Pesona Pantai Klayar di Pacitan

6

Kabupaten Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukota dari Kabupaten Pacitan adalah Pacitan. Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul.

peta kabupaten pacitan
Peta kabupaten pacitan, sumber : desnantara-tamasya.blogspot.co.id

Pacitan juga dikenal memiliki gua-gua yang indah, diantaranya Gua Gong yang dijuluki gua terindah se-Asia Tenggara, Tabuhan merupakan batu yang dapat mengeluarkan bunyi seperti bunyi Gamelan ketika dipukuli, Kalak adalah sebuah gua pertapaan, dan Luweng Jaran yang diperkirakan sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara. Di daerah pegunungan yang mengelilingi Kabupaten Pacitan seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat – alat purbakala. Selain hal ini karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia Kabupaten Pacitan memiliki pantai – pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa, salah satunya adalah Pantai Klayar.

Pantai klayar
Pantai Klayar, sumber : www.initempatwisata.com

Pantai Klayar adalah sebuah pantai dengan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang mengelilingi pantainya. Pantai ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini berjarak 40 Km ke arah barat dari Kota Pacitan. Walaupun ketenarannya belum dapat menyaingi keteneran Goa Gong yang dijuluki sebagai goa terindah se-Asia Tenggara, akan tetapi pantai ini sudah banyak memikat dan sudah memiliki tempat di hati para pengunjungnya jika datang ke Pacitan. Saat ini Pantai Klayar sudah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Pacitan. Hal tersebut tak akan sia – sia jika sudah melihat langsung keindahan yang dimilki Pantai Klayar.

tebing di pantai klayar
Tebing di Pantai Klayar, sumber : www.tripadvisor.com

Pasir putih yang terhampar begitu luas, tebing – tebing yang menjulang tinggi serta pemandangan yang begitu indah membuat pengunjung akan terbawa suasana untuk menikmati Pantai Klayar dengan berbagai macam cara. Ada yang memanfaatkan keindahan pantai ini sebagai tempat untuk berfoto bersama sang kekasih, pengambilan foto professional, liburan bersama keluarga, dan lain – lain. Terdapat tebing tinggi yang menjadi ikon pantai ini.

Saat ini sudah banyak wisatawan yang datang baik warga asli pacitan maupun wisatawan yang datang dari berbagai kota yang berada jauh dari Kabupaten Pacitan, bahkan sudah ada beberapa wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Pantai Klayar. Akses menuju Pantai Klayar saat ini membutuhkan kejelian yang benar-benar menguras konsentrasi, karena jalan yang mengantarkan pengunjungnya ke Pantai Klayar adalah jalan berbatu. Walaupun awalnya jalan yang dilewati adalah jalan dengan aspal yang halus, akan tetapi aspal halusnya belum mencapai Pantai Klayar dan hanya mencapai daerah tertentu. Sehingga Pengunjungnya akan dibawa untuk menikmati rute yang bergejolak karena bongkahan batu-batu kecil yang terpaksa harus dilewati.

suasana sunset pantai klayar
Suasana sunset di Pantai Klayar, sumber : www.flickr.com

Jika akan menikmati malam di Pantai Klayar tak perlu cemas, karena sudah banyak beberapa penginapan-penginapan yang telah tersedia. Pengunjung pantai ini dapat berkeliling dengan menggunakan ATV. Ketika waktu sudah sore dan waktu sudah menunjukan matahari terbenam maka para pengunjungnya akan dibawa menikmati keindahan sunset yang indaht. Jika berkunjung di hari-hari biasa seperti hari kerja, maka akan banyak ditemui nelayan yang akan berlayar ataupun nelayan yang sedang menarik perahunya untuk beristirahat. Jika berkunjung di hari libur pantai ini akan di penuhi oleh banyak wisatawan. Jadi dengan ini para wisatawan dapat menentukan waktu yang tepat dan sesuai dengan keinginannya.