Mengenal Alam Di Taman Nasional Ujung Kulon

32

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Banten. Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak jauh dari keramaian kota.  Destinasi Taman Nasional Ujung Kulon menghadirkan pengalaman perjalanan yang unik dan berbeda. Sejak tahun 1992, Taman Nasional Ujung Kulon ini telah dinyatakan sebagai Warisan Dunia (World Heritage) oleh UNESCO. Tempat wisata ini sangat terkenal karena taman nasional ini merupakan tempat konservasi satwa badak bercula satu yang merupakan hewan langka yang dilindungi.

taman nasional ujung kulon
Taman Nasional Ujung Kulon, sumber: Tempat Wisata Indonesia
badak bercula satu
Badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi, sumber: BantenWisata.com

Kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon secara administratif masuk ke dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur. Kedua kecamatan ini adalah bagian dari wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Di Provinsi Banten sendiri, selain Taman Nasional Ujung Kulon destinasi wisata favorit lainnya di antaranya adalah Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pulau Umang.

Keadaan alam yang begitu asri dapat Anda temukan di kawasan wisata Ujung Kulon ini. Satu-satunya sumber tenaga listrik disana hanya ada di Pulau Peucang. Hal inilah yang menyebabkan Anda akan kesulitan menggunakan perangkat elektronik di kawasan ini, termasuk alat komunikasi. Taman Nasional Ujung Kulon menawarkan pesona alam unik yang jarang ditemukan di tempat lainnya. Aneka keunikan dan keindahan alam dapat Anda temukan, mulai dari air terjun, sungai, pantai berpasir putih, taman laut, hingga sumber air panas. Selain itu, flora dan faunanya mampu memberikan pengalaman wisata yang menarik. Anda dapat menyaksikan ikan Glodok yang mampu memanjat akar dari pohon bakau atau ikan Sumpit yang dapat menyemprotkan air hingga satu meter di atas permukaan air.

ikan glodok
Ikan glodok yang mampu memanjat akar pohon bakau, sumber: akuariumhiasku

Sebagai sebuah kawasan yang dilindungi, tentu saja Anda harus mematuhi aturan yang berlaku di areal wisata Taman Nasional Ujung Kulon ini. Beberapa di antaranya, Anda dilarang untuk membawa benih tanaman, bahan kimia, senjata api, membawa binatang peliharaan, menebang pohon dan larangan untuk menangkap serta berburu binatang. Ada banyak tempat wisata yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon yang menarik dan patut dikunjungi. Secara umum, suguhan alam disana mampu membawa rasa betah untuk berlama – lama menjelajahinya. Berikut ini beberapa tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon:

  1. Pulau Peucang
pulau peucang
Indahnya pemandangan dermaga Pulau Peucang, sumber: Wisata Indonesia

Pulau Peucang adalah tempat relaksasi yang menarik bagi Anda yang menginginkan kedamaian dan jauh dari rutinitas yang membuat penat. Sebagai salah satu destinasi wisata di Taman Nasional Ujung Kulon pulau ini sudah memiliki fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mengagumkan disana, selain itu Anda dapat menikmati keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Salah satu kegiatan wisata yang populer di Pulau Peucang adalah aktivitas diving dan snorkeling. Anda juga dapat menjumpai karang mati berukuran besar dan berlubang yang disebut dengan karang Copong. Karang ini terletak di bagian utara pulau tersebut.

  1. Kepulauan Handeuleum
Kepulauan Handeuleum
Pesona Kepulauan Handeuleum, sumber: Wikiwand

Kepulauan Handeuleum terdiri dari pulau besar dan kecil. Di pulau tersebut terdapat sebuah sungai bernama Cigenter. Anda dapat menyusuri sungai tersebut menggunakan perahu dayung kecil yang biasa orang menyebutnya kano. Aneka spesies satwa dapat Anda saksikan di sepanjang perjalanan, seperti burung, ular, dan beragam jenis ikan. Objek wisata yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon ini juga menyuguhkan keindahan air terjun bertingkat yang menarik. Selain berdayung menyusuri sungai Cigenter, Anda dapat pergi mengunjungi pulau-pulau lainnya, seperti Handeuleum Besar, Handeuleum Kecil, Handeuleum Tengah, dan Pulau Kalong.

  1. Pulau Panaitan
Pulau Panaitan
Pulau Panaitan yang terkenal akan sebutan one palm point dan merupakan surga para surfer, sumber: Super Adventure Travel

Jika Anda pecinta olahraga air, maka berkunjung ke Pulau Panaitan yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu hal yang paling menarik. Pulau ini terletak di Barat Laut Pulau Peucang. Pada umumnya, aktivitas populer yang dilakukan wisatawan di kawasan wisata yang satu ini adalah berselancar. Ombak di Pulau Panaitan sangat bagus untuk berselancar. Dikalangan penikmat surfing tempat ini terkenal dengan sebutan one palm point.

  1. Curug Cikacang
Curug Cikacang
Curug Cikacang, sumber: Woro – woro Negoro – WordPress.com

Kawasan Curug Cikacang kerap digunakan untuk kegiatan penelitian. Salah satu curug yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki hutan primer dan hutan sekunder serta menjadi habitat aneka macam flora dan fauna, termasuk diantaranya sejumlah tanaman obat – obatan yang beraneka ragam.

  1. Mata Air Panas Cibiuk

Lokasi air panas alam yang berjarak sekitar 2 Km dari Taman Jaya di Ujung Kulon ini dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Tidak heran, Anda dapat menjumpai cukup banyak orang yang datang ke tempat ini untuk sekedar berobat.

  1. Padang Rumput Cidaon
padang rumput Cidaon
Kawanan banteng yang terlihat di Padang Rumput Cidaon, sumber: mldspot

Di padang rumput Cidaon ini Anda dapat menyaksikan sekumpulan banteng – banteng yang sedang mencari makan. Agar tidak mengganggu aktivitas satwa liar ini, Anda direkomendasikan untuk menikmati pemandangan tersebut menggunakan teropong yang ada di sebuah menara. Satu hal lagi yang menarik, panorama padang rumput Cidaon terlihat indah tatkala matahari terbenam. Hal inilah yang menyebabkan spot wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang satu ini kerap dikunjungi wisatawan di kala sore hari.

  1. Tanjung Layar

Aktivitas trekking di tempat ini menyuguhkan Anda situasi hutan dengan pepohonan besar dan suara kicauan burung di sepanjang perjalanan. Di akhir perjalanan, Anda dapat menjumpai sebuah mercusuar yang menjulang tinggi. Jika Anda ingin menikmati keindahan beberapa tempat wisata yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Anda dapat menginap di beberapa penginapan dan hotel yang ada di dekat areal wisata Taman Nasional Ujung Kulon atau Anda ingin menginap di sebuah cottage atau villa yang ada di dekat Taman Nasional Ujung Kulon, seperti Mutiara Carita Cottages dan Tanjung Lesung Beach Hotel.

Kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur laut. Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, Anda dapat menggunakan angkutan umum berupa bus dengan jurusan Kalideres – Labuan atau bus jurusan Kampung Rambutan – Serang – Labuan. Setelah itu, Anda dapat menaiki angkutan umum berupa minibus dengan rute Labuan – Sumur – Taman Jaya. Sementara bila melalui jalur laut, kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon dapat ditempuh dengan menaiki kapal yang dapat Anda sewa di tempat – tempat penyewaan kapal yang biasanya terdapat di Labuan dan Taman Jaya.