Prambanan, candi hindu terbesar di Indonesia

Tempat untuk dikunjungi di Indonesia memang ada banyak sekali, tetapi jika anda ingin pergi ke situs-situs kuno dan yang punya arti besar bagi penduduknya mungkin salah satu yang dilihat adalah situs bernama Prambanan, terletak 17 km dari Yogyakarta dan bisa dilihat dari pinggir jalan Jogja-Solo.

Kompleks candi prambanan
Kompleks candi prambanan

Apa itu Prambanan?

Prambanan merupakan kompleks candi, total ada 240 candi Hindu yang didedikasikan untuk Trimurti. Bagi mereka yang tidak tahu apa itu Trimurti, itu mengacu pada tiga dewa dari mitologi Hindu, yaitu Brahma (Pencipta Alam Semesta), Wisnu (Konservatif), Siwa (Perusak). Kuil-kuil yang dibangun di kompleks candi adalah untuk menyembah setiap dewa dan tentunya punya patung yang berbeda-beda di tiap kuil.

Candi-candi ini dibangun pada abad kesembilan ketika dinasti Sanjaya memerintah dan masih berdiri kokoh seperti saat pertama dibangun walaupun sudah melalui banyak pemugaran. Fungsi candi pada waktu pertama kali dibangun adalah tempat bagi sebagian besar upacara ritual dan pengorbanan pada jaman Mataram kuno, namun, ketika istana Mataram kuno pindah ke Jawa Timur kompleks candi ini kemudian ditelantarkan beserta isinya.

Penemuan kembali dan rekonstruksi Prambanan

Candi ini ditemukan kembali pada tahun 1811. Pada saat itu, Colin Mackenzie, seorang penjelajah yang berada di bawah komando Sir Thomas Stamford Raffles melewati hutan belantara kemudian menemukan reruntuhan candi-candi dan kemudian menggali informasi untuk merekonstruksi candi ini kembali.

Candi prambanan
Candi prambanan

Kuil pertama yang dibangun adalah candi utama, Candi Siwa, selesai pada tahun 1953, batu-batu yang diugnakan hampir sebagian bukan batu asli karena banyak yang dijarah oleh pencuri situs pada masa lalu.

Bahkan saat ini candi masih dalam rekonstruksi akhir, terutama ketika Mei tahun 2006 saat gempa Yogyakarta menyebabkan beberapa batu dan patung-patung menjadi rusak dan candi itu ditutup sementara untuk pengunjung. Saat ini anda mungkin hanya bisa mengunjungi dan melihat area candi yang masih di luar area rekonstruksi ulang.

Arsitektur Prambanan 

Arsitektur Prambanan berdasar pada doktrin Vastu Shastra, sesainnya meniru Meru Gunung yang meniru hidup para dewa-dewa Hindu. Prambanan dibagi menjadi beberapa area, sebuah kompleks suci yang memisahkan banyak kuil berdasarkan dewa yang disembah, di luar kompleks candi kita bisa melihat reruntuhan candi yang merupakan ratusan kuil yang belum dipugar dan sengaja ditaruh di luar kompleks untuk menambah suasana historis.

mm

Pribadi yang masih bingung mencari destinasi