Pantai Pelang, Pesona Alam Di Kabupaten Trenggalek

68

Pantai Pelang adalah salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jawa Timur, di kawasan wisata Pantai Pelang ini Anda dapat menyaksikan perpaduan harmonis antara objek pantai, air terjun, goa, bukit – bukit dan hutan yang cukup lebat. Lokasi Pantai Pelang Trenggalek secara administratif masuk pada wilayah Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul di Kabupaten Trenggalek. Dari pusat kota Trenggalek, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 56 Km. Sementara dari Kota Blitar, Pantai Pelang berjarak sekitar 118 Km.

Pantai Pelang
Indahnya Pantai Pelang di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, sumber: Kabar Berita Trenggalek

Pantai berelief landai dengan hamparan pasir kecoklatan ini memiliki sebuah pulau batu kecil yang terletak dekat dari bibir pantai, sebuah hal yang sama persis dengan Tanah Lot di Bali. Topografi kawasan wisata Pantai Pelang Trenggalek berada pada lembah yang dikelilingi bukit – bukit dan tebing – tebing yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan suasana sejuk akan terasa menghampiri Anda ketika berjalan menuju pantai tersebut. Sebelum mencapai pasir pantai, Anda terlebih dahulu harus melewati sebuah jembatan di atas sebuah sungai air tawar.

Pantai Pelang di Trenggalek memiliki garis pantai sepanjang 2 Km dengan luas sekitar 10 hektar. Pantai ini sejatinya memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Trenggalek yang populer. Untuk dapat masuk, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Pelang sebesar Rp 8.000 per orang.

Pantai Pelang Trenggalek
Pesona Pantai Pelang Trenggalek, sumber: info wisata terbaru

Ombak di Pantai Pelang relatif tenang, namun Anda tidak diperbolehkan untuk berenang disana. Hal ini mengingat tidak adanya penjaga pantai yang berjaga – jaga untuk memonitor dan membantu ketika Anda memerlukan bantuan. Dengan hal tersebut di kawasan pantai ini banyak tertulis larangan untuk tidak mandi di pantai. Aktivitas paling populer yang dilakukan wisatawan di Pantai Pelang adalah menikmati panorama unik di pantai tersebut. Menyaksikan lanskap indah pantai dari atas perbukitan adalah cara terbaik untuk menemukan pesonanya. Tersedia gardu – gardu pandang yang akan memudahkan wisatawan menikmati panorama Pantai Pelang. Pemandangan di sekitar pantai terbilang unik dengan hamparan bebatuan besar di tepian pantai serta pulau – pulau mungil di tengah laut, ditambah ombak kecil silih berganti menyapu pasir pantai.

Meski Pantai Pelang belum dikembangkan secara optimal oleh pemerintah lokal, Anda masih dapat menjumpai sejumlah fasilitas standar, seperti kamar bilas, tempat MCK, Mushola, dan areal parkir. Di kawasan pantai ini juga terdapat arena bermain anak dan bumi perkemahan. Satu hal yang tak kalah penting, Anda tidak akan sulit menemukan tempat membeli makanan di Pantai Pelang karena banyak tersedia warung – warung makanan.

Tidak hanya menikmati horizon indah pantai dari gardu pandang, Anda masih dapat mengeksplorasi pesona yang dimiliki Pantai Pelang ini. Anda dapat berjalan sejauh 300 meter untuk menjumpai sebuah air terjun yang oleh masyarakat lokal dinamakan sebagai Grobogan Sewu. Air Terjun yang ada di Pantai Pelang ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Dari sela – sela batu karang, air mengalir turun menuju kumpulan batu berwarna keputihan di bagian dasarnya. Wisatawan yang datang biasanya menyempatkan diri untuk mandi dan bermain air. Sebagian diantara wisatawan yang datang lebih banyak menghabiskan waktunya di lokasi air terjun ini ketimbang menikmati panorama pantai. Konon, air terjun ini dipercaya berkhasiat untuk membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Grobogan Sewu
Pesona Grobogan Sewu, sumber: Trip Jalan Jalan
Grobogan Sewu Trenggalek
Menawannya Grobogan Sewu yang ada di dekat Pantai Pelang, sumber: Yukpiknik.com

Selain air terjun, di sekitar Pantai Pelang terdapat sebuah ke Gua yang bernama Gua Pelang. Lokasi gua ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Tetapi tempat yang satu ini masih belum dikembangkan sebagai kegiatan wisata di Pantai Pelang. Jarang sekali wisatawan datang untuk menjelajahi gua tersebut. Selain karena fasilitas penerangan yang masih minim, pemandu untuk menelusuri gua ini masih sangat jarang. Sekitar 1 kilometer sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Pelang, Anda dapat pergi ke Taman Kili – Kili. Taman ini adalah tempat konservasi penyu pantai selatan. Lazimnya setahun sekali, penyu – penyu ini akan dilepaskan kembali ke lautan. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk masuk ke areal konservasi ini.

Tidak ada penginapan di kawasan Pantai Pelang, tetapi Anda dapat mencari tempat menginap di sekitar kota Panggul. Jika Anda ingin bermalam di sekitar pantai tersebut, Anda dapat mendirikan tenda – tenda sebagai tempat beristirahat. Lokasi Pantai Pelang Trenggalek dapat dicapai dengan mengendarai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari pusat kota Trenggalek menuju lokasi Pantai Pelang, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 56 km dengan kondisi jalan yang terbilang cukup bagus. Ketika Anda mengunjungi Pantai Pelang, Anda akan melintasi jalan yang cukup ekstrim karena Anda akan melewati beberapa tikungan – tikungan tajam ditambah tanjakan dan turunan curam dengan jurang di sisi kiri dan kanan jalan.

Terminal bus Trenggalek
Terminal bus Trenggalek, sumber: Seputar Terminal Bus di Indonesia

Bila Anda mengunjungi pantai ini dengan menggunakan bus, maka Anda dapat mengawali perjalanan dari Terminal Bus Trenggalek lalu mengambil bus jurusan Trenggalek – Lorok dan turun di Kecamatan Panggul. Durasi perjalanan untuk mencapai Pantai Pelang akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Pacitan, Anda perlu melewati daerah Lorok agar dapat tiba di Pantai Pelang. Jalan masuk ke pantai ini memiliki panjang sejauh 5 Km dari tepian jalan raya dengan kondisi jalan yang bercampur batu.