Keindahan Alam Yang Dapat Dinikmati Di Gunung Bromo

Obyek wisata Gunung Bromo termasuk ke dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur. Obyek wisata ini tidak asing lagi baik bagi turis domestik maupun turis asing. Bahkan sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa jika berkunjung ke Provinsi  Jawa Timur, maka harus mengunjungi tempat wisata ini agar perjalanan tour Anda sempurna.

Obyek wisata Gunung Bromo
Obyek wisata Gunung Bromo, sumber: intaninchan.wordpress.com

Tentunya Anda akan merasakan sensasi liburan yang luar biasa dengan mengunjungi obyek wisata alami yang tepatnya terletak di kabupaten Pasuruan ini. Di sekitaran lokasi obyek wisata Gunung Bromo, Anda bisa mengunjungi lima spot obyek wisata berikut ini:

  • Lautan pasir dan Kawah Gunung Bromo
Kawah Gunung Bromo
Kawah Gunung Bromo, sumber: travelingyuk.com

Hamparan lautan pasir yang terletak di kaki Gunung Bromo memiliki luas sekitar 10 Kilometer persegi. Pada seperempat perjalanan pertama Anda, Anda dapat menyewa jeep untuk menyimpan tenaga dan pada tiga perempat sisanya Anda dapat berjalan kaki atau menyewa kuda yang disediakan oleh masyarakat suku Tengger.

Kuda
Kuda yang dapat Anda sewa di kawasan wisata Gunung Bromo, sumber: travelbackpacker.info

Selama berjalan, Anda harus mengarungi lautan pasir karena jeep tersebut hanya akan mengantar sampai di tugu penanda radius bahaya di sekitaran Gunung Bromo. Agar stamina Anda fit, sebelum perjalanan Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur secukupnya, memulai perjalanan di pagi buta agar tidak tertinggal sunrise yang indah dengan kostum baju penghangat lengkap dari kaki sampai kepala. Jika Anda sudah terbiasa berolahraga pagi dengan berjalan kaki, perjalanan menuju Gunung Bromo akan terasa ringan dan menyenangkan. Namun jika Anda belum terbiasa melakukannya, pasir yang tebal akan membuat Anda terengah dan kecapekan. Ketika Anda sampai di puncak Gunung Bromo, Anda akan menyaksikan kawah Gunung Bromo yang indah berwarna putih lembut dengan kandungan belerang di dalamnya.

  • Puncak Gunung Pananjakan
sunrise gunung bromo
Indahnya suasana matahari terbit di Gunung Bromo, sumber: wisatagunungbromo.com

Para wisatawan yang datang ke Gunung Bromo biasanya datang dan menginap pada malam hari lalu pada pagi buta berangkat ke Gunung Bromo untuk menikmati indahnya sunrise. Biasanya wisatawan berkumpul di area puncak Gunung Pananjakan tepatnya disebelah barat Gunung Bromo. Ini adalah gunung dengan puncak tertinggi di lokasi ini dimana Anda bisa melihat gunung – gunung di sekitaran Gunung Bromo seperti deretan Gunung Batok yang berlatar belakang Gunung Semeru.

  • Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies
Bukit Teletubbies yang merupakan hamparan savana yang cukup luas, sumber: celoteh4ti.wordpress.com

Dari kejauhan melihat Gunung Bromo seperti hanya disuguhi hamparan pasir dan kawah tanpa ada penghijauan sama sekali. Pandangan ini ternyata kurang tepat. Di sekitaran Gunung Bromo ternyata Anda bisa menemukan hamparan savana yang disebut dengan bukit Teletubbies tepatnya di sebelah timur kawasan gunung ini. Anda bisa mengunjunginya dengan paket tour yang disediakan oleh jeep.

  • Pasir Berbisik
Pasir Berbisik
Pasir Berbisik, sumber: agentwisatabromo.com

Salah satu film di Indonesia pernah mengambil setting tempat di tempat wisata ini, bahkan judul film tersebut sama dengan nama tempat diambilnya film tersebut, yaitu Pasir Berbisik. Jika didengarkan secara seksama, di lokasi ini Anda akan mendengar tiupan angin mengenai permukaan pasir sehingga munimbulkan bunyi yang tidak biasa. Bagi Anda yang akan melangsungkan pernikahan, kegiatan prewedding di lokasi pasir Berbisik ini akan memberikan kesan yang sempurna untuk foto Anda bersama pasangan.

  • Pura Poten
Pura Poten
Pura Poten yang biasa dipakai untuk beribadah dan juga aktivitas adat istiadat atau keagamaan lain oleh masyarakat yang ada di kaki Gunung Bromo, sumber: kompasiana.com

Mayoritas masyarakat Suku Tengger memeluk agama Hindu. Di kawasan wisata Gunung Bromo, terdapat Pura Poten yang biasa dipakai untuk beribadah dan juga aktivitas adat istiadat atau keagamaan lain oleh masyarakat setempat.