Wisata Keluarga Di Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah salah tujuan wisata di kawasan Puncak yang telah berdiri sekitar empat tahun yang lalu. Objek wisata ini juga merupakan salah satu pilihan tempat berlibur di akhir pekan bagi beberapa keluarga. Selain itu, aneka kegiatan wisata yang ada di Taman Wisata Matahari ini merupakan kegiatan rekreasi serta edukasi anak – anak melalui berbagai kegiatan outbond, baik indoor maupun outdoor.

Taman Wisata Matahari Recreation and Education Park
Taman Wisata Matahari Recreation and Education Park, sumber: jafarshidiq30.wordpress.com

Berbagai wahana permainan dan edukasi yang ada di Taman Wisata Matahari dinilai mampu memanjakan para pengunjung dan memberikan kepuasan serta ketenangan untuk terlepas sejenak dari aktivitas pekerjaan sehari – hari yang melelahkan. Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan di Taman Wisata Matahari, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi berikut. Dengan demikan, Anda akan dapat menentukan spot wisata yang dapat dipilih saat menghabiskan waktu akhir pekan atau rekreasi bersama orang – orang tercinta.

Taman Wisata Matahari didirikan pada tahun 2010 yang lalu dengan kepedulian utama pada masyarakat kelas menengah ke bawah untuk dapat menikmati hiburan dalam berbagai bentuk wahana permainan dengan harga yang terjangkau. Tempat wisata yang didirikan oleh pengusaha yang bernama Hari Darmawan di atas lahan seluas 30 hektar, tempat wisata ini diupayakan pula agar tetap melestarikan lingkungan.

Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari, sumber: Tamanwisatamatahari.id

Rancangan dan pembangunan Taman Wisata Matahari dibuat tanpa merusak aliran Sungai Ciliwung yang mengalir melintasi area wisata tersebut. Selain itu, kawasan wisata ini terkenal dengan citra wilayah pegunungan dan memiliki banyak perkebunan teh atau buah yang tetap dilestarikan dengan kehadiran Taman Wisata Matahari ini. Terletak di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua dengan ketinggian sekitar 250 – 330 meter diatas permukaan laut, kawasan Taman Wisata Matahari memiliki udara yang sejuk. Komponen tanahnya juga terbilang cukup subur mengingat tanah di daerah Puncak didominasi oleh jenis tanah latosol coklat kemerahan. Taman Wisata Matahari menyediakan sejumlah spot wisata untuk berbagai kalangan usia. Berikut ini adalah pembagian umum spot yang terdapat di dalam kawasan Taman Wisata Matahari:

  1. Spot Petualangan

Sektor petualangan di kawasan Taman Wisata Matahari menawarkan berbagai jenis kegiatan yang akan memacu adrenalin Anda. Ada beberapa wahana yang ditawarkan, seperti arung jeram, flying fox, mini outbond, ATV, dan wahana rumah hantu. Pada wahana arung jeram, Anda akan diajak mengarungi Sungai Ciliwung yang tentu saja didampingi oleh instruktur handal guna menjamin keselamatan dan kenyamanan Anda selama melakukan arung jeram.

Arum Jeram
Terlihat wisatawan yang sedang melakukan kegiatan Arum Jeram di Taman Wisata Matahari, sumber: taman-wisata-matahari-twm.blogspot.co.id

Wahana flying fox juga menawarkan pemandangan rumput hijau yang terhampar luas di bawah Anda serta memacu kerja adrenalin tatkala meluncur cepat di atasnya. Wahana lain di sektor petualangan untuk anak – anak dan dewasa, misalnya berpetualang menggunakan ATV untuk menyusuri track tertentu yang pastinya aman.

  1. Spot Pendidikan

Selain sektor petualangan, juga terdapat sektor pendidikan untuk anak – anak. Ada dua area yang ditawarkan dalam wahana outdoor, yakni area sawah dan kebun sayur. Di kedua wahana ini, anak – anak dilatih untuk menjaga dan memahami lingkungan di sekitarnya dengan melakukan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan alam. Kegiatan tersebut, misalnya menanam padi, membajak sawah, memberi makan hewan, atau membuat pupuk kompos dari limbah organik.

  1. Spot Permainan

Sektor yang satu ini lebih difokuskan untuk tumbuh kembang para anak agar mereka mendapatkan waktu bermain yang membantu pembelajaran mereka tentang dunia permainan di luar kegiatan sekolah. Permainan seperti mini jet, trampolin, ontang anting, fantasy train yang ada di Taman Wisata Matahari diharapkan mampu memberikan kepuasan anak – anak Anda untuk menikmati waktu bermain mereka.

  1. Spot Alam

Pada sektor alam, terdapat wahana kegiatan air yang menyajikan wisata danau dan berbagai permainan air yang dapat dinikmati bersama keluarga. Selain itu, aneka olahraga air seperti dayung perahu, sepeda air, atau bumper boat akan menambah kenikmatan selama menghabiskan waktu liburan disana. Fasilitas pendukung yang ditawarkan di spot wisata ini, diantaranya lapangan luas, saung, aula, gazebo, dan toilet.

Wahana Permainan Taman Wisata Matahari
Salah satu wahana permainan yang ada di Taman Wisata Matahari, sumber: taman-wisata-matahari-twm.blogspot.co.id

Jangan khawatir, keseluruhan spot wisata yang ada di Taman Wisata Matahari ditawarkan dengan harga tiket yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan kawasan wisata lainnya yang ada di Puncak. Anda dapat menikmati bermacam – macam wahana permainan dan hiburan dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu. Untuk dapat masuk, Anda terlebih dahulu harus membayar tiket masuk Taman Wisata Matahari sebesar Rp 15 ribu per orang pada hari biasa dan Rp 20 ribu per orang pada akhir pekan atau hari libur.

Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda akan menginap dan tinggal dalam waktu yang lama menikmati tempat wisata ini, karena di tempat wisata ini terdapat sejumlah hotel dan villa yang disediakan oleh pihak pengelola dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang ditawarkan, baik di villa maupun hotel merupakan fasilitas standar yang tidak akan mengecewakan.

Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi untuk dapat tiba di Taman Wisata Matahari. Jika menggunakan kendaraan pribadi, terdapat dua jalur yang dapat Anda pilih. Jalur pertama dapat ditempuh melalui jalan masuk menuju kawasan wisata Curug Cilember. Sedangkan pada jalur kedua, Anda dapat menyusuri jalan yang berada persis di samping Rumah Makan Jago Rasa. Rumah makan ini dapat Anda temui pada perjalanan dari Ciawi menuju Puncak.