Tempat Wisata Yang Ada Di Jakarta Selatan

Tempat Wisata Yang Ada Di Jakarta Selatan

By G-Traveler

Bagi Anda warga Jakarta selatan tidak perlu bingung menentukan dimana tempat menghabiskan hari libur Anda, karena cukup banyak tempat wisata di Jakarta Selatan selain mall yang tidak akan membuat kantong Anda kering dan memiliki makna edukasi untuk Anda sekeluarga. Berikut adalah daftar tempat wisata di Jakarta Selatan selain mall yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga,teman ataupun kekasih:

  1. Kemang Food Festival
Kemang Food Festival

Kemang Food Festival, sumber: anekatempatwisata.com

Sesuai dengan namanya, Kemang Food Festival adalah surganya pecinta wisata kuliner. Terletak di Jalan Kemang Raya, Kemang Food Festival adalah salah satu penyebab kemacetan di daerah Kemang dan akan menjadi lautan manusia pada akhir pekan. Tempat wisata kuliner ini buka mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam. Tempat ini ramai dikunjungi muda – mudi yang kelaparan. Biasanya tempat ini paling ramai dikunjungi mulai dari pukul 19.00 WIB hingga tengah malam. Pilihan makanan dan minuman di Kemang Food Festival sangatlah banyak, Anda tidak akan kebingungan memilih makanan dan minuman disini. Kemang Food Festival adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jakarta Selatan yang paling banyak disukai wisatawan.

  1. Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan, sumber: www.klikhotel.com

Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata di Jakarta Selatan yang paling populer dan paling ramai pengunjung. Kebun binatang ini berdiri di Cikini pada tahun 1864 dengan nama “Tanaman dan Kebun Binatang”, selain itu tempat ini merupakan kebun binatang pertama yang ada di Indonesia. Pada tahun 1966 kebun binatang ini resmi dipindahkan ke Jakarta Selatan dan berubah nama menjadi Taman Margasatwa Ragunan. Disini Anda dapat melihat berbagai jenis hewan mulai dari reptil, mamalia, burung, dan lain – lain. Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang dengan harga tiket masuk yang paling murah di dunia, bahkan lebih murah dari kebun binatang yang berada di Bandung dan Surabaya.

  1. Setu Babakan
Setu Babakan

Setu Babakan, sumber: tantular.com

Setu Babakan yang terletak di Srengseng Sawah adalah tempat wisata di Jakarta Selatan yang merupakan sebuah danau buatan yang memiliki luas sekitar 30 hektar. Tempat yang sering disebut sebagai Danau Babakan ini juga berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya asli Betawi sehingga Anda dapat melihat ornament – ornamen Betawi, galeri batik Betawi, kesenian khas Betawi, hingga wisata kuliner Betawi. Setu Babakan adalah tempat wisata di Jakarta Selatan yang menarik untuk dikunjungi dan juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak – anak. Selain wisata budaya, anda juga dapat menikmati wisata air dengan bermain perahu air yang menyerupai angsa atau memancing ikan di tepi setu.

  1. Museum Satria Mandala
Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala, sumber: www.city-data.com

Museum Satria Mandala dibuka pada tahun 1972 di atas sebuah tanah seluas lebih dari 5 hektar yang terletak di Jalan Gatot Subroto. Museum ini merupakan pusat sejarah yang menyajikan koleksi senjata perang seperti tank, pesawat tempur, rudal, meriam, senapan, bambu runcing, dan lain – lain. Selain itu juga terdapat koleksi diorama yang masing – masing memiliki cerita unik dan juga benda – benda bersejarah lainnya seperti mobil dengan bekas tembakan.

  1. Museum Reksa Artha
Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha, sumber: jakarta.panduanwisata.id

Museum Reksa Artha mungkin jarang terdengar, namun museum ini cukup menarik karena museum ini menyimpan sarana pembuat uang pada jaman dahulu. Sesuai dengan nama tempat wisata yang satu ini yaitu reksa yang berarti menjaga dan artha yang berarti uang. Museum yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan ini mempunyai koleksi mesin uang yang masih terawat dengan baik, termasuk mesin uang yang digunakan untuk mencetak uang Rupiah pertama kali.

  1. Museum Layang – layang
museum layang - layang

Museum layang – layang, sumber: jakarta.panduanwisata.id

Berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan Museum Layang – layang adalah sebuah museum yang bukan milik pemerintah. Museum Layang – layang ini tidak begitu besar, namun isinya sangatlah banyak dan sangat menyenangkan. Koleksi layangan yang ada di tempat ini sangatlah beragam, mulai dari layangan kecil, layangan besar, layangan tradisional, layangan olahraga, layangan modifikasi, layangan dari luar negeri, layangan juara festival, hingga layangan dari daerah – daerah terpencil di Indonesia.

Terdapat satu layangan yang mempunyai latar cerita sendiri, jadi layangan tersebut dibuat berdasarkan suatu cerita. Selain itu terdapat layangan yang bisa bermain musik karena digantung alat musik tiup sehingga pada saat diterbangkan dan tertiup angin layangan tersebut dapat mengeluarkan suara, bahkan ada layangan yang memiliki panjang 250 meter, sangat menarik bukan? Selain dapat melihat laying – layang, anda juga dapat belajar membuat layangan, membuat keramik, melukis keramik, dan membuat batik di museum ini. Museum Layang – layang adalah tempat wisata di Jakarta Selatan yang paling menyenangkan untuk anak – anak.

  1. Taman Anggrek Ragunan
Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan, sumber: alamtani.com

Taman Anggrek Ragunan yang berlokasi tidak jauh dari Kebun Binatang Ragunan adalah tempat budidaya tanaman anggrek yang memiliki luas sekitar 5 hektar. Berdiri sejak tahun 1973, Taman Anggrek Ragunan telah menjadi tempat wisata akhir pekan bagi warga Jakarta Selatan, tempat budidaya dan pembibitan anggrek, serta tempat pembelajaran mengenai tanaman anggrek. Jumlah koleksi bunga anggrek yang dimiliki Taman Anggrek Ragunan adalah sekitar 5.000 spesies anggrek. Selain melihat – lihat, di tempat wisata ini Anda juga dapat membeli tanaman anggrek dengan harga yang terjangkau. Untuk dapat menikmati wisata anggrek ini, Anda tidak akan keberatan untuk membayar tiket masuknya, karena tiketnya dijual dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.