10 Destinasi Wisata di Dubai

10 Destinasi Wisata di Dubai

By G-Traveler

Dubai merupakan salah satu kota yang ada di Uni Emirat Arab dan menjadi kota yang sering dikunjungi wisatawan karena mempunyai banyak tempat wisata menarik. Dubai sendiri memang termasuk kota metropolitan yang berkembang sangat pesat, sama halnya dengan Ibu Kota  Jakarta. Kota ini memiliki berbagai bangunan canggih yang megah dengan arsitektur modern yang tidak akan bisa dijumpai di kota lain.

Berbagai tempat mewah yang menakjubkan dan sangat terkenal sampai ke seluruh dunia seperti Burj Al Arab, Dubai Mall, dan masih banyak lainnya bisa ditemukan di kota ini. Selain menawarkan fasilitas lengkap yang dapat memanjakan para wisatawan, berbagai tempat mewah tersebut juga memiliki bentuk yang sangat unik sehingga sering kali dijadikan sebagai tempat berfoto.

Meskipun Dubai dikelilingi dengan gurun pasir, Dubai berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya menjadi sangat maju dengan sukses. Sektor pariwisata di Dubai bahkan telah menjadi sumber pemasukan yang perkembangannya paling pesat. Karena itu, berkunjung ke Dubai baik untuk berlibur ataupun berbisnis pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan.

Kota yang terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab ini sangatlah maju dan telah menarik perhatian dunia dengan keberhasilan pembangunan berbagai bangunan inovatif yang lain dari pada yang lain. Bangunan dan tempat inovatif yang ada di Dubai saat ini telah menjadi tempat wisata yang sangat menarik dan diminati oleh para wisatawan. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Dubai, diantaranya sebagai berikut:

  1. Burj Al Arab
Burj Al Arab

Burj Al Arab yang merupakan hotel mewah di Dubai, sumber: Jumeirah.com

Burj Al Arab adalah salah satu hotel di Dubai yang mempunyai arsitektur mewah dan dibangun di atas sebuah pulau buatan. Hotel mewah yang disebut – sebut berbintang tujuh ini dirancang oleh seorang arsitektur bernama Tom Wright. Selain bentuk bangunan yang sangat unik, hotel ini juga memiliki ketinggian hingga mencapai 321 meter. Ketinggian tersebut mendapatkan gelar sebagai hotel ke 4 tertinggi di dunia.

Karena bentuknya yang unik, Burj Al Arab yang terdiri dari 66 lantai ini telah berhasil menjadi ikon Kota Dubai. Hotel yang berdiri di atas pulau buatan berjarak sekitar 280 meter dari lepas pantai Teluk Persia ini bisa dijadikan tempat untuk menginap bagi Anda yang sedang berada di Uni Emirat Arab dan ingin menikmati berbagai fasilitas mewah kelas dunia. Untuk bisa menginap di Burj Al Arab, Anda harus membayar kurang lebih sekitar 20 – 30 juta Rupiah setiap malamnya.

  1. Palm Jumeirah
Palm Jumeirah

Indahnya Palm Jumeirah, sumber: greenhouse.ae

Palm Jumeirah atau sering disebut sebagai Palm Island (Pulau Palm) ini adalah satu dari 10 tempat wisata di Dubai yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di kota ini. Pulau buatan dengan bentuk yang sangat unik ini telah menjadi surga bagi wisatawan sebab disini terdapat berbagai macam tempat wisata, hotel, dan tempat perbelanjaan.

Ketika berada di Pulau Palm, wisatawan dapat menemukan berbagai tempat wisata menarik seperti taman hiburan, pantai, akuarium, tempat olahraga air, dan masih banyak lagi. Pulau Palm yang dijuluki sebagai pulau impian ini memang tempat yang tepat bagi wisatawan yang ingin dimanjakan dengan berbagai fasilitas hiburan mewah.

