Puncak Sikunir, Puncak Lautan Awan

Puncak Sikunir, Puncak Lautan Awan

By G-Traveler

Keindahan alam indonesia merupakan keindahan alam yang banyak diburu oleh para wisatawan, yaitu baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri. Salah satu keindahan alam indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan salah satunya adalah Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng merupakan suatu daerah yang terletak di di dua kabupaten berbeda, yaitu Dieng Kulon yang terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Wetan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kecamatan Wonosobo.

dieng plateu

Nama Dieng berasal dari dua kata bahasa Kawi, yaitu”Di” yang berarti tempat atau gunung dan “Hyang” yang berarti Dewa. Dataran Tinggi Dieng merupakan dataran dengan aktivitas vulkanik di bawaah permukaannya, seperti Yellowstone atau Dataran Tinggi Tengger. Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah Kaldera dengan gunung-gunung di setiap tepinya, Karena Dataran Tinggi Dieng dikelilingi oleh beberapa gunung maka para wisatawan dapat melihat keindahan matahari terbit melalui gunung dan puncak yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Salah satu puncak yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan matahari terbit adalah Puncak Sikunir. Puncak Sikunir yang terletak di Dataran tinggi Dieng tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Desa Sembungan merupakan sebuah desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa Sembungan terletak di ketinggian 2.306 mdpl.

desa sembungan

Desa Sembungan merupakan desa yang akan menjadi tempat persinggahan para wisatawan sebelum mengunjungi Puncak Sikunur. Untuk dapat menikmati keindahan Puncak Sikunir para wisatawan dipaksa untuk membuka mata dan melawan rasa kantuk serta melawan suhu yang begitu dingin karena para wisatawan harus memulai melakukan pendakian sekitar pukul 03.00 – 04.00 pagi. Bagi para wisatawan untuk dapat melakukan pendakian yang dilakukan begitu awal pemerintah setempat telah menyediakan begitu banyak penginapan yang memberikan fasilitas kepada pendaki.

Sebelum mencapai tempat pendakian para wisatawan disuguhi keindahan Telaga Cebong. Setelah menikmati Telaga Cebong para wisatawan dapat langsung melakukan pendakian Puncak Sikunir. Pendakian Puncak Sikunir dapat dilakukan dengan menempuh jalan yang berbatu dan menanjak. Pendakian jika dilakukan oleh seorang pendaki yang sudah berpengalaman hanya membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit.

telaga cebong

Puncak Sikunir terletak di ketinggian 2.263 mdpl. Puncak Sikunir disebut sebut dengan surganya para pencari Sunrise atau Matahari terbit karena keindahan Golden Sunrisenya. Indonesia patut berbangga dengan keindahan yang dimiliki Puncak Sikunir. Keindahan yang dimiliki Puncak Sikunir dapat membuat pengunjung terbius akan keindahannya sehingga memaksa pengunjung untuk menikmati puncak ini berulang kali. Untuk dapat menikmati Puncak sikunir dengan puas maka wisatawan dapat mendirikan tenda yang dapat didirikan di camping area yang tersedia di Puncak Sikunir.

sunrise di puncak sikunir

lautan awan

gunung merbabu

gunung di puncak sikunir

lautan awan

Selain dikejutkan oleh keindahan Puncak Sikunir Para wisatawan akan dikejutkan dengan keindahan lautan awan yang dapat dinikmati ketika langit sudah mulai cerah. Beberapa pemandangan lain, seperti bukit, telaga dan gunung dapat dinikmati dengan mata telanjang. Gunung yang dapat dinikmati dari Puncak Sikunir, diantaranya Gunung Prau, Merbabu, Merapi, Sindoro, Telomoyo, Ungaran dan Lawu. Selain itu wisatawan dapat menikmati keindahan beberapa telaga seperti Telaga Cebong, Asut atau Wurung, Gunung Kendil, dan dua Telaga Pakuwujo.