Yogyakarta: Pemandangan dan warisan budaya yang besar

Yogyakarta atau sering juga disebut Jogjakarta, Yogya, Jogja atau Jogya adalah kota yang terletak di pulau Jawa di Indonesia. Tempat ini memiliki banyak sejarah, kota ini dipimpin oleh Sultan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kesultanan ini terbentuk di zaman awal kolonial pada tahun 1755 sampai sekarang, pemimpin Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X yang sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Kota ini dikenal sebagai pusat budaya dan akademis. Yogyakarta adalah rumah bagi lebih dari satu juta dan setengah penduduk, sebagian besar dari mereka tertarik kesini justru karena besarnya budaya Jawa yang masih bisa dilihat dan banyaknya bangunan kuno semisal candi, beberapa dari bangunan tersebut sudah berumur sangat tua. Di pusat kota terdapat Keraton yang masih berfungsi sebagai kediaman Sultan, Keraton dibangun antara tahun 1756 – 1757 dan merupakan lambang tradisi dan arsitektur kebudayaan Jawa.

Di sekitar Keraton kita akan menemukan reruntuhan istana lain yang sebelumnya digunakan oleh sultan terdahulu, seperti Tamansari Water Castle yang dibangun pada tahun 1758 sebagai taman bermain air para keluarga kerajaan. Tempat ini telah ditinggalkan selama bertahun-tahun, tetapi saat ini bangunan Taman Sari sudah direnovasi sebagai tempat wisata.

Becak turis Malioboro

Malioboro adalah pusat kota, sebuah perpaduan tempat yang modern dan klasik untuk sekedar berjalan – jalan atau berbelanja yang disekitarnya terdapat banyak bangunan kolonial belanda yang masih terawat. Tentunya Anda akan suka pergi ke pasar untuk membeli kerajinan, lukisan batik, perak dan wayang maka anda perlu berkunjung ke pasar Beringharjo. Anda pun bisa  mendengarkan musisi jalanan yang bermain disekitaran jalan Malioboro.

Apakah anda ingin mengunjungi candi – candi kuno? karena di Jogja terdapat cukup banyak candi yang merupakan warisan dari kerajaan kuno seperti Borobudur dibangun pada abad kesembilan oleh dinasti Syailendra, atau anda bisa mengunjungi candi Prambanan yang dibangun pada jaman Hindu.

Prambanan adalah kumpulan lebih dari 200 kuil yang didedikasikan untuk Trimurti, tiga dewa Hindu dalam mitologi Brahma, Wisnu dan Siwa, berjarak 18 kilometer dari Yogyakarta ke arah Klaten, saat ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Prambanan
Candi Prambanan
Pantai Baron
Pantai Baron
Pantai Kukup
Pantai Kukup

Apa yang dapat dilakukan di Yogyakarta

Apakah anda penggemar fotografi? Yogyakarta memiliki apa yang Anda cari seperti pemandangan indah, padang pasir menawan, gunung Merapi dan pantai yang indah, jadi tunggu apa lagi, segeralah berlibur ke Yogyakarta!

mm

Pribadi yang masih bingung mencari destinasi