Menjelajahi Indahnya Pulau Kadidiri

Menjelajahi Indahnya Pulau Kadidiri

SHARE

Salah satu kota yang terkenal di Pulau Sulawesi adalah kota Makassar. Kota Makassar sendiri terletak di Sulawesi bagian selatan. Tetapi siapa sangka jika Sulawesi Tengah juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik. Provinsi yang beribukota di Palu ini memiliki lokasi wisata yang justru lebih terkenal dikalangan wisatawan asing. Tempat wisata tersebut adalah Pulau Kadidiri.

Pulau Kadidiri
Pulau Kadidiri, sumber: anekatempatwisata.com

Lokasi Pulau Kadidiri sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Lokasi Pulau Kadidiri terletak sangat jauh dari kota besar. Untuk dapat sampai kesana anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 – 6 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Ampana, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri.

Pulau Kadidiri
Jernih dan bersihnya air laut di Pulau Kadidiri, sumber: www.francescoricciardi.com

Jika menggunakan perahu untuk mencapai Pulau Kadidiri, anda harus melalui rute dari dermaga di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-Una lalu menuju Pulau Wakai – Bomba – Kadidiri. Tarif yang harus anda bayar untuk perjalanan tersebut berkisar antara Rp 30.000 – Rp 50.000 setiap orangnya dengan waktu tempuh sekitar 5 – 6 jam. Selain menggunakan perahu anda juga dapat menggunakan kapal feri dengan tujuan Gorontalo, kemudian transit di Pulau Wakai. Lama perjalanan dari Gorontalo ke Pulau Wakai sekitar 8 jam. Sesampainya di Pulau Wakai, anda dapat menyewa perahu atau speedboat untuk mencapai Pulau Kadidiri, perjalanan ini memakan waktu satu jam. Sayangnya, kapal feri dengan tujuan Gorontalo ini hanya beroperasi pada hari Rabu saja.

Bagi anda yang menggunakan jalur udara dan mendarat di Makassar, anda dapat menuju Kota Ampana terlebih dahulu dengan waktu sekitar 14 jam melalui jalur darat. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menggunakan speedboat menuju Pulau Kadidiri yang dapat ditempuh sekitar 30 menit.

Pulau Kadidiri
Nampak begitu indah terumbu karang yang ada di Pulau Kadidiri, sumber: anekatempatwisata.com

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan berhari – hari di Pulau Kadidiri tidak perlu khawatir, karena di pulau ini tersedia banyak sekali resor dan penginapan dengan berbagai tipe. Tarif dari masing-masing penginapan dan cottage ini pun berbeda-beda, tegantung dari fasilitas yang ditawarkan. Jika anda ingin menginap di cottage dengan harga yang terjangkau, anda bisa mencoba Black Marlin Cottage dengan harga sewa Rp 200.000 per malamnya. Cottage ini terbuat dari kayu, tetapi Cottage ini sangat nyaman, terlebih bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang lebih alami. Sedangkan bagi anda yang ingin suka akan kemewahan, anda dapat mencoba Kadidiri Paradise Resort. Resort ini memiliki dek yang dapat anda jadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan menawan dari Pulau Kadidiri.

Pulau Kadidiri
Pemandangan di Pulau Kadidiri, sumber: keranjangkue.wordpress.com

Di kalangan wisatawan, Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau perawan dengan keindahan yang tersembunyi. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pulau ini justru lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dibandingkan wisatawan domestik. Bahkan ada wisatawan asing yang menetap di pulau ini hingga belasan tahun dan saat ini wisatawan tersebut memilih bekerja sebagai dive master.

Selain Bunaken, pulau ini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut di Sulawesi. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di Pulau Kadidiri antara lain berlayar, menyelam, snorkeling, memancing, trekking hutan tropis, dan berjemur di tepi pantai. Karena pulau ini masih alami, anda bahkan bisa menikmati terumbu karang dengan mata telanjang tanpa harus snorkeling atau diving. Anda cukup berjalan sejauh lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang. Air laut di pulau ini disebut – sebut sebening kristal ditambah kelembutan pasir putihnya. Selain terumbu karang, anda juga bisa melihat berbagai jenis ikan, penyu, hiu, dan biota laut lainnya. Untuk mendapatkan spot-spot terbaik snorkeling atau diving, anda bisa menyewa speedboat yang akan mengantarkan anda untuk menemukan spot – spot terbaik menikmati biota laut. Harga sewa speedboat ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per harinya. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, anda bisa mencoba sharing dengan wisatawan lain.

Salah satu spot diving yang harus anda kunjungi adalah puing pesawat B 24 yang merupakan pesawat bekas Perang Dunia II. Untuk menemukan spot ini, anda bisa berkendara dengan speedboat sejauh 16 Km ke arah timur laut Pulau Kadidiri. Puing-puing pesawat ini merupakan rumah bagi beragam terumbu karang berusia puluhan tahun. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi Anda menjelajah bangkai pesawat bersejarah ini.

Jika anda ingin melakukan kegiatan memancing, anda bisa minta guide untuk menemani ke lokasi pemancingan yang ada di daerah Kundurang. Kundurang adalah lokasi yang sudah terkenal sebagai spot pemancingan ikan laut terbaik di pulau ini. Sambil memancing, anda bisa menikmati pemandangan indah batu-batu karang di dalam laut yang jernih. Spot ini juga terkenal dengan keindahan gradasi warna air lautnya yang mempesona.

Sedangkan bagi anda yang lebih menyukai pemandangan hutan hijau, anda bisa melakukan trekking menjalajah hutan tropis di pulau ini. Trekking di hutan tropis Kadidiri tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena tumbuhan di dalamnya sangat beragam. Pastikan untuk membawa kamera saat melakukan kegiatan ini, karena selain flora yang beragam, anda akan menemukan banyak sekali jenis burung yang bertengger cantik di ujung dahan pepohonan.

Tips berkunjung ke Pulau Kadidiri

  • Sebelum mengunjungi pulau ini, pastikan terlebih dahulu Anda menghubungi resor atau cottage setempat untuk memesan kamar. Sebagai antisipasi agar tidak kehabisan kamar.
  • Di pulau ini tidak ada toko, sehingga anda harus membawa sendiri persediaan air minum serta kebutuhan makanan ringan ataupun tisu basah dan obat-obatan pribadi.
  • Letaknya yang terpencil membuat fasilitas listrik sangat dibatasi. Penggunaan listrik di sini dibatasi hanya sampai pukul 09.00 malam. Sehingga anda diharapkan membawa senter atau emergency lamp sebagai alat penerangan saat malam hari.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Kadidiri adalah di bulan April hingga November.
  • Karena pulau ini masih tergolong sebagai pulau perawan yang alami, alangkah baiknya jika anda juga ikut melestarikan keindahan dan keperawanan pulau ini. Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga pulau ini antara lain dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan ataupun merusak ekosistem yang ada.