Pantai Pulau Merah Yang Menjadi Daya Tarik Wisata Banyuwangi

Saat ini Pantai Pulau Merah Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tidak lain dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan dan juga ombak yang dapat digunakan untuk kegiatan surfing. Banyuwangi memang sangat kaya akan pantai, tentunya hal ini juga yang menjadikan Banyuwangi lebih dikenal di dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi pantai, dan salah satu pantai yang kian dilirik oleh para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, sebuah Pantai yang berlokasi di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah, sumber: initempatwisata.com
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Keindahan Pantai Pulau Merah yang ada di Banyuwangi, sumber: blogputra.com

Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 Km. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 meter. Di sebelah timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan berupa pegunungan. Sedangkan di barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan yang berupa keindahan sunset atau matahari terbenam. Selain pemandangan yang menawan, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove. Keamanan berwisata di Pantai Pulau Merah sangat diutamakan oleh pihak pengelola tempat ini, buktinya terdapat petugas yang selalu menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melakukan olahraga renang di Pantai. Terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas untuk memantau dan memastikan keamanan di Pantai Pulau Merah. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Pulau Merah:

Surfing

Surfing
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Pulau Merah adalah berselancar, sumber: infobanyuwangi.com

Daya tarik Pantai Pulau Merah salah satunya adalah ombak pantainya. Hal ini menjadi kesempatan bagi mereka yang hobi berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh Surfer, bahkan tak hanya surfer dari dalam negeri yang berselancar di pantai ini beberapa surfer mancanegara selalu ada setiap harinya. Banyak dari mereka memilih untuk menginap selama berhari – hari atau bahkan sampai berminggu – minggu. Hingga saat ini, pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dan event tersebut melibatkan peserta dari 20 negara diseluruh dunia. Jika Anda tidak membawa papan selancar, Anda dapat menyewanya di tempat penyewaan yang ada di pinggir pantai. Biasanya harga sewa satu papan selancar sebesar Rp 50.000.

Memancing

Memancing
Salah satu kegiatan lain di Pantai Pulau Merah adalah memancing, sumber: umpanikan123.blogspot.co.id

Untuk mereka yang mempunyai hobi memancing, dapat memanfaatkan jasa perahu tradisional untuk memancing di tengah laut. Hal ini tentu sangat menyenangkan, karena selain mendapatkan ikan wisatawan juga akan dapat menikmati hembusan sejuk angin laut.

Snorkeling

Aktivitas eksklusif lainnya adalah snorkeling. Di lokasi Pantai Pulau Merah terdapat pihak yang menyewakan perlengkapan untuk snorkeling. Dan satu hal yang menarik dari kegiatan ini adalah harga sewanya yang tidak semahal tempat sewa pada umumnya.

Mendaki Bukit

Ketika laut sedang surut, Anda dapat berjalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut Anda dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi Pantai Pulau Merah.

Berenang

Selain hanya sekedar “cuci mata”, hal lain yang juga menarik untuk dilakukan adalah bermain main dengan gulungan ombak. Melalui ombak setinggi 2 meter ini Anda dapat bersenang – senang bersama kerabat atau keluarga. Pada saat saat tertentu memang tidak diperbolehkan untuk berenang di Pantai ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi cuaca buruk yang sering terjadi, hal ini dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Bermain Pasir

Hal yang hampir selalu dilakukan ketika berkunjung ke sebuah pantai adalah bermain pasir. Pulau Merah mempunyai pasir yang sangat lembut, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi mereka yang ingin bermain – main dengan pasir.

Menikmati jajanan Khas Pantai Pulau Merah

Setelah lelah bermain atau berselancar, beberapa penjaja makanan dan minuman akan siap melayani Anda. Di dalam lokasi Pantai Pulau Merah terdapat banyak kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan, seafood, es kelapa muda, dan lain – lain.

Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan Pantai Ringin Pintu oleh masyarakat setempat. Nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah laut yang memiliki tanah berwarna merah. Namun pulau tersebut tidak terlihat merah karena adanya pohon yang menyelimutinya. Selain bukit kecil yang tanahnya berwarna merah, pantai ini memang terlihat sangat merah ketika sore hari dan warna kemerah – merahan tersebut disebabkan oleh pasir basah yang terkena pancaran sinar matahari di sore hari, terutama pada saat musim kemarau. Banyak sekali kisah mistis yang beredar terkait dengan Pantai Pulau Merah ini. Berikut ini beberapa kisah mistis yang konon pernah dialami oleh penduduk setempat:

  • Adanya kilatan cahaya merah yang melintas di pantai tersebut, sehingga masyarakat setempat mengatakan bahwa hal tersebutlah yang menjadi latar belakang nama pantai ini.
  • Ada sebuah Pura yang tidak tidak hancur ketika dilanda bencana Tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain digunakan untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapatkan kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Pulau Bali dan Bromo. Ketika Anda berwisata di Pantai Pulau Merah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk sekedar berkeliling santai dan melihat lihat tempat yang sakral ini. Ketika wisatawan memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, mereka akan disuguhkan dengan beragam masakan kuliner khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. Kebersihan tempat makan di kawasan wisata Pantai Pulau Merah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Bukit Pantai Pulau Merah
Terlihat bukit yang menjadikan pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Pulau Merah, sumber: wisatajawa.co.id

Ketika anda berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, Anda dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewanya relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan yang ada di tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp 100.000 per malam. Anda dapat memilih homestay yang sesusai dengan fasilitas yang Anda inginkan. Fasilitas yang diberikan di beberapa homestay yang ada, seperti kamar tidur, bed, TV, Air Conditioner dan lain – lain. Fasilitas tersebut tergantung dari harga yang Anda inginkan. Selain dapat menikmati keindahan panorama sunset, Anda juga akan bertemu dan bercengkrama langsung dengan wistawan dari berbagai negara yang juga menginap di area homestay yang Anda pilih.

Sunset
Pesona Pantai Pulau Merah di sore hari menjelang matahari terbenam, sumber: initempatwisata.com

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini merupakan bagian dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan Pantai Pancer. Jarak tempuh dari Kota Banyuwangi ke lokasi Pantai Pulau Merah adalah 60 Km dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 3 jam. Kondisi jalan menuju pantai cukup baik ditambah penunjuk jalan yang sangat membantu, sehingga tak usah khawatir jika Anda datang jauh dari luar kota. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat berangkat dari Terminal Jajag Banyuwangi menggunakan bus mini menuju Terminal Pesanggaran di Kecamatan Pesanggaran. Sesampainya di Terminal Pesanggaran, Anda dapat mengggunakan ojek menuju lokasi Pantai Pulau Merah. Tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi terdapat dua rute yang dapat Anda pilih, yaitu melalui Kecamatan Genteng dan Kecamatan Jajag. Jika Anda berangkat dari arah barat Kota Banyuwangi , maka Anda akan melewati Kecamatan Genteng dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah, sedangkan jika Anda berangkat dari arah timur Kota Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, maka Anda akan melewati Kecamatan Jajag dan Kecamatan Pesanggaran sebelum sampai di Pantai Pulau Merah.