Pantai Menganti, Pantai Indah Yang Tersembunyi

13

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai yang terletak sekitar 35 KM dari kota Gombong dan 42 KM dari kota Kebumen ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Karena hal tersebut pantai yang memiliki keindahan hamparan pasir putihnya ini mulai banyak dikunjungi para wisatawan saat ini. Akses menuju pantai ini memiliki kontur tanah yang berliku serta naik turun dan belum adanya lampu penerangan jalan pada malam hari sehingga diperlukan kewaspadaan bagi para pengunjungnya.

Akan tetapi para pengunjung akan dibuat terpesona akan keindahan pemandangan dari atas tebing-tebing karst, karena pemandangan disini benar-benar menampilkan suatu keindahan alam yang luar biasa, seperti perbukitan yang hijau dan hamparan lautan yang cukup luas terlebih jika waktu matahari terbenam para pengunjung dapat menikmati sunset dari atas tebing-tebing karst.

pantai menganti

Di Pantai Menganti para wisatawan dapat menikmati kelezatan beberapa olahan laut yang segar, karena beberapa masakan yang dihidangkan merupakan ikan-ikan segar yang langsung dapat diperoleh dari tangkapan nelayan seperti ikan cakalang, ikan Kakap, Udang, Cumi-cumi, dll. Selain dapat menikmati beberapa masakan yang dihidangkan para wisatawan dapat membeli dan membawa beberapa tangkapan nelayan yang tersedia di pasar ikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat.

Sunset Di Pantai Menganti

sunset di pantai menganti

Saat musim penghujan tiba tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian sekitar 30 meter. Selain air terjun tersebut ada tempat yang perlu dikunjungi jika berkunjung ke Pantai Menganti yaitu menara mercusuar buatan Belanda (1912-1915) setinggi 20 meter dan Tanjung Karang Bata yang terletak di Timur-Tenggara Pantai Menganti. Di Tanjung Karang Bata para pengunjung dapat melihat keindahan Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Selain itu di tempat ini disediakan gubug-gubug untuk berteduh dari terik sinar matahari. Di Tanjung Karang Bata ini selain dapat melihat Samudera Hindia dan Pulau karang para pengunjung juga dapat melihat keindahan Pantai Karangbata dan Pantai Pecaron di sebelah timur.

Menara Mercusuar

pantai pecaron

tanjung karang bata

Dengan adanya daya tarik dari Pantai Menganti ini Pemerintah Kabupaten Kebumen sudah mulai berbenah yaitu salah satunya dengan perbaikan jalan akses menuju Pantai Menganti dan beberapa fasilitas-fasilitas lain yang dapat dinikmati. Untuk para pengunjung yang datang dari luar kota tidak usah cemas karena beberapa penginapan sudah tersedia di sekitar lokasi wisata Pantai Menganti. Di Kabupaten Kebumen selain dapat menikmati Pantai Menganti pengunjung juga dapat menikmati pantai-pantai indah lainnya, seperti Pantai Pecaron, Pantai Karangbata, Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Pantai Ayah, Pantai Karang Agung, Pantai Petanahan, dll. Selain menikmati wisata pantainya pengunjung dapat menikmati wisata yang dimiliki Kabupaten Kebumen Lainnya, seperti Waduk Sempor, Bukit Pranji, Benteng Van der Wijck, Curug Silancur, Goa Barat, Goa Jatijajar.