Wisata Pemandian Air Panas Ciater

67

Di beberapa negara pemandian air panas adalah salah satu lokasi favorit untuk menghabiskan hari libur setelah seminggu bekerja hingga larut. Dengan berendam di pemandian air panas, badan yang terasa lelah bisa menjadi lebih fresh. Selain itu wisata pemandian air panas juga tidak mahal, sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Salah satu lokasi pemandian air panas yang terkenal di Indonesia dan di kalangan turis mancanegara adalah Pemandian Air Panas Ciater. Pemandian Air Panas Ciater terletak di di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat atau lebih tepatnya terletak di perbatasan antara kota Bandung – Subang dan juga bersebelahan dengan kota Lembang.

Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater, sumber: www.wisatamu.com

Jika Anda berada di luar kota Bandung, Anda dapat mengunjungi kota ini lebih dahulu dengan menggunakan jasa maskapai penerbangan atau bisa juga menempuh jalur darat yang bisa ditempuh dengan kereta atau bus umum. Bila Anda dari berasal dari Ibukota Jakarta dapat menggunakan kendaraan pribadi, kereta dan bus umum. Ketika Anda berangkat dari Jakarta,  Anda dapat mengambil rute perjalanan Jakarta – Ciater yang bisa ditempuh dengan 2 rute yaitu melalui jalur Puncak dengan jarak tempuh sekitar 212 Km atau dengan jalur tol Cikampek – Bekasi dengan jarak tempuh sekitar 185 Km.

pemandian air panas Ciater
Suasana pemandian air panas Ciater, sumber: www.pegipegi.com

Pemandian air panas Ciater ini berawal dari kisah pada tahun 1960-an. Awalnya terdapat seorang kakek sakti bernama Mbah Ebos yang berusaha membuka hutan di kawasan tersebut. Daerah hutan yang semula dianggap angker oleh banyak orang diubah menjadi perkampungan dan diberi nama Ciater yang artinya “air yang memancar”. Dari sinilah asal usul nama Ciater. Di tahun 1968, pemerintah Subang melihat potensi air panas di tempat ini, sehingga lokasi ini kemudian dikembangkan oleh pihak pemerintah Subang sebagai lokasi wisata dengan menggandeng Dispenda.

ciater
Ciater, sumber: www.roberni.com

Tak hanya untuk berendam, Pemandian Air Panas Ciater juga menyajikan pemandangan yang cantik. Untuk bisa masuk ke area wisata Pemandian Air panas Ciater ini, Anda harus membayar biaya 15.000 Rupiah. Untuk tiket pemandaian air panasnya dibayar secara terpisah. Harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati berendam di kolam air panas ini mulai dari harga Rp 20.000 sampai Rp 80.000 tergantung dari kolam mana yang Anda inginkan sebagai tempat berendam.

Pemandian Air Panas Ciater merupakan pemandian air panas yang sudah banyak menyedot para wisatawan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu disini tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti Ciater Spa Resort, Puspa Sari Hotel, Spa and Restaurant dan Gracia Spa Resort Hotel.

Di Pemandian Air Panas Ciater ini juga tersedia wahana bermain untuk anak – anak, lokasi outbond, camping ground, kolam pemancingan, dan juga fasilitas olahraga. Anda juga bisa menyelenggarakan acara di lokasi wisata ini karena di pemandian air panas ini disediakan ruang konferensi dengan ruang makan yang luas.

Pemandian Air Panas Ciater terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Air yang mengalir dari kawah gunung ini tidak hanya sampai di kolam pemandian saja tetapi juga digunakan sebagai pengairan sawah.

Air di tempat wisata ini memiliki kandungan kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dan kadar aluminium dan keasaman yang tinggi yaitu mencapai 38,5 equiv persen dan ph 2,45. Suhu air panas yang berasal dari mata air Ciater berkisar antara 43-46 derajat Celcius. Sedangkan air yang sudah dialirkan ke kolam pemandian memiliki temperatur antara 37-42 derajat Celsius. Dengan kandungan belerang dan komposisi yang sempurna, air panas di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, dan juga sebagai sarana terapi untuk rematik, gangguan syaraf dan tulang. Selain itu, air panas di pemandian ini juga dapat digunakan sebagai penyembuh kelumpuhan akibat penyakit stroke dan darah tinggi. Karena khasiat-khasiat ini tadi, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas terapi untuk mengobati berbagai penyakit tersebut.

Sumber air panas yang ada di Pemandian Air Panas Ciater tersedia di beberapa lokasi. Dengan luas mencapai 30 hektar, pemandian air panas ini dapat dinikmati dalam bentuk kolam sederhana untuk berendam saja, dan juga kolam luas khusus untuk berenang. Anda dapat berendam di kolam air panas sembari menikmati keindahan pegunungan yang menyegarkan mata.

Bagi Anda yang menginginkan berendam dengan suasana yang lebih privat, tersedia juga kamar – kamar khusus dimana Anda bisa berendam dengan lebih leluasa. Sedangkan bagi Anda yang ingin bermalam disini tersedia juga fasilitas bungalow. Selain berendam, di tempat ini Anda bisa menikmati mendayung perahu, atau yang lebih ekstrim seperti arung jeram. Anda juga bisa melakukan olahraga lain seperti tenis, basket, mini golf, voli, gokart, dan berkuda.

Setelah cukup lama berendam di air panas, tentunya membuat Anda merasa lapar. Sate dan sop kelinci adalah salah satu hidangan yang patut Anda coba. Kedua menu ini adalah menu andalan khas Ciater. Tentu asyik bukan menyantap sop dan sate kelinci di tengah – tengah pemandangan pegunungan yang indah. Sebelum pulang dan kembali berkutat dengan aktivitas harian sempatkan diri Anda untuk berbelanja buah nanas yang merupakan buah kebanggaan warga Subang.