Rumah Makan Istana Wedang

41

Jika Anda berkunjung ke kota Semarang untuk berlibur atau karena urusan pekerjaan, mungkin Anda perlu mengunjungi tempat wisata kuliner yang satu satu ini, namanya Istana Wedang. Isatan Wedang adalah tempat wisata kuliner yang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu rumah makan di kota Semarang. Tempat ini mempertahankan bentuk arsitektur bangunan bergaya kolonial Belanda. Tak hanya itu, resto yang dikelola secara turun temurun ini ternyata mengandalkan aneka masakan khas perpaduan Jawa, Cina dan Belanda dengan resep warisan keluarga.

Rumah Makan Istana Wedang
Rumah Makan Istana Wedang, sumber: adeknakemal.blogspot.com
Rumah makan istana wedang
Aneka jenis wedang di Rumah Makan Istana Wedang, www.anekawisata.com

Istana Wedang menyediakan beberapa jenis wedang seperti wedang ronde, ronde sekoteng, wedang lengkeng yanghun, wedang kacang hijau, dan wedang kacang tanah. Selain menyediakan beraneka jenis wedang, di tempat ini juga tersedia juga aneka minuman lainnya seperti seperti es teller, es krim cendol, es istana, es kianju, es lechy, es fosko, dan juga es tape ketan hijau.

Wedang jahe
Wedang jahe di Rumah makan istana wedang, sumber: adeknakemal.blogspot.com

Meski terkenal dengan wedangnya, Istana Wedang juga tidak meninggalkan konsep utama dari rumah makan ini. Mulai dari menu tradisional hingga menu yang diadaptasi dari negara – negara eropa tersedia di tempat ini. Makanan yang tersedia di tempat ini seperti bakmi goring, bakmi kuah, nasi opor, nasi goreng istana, nasi langgi, nasi goreng babat, tahu telur, nasi goreng pete, lontong opor, nasi goreng ayam udang, babat gongso, lontong cap gomeh, cap cay kuah, cap cay goreng, galantine, bistik ayam, dan bistik sapi. Selain cita rasa masakannya yang lezat, makanan dan minuman yang ada Istana Wedang dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu mulai dari Rp 14.000 hingga Rp 22.000 untuk setiap jenis menu yang tersedia.

RM. Istana Wedang
Makanan yang ada di Rumah Makan Istana Wedang, sumber: adeknakemal.blogspot.com
Istana Wedang
Nasi goreng di Rumah Makan Istana Wedang, sumber: adeknakemal.blogspot.com

Rumah Makan Istana Wedang cukup nyaman jika digunakan untuk bersantai bersama sahabat maupun keluarga. Istana Wedang sendiri sudah berdiri sejak tahun 1979-an di Jalan Pemuda sebagai awal tempat wisata kuliner ini menjajakan menu makanan dan minumannya. Saat ini Istana Wedang sendiri sudah memiliki beberapa cabang, mulai di jalan Panjaitan, java Mall dan juga DP Mall. Biasanya Istana Wedang ini mulai melayani pengunjungnya mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB malam setiap hari.