Wisata Kuliner Di Paskal Food Market

Wisata Kuliner Di Paskal Food Market

By G-Traveler

Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi tempat berlibur bagi beberapa orang. Tidak heran ketika akhir pecan tiba, kota ini ramai akan pengunjung terlebih saat liburan anda akan menemukan kemacetan di sudut – sudut kotanya. Selain terkenal akan udaranya yang sejuk, Bandung juga terkenal akan berbagai wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner.

Jika berkunjung ke Bandung ada sebuah tempat kuliner yang wajib untuk anda kunjungi, tempat ini bernama Paskal Food Market. Paskal Food Market ini berlokasi di Paskal Hypersquare, tepatnya di Jalan Pasir Kaliki Nomor 25 – 27, Bandung. Jalan Pasir Kaliki adalah lokasi yang tidak jauh dari stasiun Kota Bandung, bahkan pintu masuk Paskal Food Market berhubungan langsung dengan area stasiun. Karena letaknya yang sangat strategis sehingga Paskal Food Market selalu di banjiri banyak pengunjung.

Paskal Food Market

Paskal Food Market, sumber: threeb3ars.blogspot.com

Awalnya nama Paskal Food Market berasal dari sebuah singkatan nama Pasir Kaliki. Tempat ini merupakan tempat kuliner yang sangat terkenal di Bandung. Ada sekita 1001 menu tersaji di tempat dengan tata ruang yang rapi ini. Saat malam hari, tempat ini akan menyajikan suasana yang romantis, karena sebagian penerangan di tempat ini berasal dari lampu pijar kuning yang dilengkapi dengan hiasan obor di bagian outdoor.

Paskal Food Market

Suasana Paskal Food Market, sumber: anekatempatwisata.com

Paskal Food Market hadir dengan konsep ruangan terbuka yang di dalamnya terdapat lebih dari 50 stand yang menyediakan berbagai makanan. Stand – stand makanan ini menyajikan berbagai hidangan seperti chinese food, japanese food dan beberapa masakan khas nusantara seperti empal gentong, bakso, dan masih banyak lainnya.

Meskipun konsep ruangannya di desain terbuka, tetapi anda tak perlu khawatir dengan kemanan di tempat ini. Keamanan disini sangat baik sehingga anda akan terbebas dari pecopet, pengemis dan PKL. Paskal Food Market juga menyediakan menu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi umat muslim, sehingga bagi anda yang beragama muslim untuk lebih berhati – hati dalam memilih makanan disini.

Paskal Food Market akan penuh oleh pengujung saat jam pulang kantor, yaitu antara pukul 17.00 WIB hingga malam hari. Tempat ini tidak hanya digunakan sebagai lokasi berburu makanan bagi para wisatawan, tetapi juga digunakan sebagai lokasi nongkrong anak – anak muda. Berbicara soal harga makanan di Paskal Food Market, harga masih tergolong sangat terjangkau, tergantung dari jenis makanan yang Anda pesan. Namun ada beberapa makanan yang memang memiliki harga relatif tinggi. Tetapi yang pasti, semua menu makanan di sini akan dikenakan biaya pajak sebesar 10%.

Paskal Food Market

Suasana Paskal Food Market di malam hari, sumber: anekatempatwisata.com

Selain stand – stand makanan yang sangat beragam, salah satu daya tarik dari Paskal Food Market adalah live music yang diadakan di hari-hari tertentu. Live music ini berada di sebuah panggung yang berdiri kokoh di tengah kolam air mancur. Saat ini Paskal Food Market merupakan salah satu wisata kuliner yang digemari para turis mancanegara yang datang ke Bandung. Banyak sekali turis mancanegara yang datang ke Bandung dan mengunjungi tempat ini. Mereka mengaku menyukai tempat ini, karena disana banyak menyediakan beragam menu khas nusantara dengan harga yang terbilang cukup murah. Hanya dengan membawa uang 1 Dollar saja para turis sudah bisa mendapatkan makanan yang diinginkan.

Sate Maulana Yusuf merupakan salah satu stand makanan yang terkenal disini, selain itu ada juga Toko Bola Ubi yang menjual jajanan bola ubi jalar yang berasal dari Jalan Gardu Jati. Salah satu sudut pandang utama di Paskal Food Market ini adalah Fountain of Hope. Fountain Of Hope merupakan kolam air mancur dengan patung seorang pria yang berdiri sambil memegang cincin. Banyak wisatawan yang melemparkan koin di kolam ini, karena beberapa orang beranggapan jika melemparkan koin ke kolam akan mendapatkan keberuntungan. Ternyata tradisi melempar koin tersebut berasal dari Benua biru Eropa. Di Benua Eropa sendiri pembangunan air mancur sering digunakan sebagai lokasi melempar koin keberuntungan.

Paskal Food Market

Kolam Keberuntungan di Paskal Food Market, sumber: www.tripadvisor.co.uk

Paskal Food Market membuka stand – stand makanannya setiap hari. Pada hari Senin sampai Jumat, tempat ini mulai menjajakan makanannya pukul 11.00 WIB hingga pukul 23.30 WIB. Pada hari Sabtu dimulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 00.30 WIB, sedangkan pada hari Minggu dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.