Pulau Togian, harta karun Indonesia

Pariwisata di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir yang memungkinkan kita menjelajahi beberapa pulau etnis dan eksotis. Semakin lama wisatawan semakin banyak menemukan daerah tujuan wisata yang menarik. Salah satunya adalah Kepulauan Togian yang merupakan surga bagi terumbu karang dan hewan laut eksotis lainnya.

Pulau Togian
Pulau Togian

Terletak di lepas pantai Pulau Sulawesi di Indonesia Timur, Kepulauan Togian terbentuk oleh aktivitas gunung berapi yang intens dan dikelilingi oleh terumbu karang yang merupakan rumah dan kawasan perkembangbiakan untuk kura-kura laut. Pulau ini dikelilingi oleh hutan tropis dengan dihuni banyak binatang seperti burung beo, babirusa, dugong dan kera. Karena kekayaan spesies hewan dan vegetasi yang subur, Kepulauan Togian telah dinyatakan sebagai hutan nasional dan lautan lindung. Alam merupakan ketergantungan utama bagi penduduk setempat yang terdiri dari 37 orang dan suku yang beragam seperti  Bobongko, Togian atau Suluan dan lainnya.

wisata pulau togian
Wisata pulau togian

Kegiatan wisata utama yang dapat dilakukan di pulau ini adalah menyelam atau diving. Perairannya mempunyai suhu rata-rata 31 derajat dan jarak pandang 40 sampai 50 meter ke dalam lautan, sebuah tempat yang ideal untuk olahraga diving bukan? disini anda juga bisa melihat tiga jenis karang di dunia: karang, dinding dan sebuah atol. dan jangan lewatkan pula anda juga dapat mencoba berwisata menjelajahi hutan.

Untuk bisa sampai ke pulau luar biasa ini anda dapat mencapai pulau melalui berbagai jalur, antara lain :

  • Yang utama adalah dengan pesawat dari Bali dan Makassar,
  • Dengan bus dari Tanah Toraja dan Palu,
  • Dengan feri umum dari Gorontalo dan perahu dari Ampana.

Semoga liburan anda menyenangkan, dan jangan lelah untuk terus menjelajahi wisata Indonesia!

mm

Pribadi yang masih bingung mencari destinasi