Jangan Lupa, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan ke Semarang

Jangan Lupa, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan ke Semarang

By John Travel

Ada tawaran untuk pergi berlibur ke Semarang, Jawa Tengah. Ini hal-hal yang wajib kamu lakukan selama berada di sana!

Jangan Lupa, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Liburan ke Semarang
Source foto: idn.times

Ada yang bilang Semarang, Jawa Tengah adalah kota yang unik. Ada yang bilang ini merupakan ibukota kuliner di Indonesia. Ada juga sejara kota ini cukup menarik. Tentunya, tanggapan banyak orang ini membuatmu penasaran dengan Kota Semarang.

Benarkah ibukota Jawa Tengah ini menjadi tempat yang menyenangkan bagi kamu untuk berlibur? Kamu pun juga tertarik karena perjalanan ke daerah tersebut bisa dilakukan via jalan darat. Kamu bisa langsung mengecek info seputar tiket travel Jakarta-Semarang secara online.

Supaya kamu tak bingung selama berada di kota yang terkenal dengan daerah Simpang Lima ini, coba ikuti travel guide berikut ini. Kira-kira inilah beberapa hal yang wajib kamu coba dan lakukan selama berlibur di Kota Semarang ini. Pastinya, tak membuat menyesal pergi ke sana.

Jadi anak nongkrong di Simpang Lima
Ke semarang tanpa mengunjungi daerah Simpang Lima, pastinya kurang afdal. Bisa dibilang daerah ini menjadi pusat atau jantung aktivitas Kota Semarang. Apalagi kalau masih mudah, tentunya ini merupakan lokasi meet up yang tepat untuk hang out.

Sebaiknya, kamu mengunjungi Kawasan Simpang Lima menjelang malam hari. Selain suhu udara di Ibukota Jawa Tengah ini panas terik, banyak event yang baru mulai setelah magrib.

Kalau kamu ingin merasakan street food ala Semarang, biasanya ada beberapa tempat yang menjualnya. Pokoknya, kamu terlihat sebagai anak Semarang banget bila berada di Simpang Lima.

Jangan lupa mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong
Kalau kamu perhatikan, Kota Semarang seperti pusat percampuran budaya di Jawa Tengah. Dilihat dari beberapa bangunan yang terpengaruh budaya Eropa dan beberapa makanan yang seperti percampuran kuliner Tiongkok.

Sebenarnya, Kota Semarang sempat didatangi oleh Laksamana Cheng Ho, lho. Itu, lho, penjelajah muslim Tionghoa yang namanya sering disebut dalam sejarah. Nah, salah satu tempat yang didatanginya berdiri sebuah klenteng yang bernama Sam Poo Kong.

Kalau kamu tiba di sana, pastinya jadi merasa ada di Tiongkok. Bangunannya cukup luas untuk dikelilingi. Bila beruntung, kamu bisa menyaksikan kegiatan religi yang tengah berlangsung di sana. Namun, tetap jaga sopan santun dan jangan berisik.
tionghoa, nih.

Memberanikan diri ke Lawang Sewu
Pernahkah kamu melihat semacam acara uji nyali di Lawang Sewu? Nah, bangunan yang satu ini memang seperti ikon dari Kota Semarang. Semua turis yang datang ke kota tersebut, pasti wajib mendatangi tempat ini.

Sebenarnya, apa itu Lawang Sewu? Sebenarnya, ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dimiliki PT. Kereta Api Indonesia. Bangunan ini juga dikenal dengan jumlah pintunya yang sangat banyak. Itu sebabnya, dinamakan Lawang Sewu yang artinya pintu seribu.

Sekarang ini, bangunan Lawang Sewu lebih terawat dan dijadikan museum. Tapi, beberapa orang bilang bangunan ini dikenal angker. Kalau kamu berani, kunjungi saja ketika malam hari. Perlu kamu ketahui juga, bangunan ini juga memiliki sejarah yang cukup seru.

Yuk, coba lumpia Semarang yang hits
Kamu enggak suka dengan lumpia. Duh, kalau sudah sampai Semarang kamu harus menyukai camilan yang satu ini. Percayalah kalau rasa lumpia di Semarang berbeda dari daerah lainnya. Dijamin kamu bakal tambah terus lumpia tersebut.

Kalau kamu mau beli lumpia, bisa langsung mengunjungi Jln. Pahlawan. Di daerah ini ada beberapa penjual lumpia yang isinya komplit. Mulai dari isi ayam, telur, rebung, hingga telur. Kamu bisa memilih yang disukai. Pastinya rasanya renyah dan enak.

Eh, bukan hanya lumpia saja yang perlu kamu coba. Sudah berada di Semarang saatnya kamu mencicipi tahu gimbal, babat gongso, bandeng, nasi gandul, dan juga wingko babat. Pastinya, kamu ingin membawa pulang semua makanan enak ini.

Coba naik kereta api jadul di Ambarawa
Berkunjung ke Semarang terkadang membuat kamu merasa kembali ke masa lalu. Tentunya, hal ini kurang lengkap tanpa mencoba kereta uap. Pastinya, kamu bertanya-tanya memang masih ada kereta uap di zaman sekarang?

Jawabannya ada. Kamu bisa menaikinya jika mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa. Di sana, kamu bisa memilih untuk menaiki kereta uap atau diesel. Tentunya rutenya pun ada beberapa, seperti Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa Bedono. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik bagimu.

Makin tertarik untuk pergi ke Kota Semarang, kan. Ayo, tunggu apalagi untuk memesan tiket travel ke Ibukota Jawa Tengah tersebut. Selamat berlibur!

(Kirena Nabi)