Yuk kita kenali Jalur Shinkansen di Jepang biar gak bingung!

Bila pelesir ke Jepang tentu akan serasa lengkap jika kita bisa menaiki kereta api Shinkansen dan merasakan sensasinya, Shinkansen merupakan jenis kereta api cepat yang dikembangkan di Jepang.

Rute baru telah dibuka pada tanggal 26 Maret 2016 lalu, yaitu rute yang menghubungkan Tokyo dengan Hokkaido, disebut sebagai Hokkaido Shinkansen. Nah apa kalian tahu jalur Shinkansen lainnya? Yuk kita kenali dibawah ini:

1

TOKAIDO DAN SANYO SHINKANSEN (TOKYO-KYUSHU)

Jalur Tokaido Shinkansen merupakan salah satu jalur pertama yang ada di Jepang, jalur ini mulai beroperasi sejak tahun 1964 dengan total kumulatif penumpang terbanyak di dunia dihitung dari 1964 hingga 2012. Rute ini menghubungkan 2 area metropolitan terbesar di Jepang yaitu Tokyo dan Osaka.

Termasuk di jalur ini adalah Sanyo Shinkansen yang mulai beroperasi tahun 1972, merupakan jalur lanjutan dari Tokaido Shinkansen, menguhubungkan Shin-Osaka dengan Hakata di prefektur Fukuoka, Kyushu. Dalam jalurnya, Shinkansen ini melewati Kobe, Himeji, dan Hiroshima.

2

TOHOKU SHINKANSEN (TOKYO-AOMORI, AKITA & YAMAGATA)

Jalur Shinkansen ini mulai beroperasi sejak tahun 1982, jalur ini menghubungkan Omiya di prefektur Saitama dengan Morioka di prefektur Iwate, Jalur ini menjadi jalur penghubung daerah utara Jepang dengan ibu kota Jepang. Akita Shinkansen (Morioka-Akita) dan Yamagata Shinkansen (Fukushima-Shinjo, perfektur Yamagata) merupakan dua jalur cabang dari jalur utama ini.

3

JOETSU SHINKANSEN (TOKYO-NIIGATA)

Joetsu Shinkansen juga mulai beroperasi sejak tahun 1982, jalur ini menghubungkan Tokyo dengan Niigata. Salah satu jalurnya, jalur Echigo-Yuzawa, terkenal dengan pemandian air panas indoor dan area perhotelan ski-nya.

4

HOKURIKU SHINKANSEN (TOKYO-ISHIKAWA)

Pada tahun 1997, JR East dan JR West bekerjasama membuka Nagano Shinakansen, yang menghubungkan Takasaki di prefektur Gunma dengan kota Nagano di prefektur Nagano. Dan pada tahun 2015, jalur ini diperpanjang sampai Kanazawa di prefektur Ishikawa dan diganti namanya menjadi jalur Hokuriku, ini malah membuat pariwisata di daerah sana semakin berkembang dan rencananya, tahun 2022 jalur ini akan diperpanjang hingga Fukui.

5

KYUSHU SHINKANSEN (FUKUOKA-KAGOSHIMA)

Pada tahun 2004 jalur ini dibuka menghubungkan kota Kagoshima dengan Shin-Yatsushiro di prefektur Kumamoto. Jalur ini lalu terhubung dengan stasiun Hakata di Fukuoka tahun 2011, yang membuatnya terhubung sampai ke Shin-Osaka melalui jalur Sanyo Shinakansen. Tahun 2023 mendatang jalur ini rencananya akan diperpanjang melalui stasiun Shin-Tosu di prefektur Saga sampai Nagasaki.

mm
Pribadi yang masih bingung mencari destinasi