Agar bisa sampai ke pulau ini Anda harus menaiki kereta monorel yang dikoneksikan dengan sistem trem. Sayangnya, pulau cantik ini umumnya hanya dikunjungi oleh orang dengan penghasilan tinggi, sebab biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi pulau dan barang – barang yang dijual disana harganya sangat mahal.

  1. Jumeirah Beach
Pantai Jumeirah

Pantai Jumeirah yang sangat terkenal di Dubai, sumber: Jumeirah.com

Pantai Jumeirah merupakan pantai yang sangat terkenal di Dubai dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai yang membentang hingga sejauh 7 km ini terbagi menjadi 7 pantai yang mana setiap bagiannya memiliki keunikan tersendiri. Pantai Jumeirah memang patut menjadi salah satu tempat wisata di Dubai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan karena pantai indah ini mempunyai pasir yang putih dan air laut berwarna biru yang bersih. Di antara 7 pantai Jumeirah terdapat dua pantai yang menyatu yaitu pantai di Jumeirah Park dan Wild Wadi. Ketika sedang berkunjung ke Dubai tidak ada salahnya untuk bersantai sejenak dan berbaring di atas pasir putih serta berjemur di bawah sinar matahari.

  1. Dubai Mall
Dubai mall

Dubai mall yang merupakan tempat perbelanjaan di Dubai yang paling besar, sumber: malls-dubai.com

Dubai mall merupakan tempat wisata di Dubai yang sayang untuk dilewatkan terutama bagi para wisatawan yang memiliki hobi berbelanja. Dubai mall adalah tempat perbelanjaan terluas di Dubai dan termasuk salah satu mall paling besar di dunia. Berbagai butik dan toko terkenal dari seluruh dunia bisa ditemukan di Dubai Mall. Pengunjung yang datang ke Dubai Mall bisa melakukan belanja hemat dengan memanfaatkan Dubai Shopping Festival yang diadakan setiap tahun sehingga bisa mendapatkan berbagai macam promo dan diskon.

Di tempat wisata yang ada di Dubai ini juga terdapat sebuah toko permen terbesar di dunia yang dapat memanjakan para pecinta permen dan makanan manis. Selain itu, mall ini juga didesain dengan interior yang sangat megah dengan sebuah akuarium berukuran sangat besar. Akuarium di Dubai Mall sendiri selain mempunyai ukuran yang sangat besar juga dihuni oleh beragam hewan laut seperti ikan hiu, ikan pari manta, dan ikan menakjubkan lainnya. Tidak hanya itu saja, di Dubai Mall juga terdapat sebuah ring es untuk bermain ice skating seperti yang bisa dijumpai di salah satu mall di Jakarta hanya bedanya  kapasitas di Dubai Mall lebih besar, yaitu hingga dua ribu orang.

  1. Burj Khalifa
Burj Khalifa

Menara tertinggi di dunia yang bernama Burj Khalifa, sumber: arcadis.com

Burj Khalifa merupakan menara tertinggi di dunia yang dibangun oleh seorang arsitek yang sangat profesional dan jenius. Menara yang dibangun di tengah padang pasir ini adalah tempat yang paling cocok bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan Dubai dari atas puncak menara. Di lantai paling bawah menara ini juga terdapat pusat perbelanjaan Dubai Mall.

Ketika menaiki menara ini, wisatawan akan mendapatkan presentasi melalui sebuah monitor multimedia mengenai Burj Khalifa dan sejarah dari Kota Dubai. Menara yang memiliki 153 lantai ini juga dibangun dengan bentuk desain yang menawan dan megah. Selain mall, di dalam Burj Khalifa juga terdapat hotel, hunian apartemen, ruang kantor, dan fasilitas yang lainnya. Semua fasilitas yang ada di Burj Khalifa ini dapat memanjakan wisatawan dalam kemewahan.

