Shibam, Kota pencakar langit tertua di dunia

Shibam, Kota pencakar langit tertua di dunia

By John Travel

Beberapa kota kuno di dunia dibangun dengan batako dan kebanyakan menggunakan teknik yang sama yaitu berbahan dari batu bata dengan cetakan tanah liat, pasir dan jerami. Bahan bangunan ini bisa bertahan selama berabad-abad, tahan api dan itulah kenapa banyak orang di masa lalu yang mau membangun rumah dari bahan batako.

Shibam

Shibam

Sekarang kita akan membahas negara Yaman, sebuah negara di selatan Arab Saudi. disana terdapat sebuah kota yang bernama Shibam yang penuh dengan bangunan berbahan batako dan  dianggap sebagai pencakar langit pertama dalam sejarah karena bentuk bangunannya yang menjulang tinggi seperti gedung pencakar langit.

Kota ini tepat berada di tengah lembah Hadramaut dan berbatasan dengan Laut Merah. Dulu kawasan ini adalah tempat orang Majusi bermukim di sekitar abad sebelum Masehi dan banyak cerita menarik yang berhubungan dengan pembangunan kota tersebut, tapi yang lebih menakjubkan adalah struktur bangunan yang dibangun di daerah tersebut.

Masjid Jumat Shibam

Masjid Jumat Shibam

Di antara bangunan masjid beberapa di antaranya Masjid Jumat adalah bangunan terkenal di jantung kota, masjid ini dibangun tahun 753, sebagian besar bangunan masjid ini berasal dari abad keempat belas, tapi bangunan menara dibangun di abad keenam belas. Kota ini mempunyai karakter unik yang bisa diingat yaitu setiap bangunan selalu menggunakan batu bata merah yang dibakar dahulu.