tawar yang berukuran kecil. Tersedia juga papan informasi touch screen yang akan membantu Anda mengenal lebih jauh tentang Jepara.

pemandangan pantai kartini
Pemandangan Pantai Kartini dari rooftop homestay Kota Baru, sumber: rachmatprasetyo.wordpress.com

Di lantai ini juga terdapat sebuah touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura. Anda diijinkan untuk menyentuh kura – kura jinak yang ada di kolam ini. Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi fish spa bisa merendamkan kaki Anda di kolam fish spa yang berisi ribuan ikan Garra Rufa dari Turki.

Sedangkan di lantai 2, Anda akan disuguhi Jepara Sciece Park yang terdiri dari Papan Kreatif, Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak, Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, Simulator Pesawat Terbang, dan lain – lain. Di lantai ini juga Anda bisa menikmati pertunjukan IMAX Deep Sea 3D yang menarik.