Wisata Alam Khas Sunda Di Dusun Bambu

Bandung merupakan sebuah daerah yang ada di Provinsi Jawa Barat dan merupakan ibu kota provinsi tersebut. Di balik kesibukan yang dimiliki ibu kota provinsi Jawa Barat ini, ternayata kota ini memiliki beberapa tempat untuk menghilangkan jenuhnya suasana kota bagi para penduduknya. Salah satu tempat yang menjadi tujuan utama untuk berlibur dengan nuansa eksotis pedesaan yang sungguh natural adalah Dusun Bambu. Tempat wisata yang satu ini sungguh menarik untuk Anda kunjungi dan memiliki keunikan tersendiri

Dusun Bambu
Pesona Keindhan Wisata Dusun Bambu, sumber: dusunbambu.com

Dusun Bambu terletak tepat di kaki Gunung Burangrang Lembang. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang sangat baik dan menarik, diantaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa. Aneka aktivitas menyenangkan dapat Anda lakukan di tempat wisata ini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, Anda juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya. Untuk dapat memasuki tempat wisata ini, Anda harus membayar harga tiket masuk Dusun Bambu Lembang sebesar Rp 15.000 per orang, tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya retribusi (parkir).

Wisata Dusun Bambu
Indahnya pemandangan Dusun Bambu, sumber: dusunbambu.com

Meskipun pengelolaan Dusun Bambu Lembang mengadopsi tema back to nature dengan menonjolkan ragam keindahan alam yang natural, tetapi fasilitas wisata yang modern seperti villa, restoran, dan cafe juga tersedia di tempat ini. Restoran disana menyajikan makanan khas Lembang dan makanan – makanan tradisional lain yang berasal dari luar daerah. Selain itu, tersedia pula menu – menu makanan khas luar negeri, seperti pizza, spaghetti, steak, hot dog, dan lainnya. Beberapa restoran dan cafe yang terdapat di kawasan wisata Dusun Bambu Lembang tersebut, diantaranya Burangrang Restaurant & Cafe, Purbasari Restaurant, dan Rumah Makan Lutung Kasarung.

playground dusun bambu
Sebuah playground yang ada di Dusun Bambu, sumber: dusunbambu.com

Terdapat satu keunikan jika Anda singgah ke Rumah Makan Lutung Kasarung, yakni desain café yang sangat unik dengan konsep layaknya sebuah rumah pohon yang berjajar. Lain halnya dengan Purbasari Restaurant, karena Anda dapat menikmati sajian tradisional khas Sunda dengan konsep lesehan yang dilengkapi beberapa gazebo dari bambu yang berada di tepi danau.

lutung kasarung cafe
Cafe Lutung Kasarung yang terkenal akan keunikannya, sumber: Tempatwisataseru.com

Sementara di Burangrang Restaurant & Cafe tersedia hidangan makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain keberadaan restoran dan cafe di kawasan wisata Dusun Bambu Lembang, ada pula sebuah pasar yang bernama Pasar Khatulistiwa. Di pasar ini Anda bisa membeli aneka sayuran, buah – buahan segar, hingga souvenir dan cinderamata khas Sunda.

pasar khatulistiwa
Pasar Khatulistiwa yang ada di Dusun Bambu, sumber: Dusun Bambu

Diantara bangunan restoran, cafe, serta villa yang ada di Dusun Bambu Lembang, Anda dapat menyaksikan bahwa bangunan yang paling menonjol dan salah satu yang terfavorit adalah Burangrang cafe. Burangrang cafe terbilang paling modern sebagaimana layaknya café – cafe yang dapat Anda jumpai di kawasan Dago Pakar Bandung. Lokasinya yang sedikit berada di ketinggian membuat para pengunjung semakin betah di tempat ini. Selain bersantap, Anda juga dapat sekaligus menikmati panorama alam di seputaran kawasan Dusun Bambu Lembang.

burangrang resto
Sisi romantis Burangrang Resto pada malam hari, sumber: Citizen6 – Liputan6.com

Anda tidak perlu khawatir jika tidak kebagian tempat karena area Burangrang cafe sendiri terbilang cukup luas dengan kapasitas tampung mencapai lebih dari 600 pengunjung. Di cafe ini Anda dapat mencoba beberapa menu istimewa, seperti Cumi Ala Dusun Bambu, Ayam Bakar Bambu Betutu, Nasi Bakar Kelapa Muda, atau Bebek Bakar Bambu Betutu.

Sementara itu, Rumah Makan Lutung Kasarung pada umumnya lebih disukai oleh kalangan dari segmen anak muda dan remaja. Hal ini cukup beralasan mengingat konsep desain cafe yang cukup unik dan memiliki nilai lebih jika digunakan sebagai tempat pengambilan foto.

Jika Anda ingin menginap di kawasan Dusun Bambu Lembang, terdapat beberapa villa yang siap menghadirkan pengalaman menginap yang berkesan selama berada disana. Salah satu villa yang paling populer adalah Kampung Layung, yakni sebuah penginapan dengan konsep cottage bernuansa kayu. Villa Kampung Layung tersedia dalam pilihan villa 1 kamar dan villa 2 kamar. Untuk harga, tarif villa ini berkisar antara 2 hingga 3,5 juta per malam di saat weekdays. Tarifnya menjadi naik tatkala weekend, yaitu sebesar 3 hingga 4 juta per malam.

Mungkin harga sewa villa di Kampung Layung Dusun Bambu Lembang ini terbilang mahal. Tetapi sepertinya harga tersebut berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan, karena fasiltas yang akan Anda dapatkan, diantaranya room service 24 jam, bathroom amenities, TV satelit, Free WiFi, kopi dan teh gratis, peralatan BBQ, serta peralatan dapur yang lengkap.

Jika Anda menganggap harga tersebut terlalu mahal, jangan khawatir sebab Anda masih dapat mencari penginapan dan villa lainnya yang banyak tersebar di sekitar kawasan wisata Dusun Bambu Lembang. Tentu saja dengan biaya yang bervariasi, mulai dari yang hanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah per malam. Beberapa villa yang akan Anda temui di sekitar kawasan wisata Dusun Bambu ini, diantaranya adalah Villa Istana Bunga, Villa Air Natural Resort Lembang, dan Fortuno Bed & Breakfast Lembang.

Untuk dapat berkunjung ke Dusun Bambu yang berada di Lembang ini, jika Anda datang dari Jakarta atau kota lainnya menggunakan kendaraan pribadi, maka perjalanan ke Dusun Bambu Lembang dapat ditempuh melalui jalan tol Pasteur dan tol Padalarang. Dengan demikian, maka opsi – opsi rute yang akan dilalui adalah sebagai berikut:

  1. Rute pertama, Tol Pasteur > Ledeng > Lembang  > Jalan Koloner Masturi
  2. Rute kedua, Tol Pasteur > Ledeng > Jalan Sersan Sodik > Jalan Koloner Masturi
  3. Rute ketiga, Tol Padalarang > Cimahi > Jalan Kolonel Maturi