Mengenal Penangkaran Buaya Teritip

6

Inilah pusat penangkaran buaya yang ada di Kalimantan Timur dan merupakan sebuah tempat penangkaran buaya paling banyak di Kalimantan Timur. Letaknya tak jauh dari Pantai Manggar, yang merupakan salah satu obyek wisata favorit di Balikpapan. Lokasi penangkaran tersebut berada di Jl Mulawarman No 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Penangkaran Buaya Teritip hanya berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

Penangkaran Buaya Teritip
Penangkaran Buaya Teritip, sumber: kemanaajaboleeh.com

Penangkaran Buaya Teritip merupakan penangkaran buaya yang memiliki jumlah buaya paling banyak di Kalimantan Timur yang saat ini terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya yang ditangkar, buaya – buaya tersebut terdiri dari buaya muara (Crocodylus porosus) yang paling dominan dan dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) dan buaya supit (Tomistoma segellly).

Buaya
Buaya – buaya yang ada di Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan, sumber: apiancintadamai.blogspot.com

Penangkaran ini beroperasi sejak tahun 1991 dan beroperasi di atas lahan seluas 5 ha. Kegiatan paling menarik di tempat ini adalah memberi makan buaya-buaya tersebut. Namun, Anda harus membayar sebesar Rp 10.000 untuk satu ekor ayam hidup yang akan menjadi makanan bagi buaya.

buaya kecil
Bayi – bayi buaya yang baru menetas, sumber: log.viva.co.id

Kandang buaya dibagi atas 4 kategori, yaitu kategori anakan, penggemukan, remaja dan induk. Penangkaran ini dikelola oleh pihak swasta yaitu  CV. Surya Raya sejak tahun 1993. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp.15.000 per orang, dan bisa dikunjungi setiap hari, Senin-Minggu pukul 08.00-17.00 WITA

Sate buaya
Sate buaya yang ada di Penangkaran Buaya Teritip, sumber: ferafajar.blogspot.com

Jika Anda telah puas menyaksikan dan memberi makan buaya Рbuaya, Anda mungkin tertarik untuk menunggangi gajah lampung yang ada di tempat penangkaran ini.Tahukah Anda, di tempat ini Anda bahkan dapat menikmati sajian sate buaya yang dijual dengan harga Rp 5.000 per tusuk. Sate daging buaya dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Selain itu, Anda dapat membeli  cinderamata berbentuk buaya dan aneka olahan kreatif dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan tali jam tangan di tempat ini.