Pantai Tanjung Benoa Di Pulau Dewata, Bali

Pantai Tanjung Benoa Di Pulau Dewata, Bali

By G-Traveler

Pulau Bali tak pernah habis habisnya memberikan pesonanya. Mengunjungi Pulau Bali, tentunya Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk tinggal dan menikmati tiap jengkal keindahannya. Selama ini jika Anda mendengar kata Bali, mungkin yang terlintas dipikiran Anda adalah Pantai Kuta, Pantai Sanur, Garuda Wisnu Kencana dan Bedugul. Sebenarnya di Bali terdapat salah satu tempat wisata favorit yang bernama Pantai Tanjung Benoa.

Tanjung Benoa beach

Pantai Tanjung Benoa jika dilihat dari udara, sumber: terraceatkuta.com

Pantai Tanjung Benoa tak kalah populer dibanding beberapa tempat wisata yang telah disebutkan diatas. Tempat wisata yang terletak di sisi selatan Pulau Bali ini memiliki keunikan dengan ujung pantainya yang menyempit. Namun, tentu saja hal ini tak mengurangi keindahan pantai yang terletak di sisi selatan Pulau Bali ini. Pantai ini terletak sekitar 15 Km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan dapat ditempuh sekitar 40 menit berkendara dari Denpasar.

Pantai Tanjung Benoa

Keindahan Pantai Tanjung Benoa, sumber: www.beautytour.info

Pantai Tanjung Benoa memiliki ombak yang tak begitu besar, sehingga cukup ideal untuk kegiatan air seperti parasailing, jet ski, snorkeling dan beberapa kegiatan lainnya. Selain itu, untuk Anda yang datang bersama anak – anak tak perlu khawatir, bermain pasir di tepi pantai juga menjadi kegiatan yang aman dan menyenangkan.

wahana permainan yang ada di Tanjung Benoa

Beberapa wahana permainan yang ada di Tanjung Benoa, sumber: www.balibalibeach.com

Seperti beberapa pantai lainnya yang ada di Pulau Bali, Pantai Tanjung Benoa dahulu merupakan sebuah perkampungan nelayan dan pelabuhan dagang bagi saudagar Cina. Pada tahun 1980an, pantai ini mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata karena menyadari potensi wisatanya yang cukup besar. Dengan hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah lautnya, Pantai Tanjung Benoa diyakini akan menjadi tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Tanjung benoa bali

Pantai Tanjung Benoa yang tidak pernah sepi pengunjung, sumber: www.bali-indonesia.com

Jalan Pratama yang merupakan jalan utama di kawasan ini menjadi jalanan yang paling ramai. Sepanjang Jalan Pratama terdapat deretan penginapan, restoran, toko suvenir dan juga galeri seni. Untuk masalah kuliner, Anda tak perlu khawatir. Di sini terdapat banyak warung makan dengan harga terjangkau sampai restoran mahal berkelas yang sama – sama menyajikan kuliner khas laut yang lezat. Tempat wisata ini tak hanya menawarkan panorama pantai saja, masih ada tempat – tempat menarik yang wajib Anda kunjungi, salah satunya seperti berikut ini:

Perkampungan nelayan

Dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata andalan di Bali bukan berarti kawasan Tanjung Benoa lepas begitu saja dari sejarahnya. Di tempat ini, Anda masih bisa mengunjungi perkampungan nelayan setempat yang terletak di ujung utara semenanjung ini. Awalnya, sebagian besar penduduk di tempat ini memang bekerja senagai nelayan, sampai kemudian kawasan Tanjung Benoa mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata. Sebagian penduduk beralih profesi dengan membuka bisnis di bidang pariwisata.

Di tempat ini, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Desa Pakraman yang merupakan pasar tradisional setempat. Di pasar ini, nelayan menjual ikan segar hasil tangkapannya dengan harga yang lebih terjangkau dibanding membelinya di supermarket terdekat.

Pulau Penyu

Janganlah lupa untuk mengunjungi Pulau Penyu yang merupakan kawasan konservasi penyu di Tanjung Benoa. Dari pantai, Anda perlu berlayar sekitar 30 menit dengan perahu untuk mencapai Pulau Penyu. Perahu yang digunakan untuk berlayar pun cukup unik. Bagian bawah perahu ini terbuat dari kaca transparan. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk melihat keindahan alam bawah laut di perairan Tanjung Benoa.

perahu

Perahu yang akan mengantarkan wisatawan ke Pulau Penyu, sumber: fotowisata.com

Sesampainya di Pulau Penyu, Anda bisa melihat beberapa ekor penyu mulai dari masih berbentuk telur, tukik sampai dengan penyu dewasa. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli cinderamata bertema penyu seperti gantungan kunci, kaos dan topi.

Pasar Malam

Ingin menikmati suasana malam yang berbeda di Bali selain bar dan club malam. Datang saja ke Pasar Malam yang terletak di Jalan Pratama. Di tempat ini Anda bisa menikmati beragam kuliner dengan nuansa khas Bali yang kental. Salah satunya Anda dapat menikmati jajanan dan kopi seduh yang khas dengan diiringi pertunjukan seni Bali. Jangan lupa mencicipi arak khas Bali yang dibuat menggunakan resep dan cara tradisional yang masih terjaga sampai saat ini.

Situs keagamaan

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Bali juga populer dengan budayanya yang kental. Disini terdapat Pura Taman Beji dan Klenteng Caow Eng Bio. Pura Taman Beji merupakan salah satu pura Hindu tertua di kawasan Tanjung Benoa. Pura ini dahulu hanya digunakan oleh keluarga kerajaan saja. Selain arsitektur pura, Anda juga masih bisa menikmati keindahan laut dari tempat ini. Karena fungsinya sebagai tempat ibadah, Anda tidak diperbolehkan masuk ke pura jika berpakaian kurang sopan. Klenteng Caow Eng Bio merupakan klenteng tertua di Tanjung Benoa dan masih berfungsi sampai saat ini. Klenteng ini akan sangat ramai saat perayaan Imlek dan Waisak.