  1. Miracle Garden
Miracle Garden

Dubai Miracle Garden, sumber: www.miraclegardendubai.net

Miracle Garden adalah tempat wisata di Dubai yang paling tepat bagi Anda para pecinta kebun dengan berbagai jenis tanaman yang memiliki beragam warna. Taman bunga yang bisa ditemukan di area Dubailand ini berhasil dibangun di kota yang dipenuhi dengan gurun pasir dan merupakan tempat wisata di Dubai yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman indah ini mempunyai banyak sekali jenis tanaman yang didesain menjadi bentuk yang sangat cantik. Miracle Garden juga menawarkan berbagai tema taman, antara lain colorful peacocks, floral clock, butterfly park, dan aromatic garden. Taman yang buka setiap pukul 6 pagi hingga 6 malam waktu setempat ini dapat dimasuki dengan membayar sekitar seratus ribu Rupiah untuk orang dewasa. Sedangkan, bagi anak – anak yang masih berusia di bawah tiga tahun dapat memasuki taman secara gratis.

  1. Wild Wadi
wild wadi

Water park Wild Wadi, sumber: jumeirah.com

Wild Wadi bisa dijadikan pilihan tempat untuk berlibur bersama keluarga bila sedang berada di Dubai. Wild Wadi adalah water park yang terletak di Jumeirah Beach dan telah berhasil menjadi tempat wisata favorit di Dubai bagi para wisatawan yang datang bersama keluarga. Water park ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dan dapat memuaskan semua pengunjung yang datang untuk bermain air disana.

  1. Gold Souk
Gold Souk

Gold Souk yang merupakan tempat wisata belanja emas dan perhiasan, sumber: expedia.com

Gold Souk adalah tempat tujuan para wisatawan yang menyukai emas dan perhiasan karena tempat wisata di Dubai yang satu ini menyediakan berbagai macam emas dan perhiasan cantik. Di Gold Souk Anda bisa menemukan berbagai jenis emas dengan beragam bentuk, kualitas, dan karat. Pasar tradisional yang dipenuhi dengan toko – toko penjual emas dan perhiasan ini memang sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli perhiasan baru. Pasar yang terkenal sampai ke seluruh dunia ini telah berhasil menjadikan Kota Dubai sebagai kota dengan julukan Tanah Emas.

  1. Bastakia Quarter
Bastakia Quarter

Bangunan – bangunan kuno di Bastakia Quarter, sumber: www.touristbooklet.com

Bastakia Quarter merupakan sebuah kawasan yang dipenuhi dengan bangunan dan gedung tua yang mempunyai arsitektur kuno unik. Di Bastakia Quarter para pengunjung dapat melihat suasana yang berbeda dari tempat lain di Dubai namun tetap unik dan cantik. Bastakia Quarter adalah sebuah kota tua yang memiliki banyak sekali musem, terutama di daerah Al Fahidi. Museum yang dapat dikunjungi oleh wisatawan meliputi museum kopi, museum perangko, museum koin, dan masih banyak lainnya. Berbagai museum tersebut tentunya sangat menarik apalagi jika Anda ingin melihat perkembangan dan sejarah Dubai. Berkunjung ke Bastakia Quarter dapat dilakukan baik pada siang hari ataupun malam hari.

  1. Dubai Fountain
Dubai Fountain

Pesona air mancur terbesar di dunia yang bernama Dubai Fountain, sumber: traveldigg.com

Air mancur yang sangat elok ini telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Dubai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dubai Fountain yang berada di Burj Khalifa telah mendapatkan gelar sebagai air mancur paling besar di dunia. Kolam air mancur Dubai mempunyai luas sekitar 12 hektar dan dapat meluncurkan air hingga setinggi lima ratus kaki.

Dubai Fountain yang terlihat sangat megah ini memberikan pertunjukan yang bisa disaksikan pada jam – jam tertentu setiap harinya. Saat malam hari, keelokan air mancur ini menjadi semakin cantik dengan ditambah cahaya lampu dari gedung – gedung yang ada di sekitarnya. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan air mancur sambil bersantai ditemani dengan iringan lagu – lagu indah.